X-News: Fenomena Petir Catumbo

Tuesday, March 30, 2010

Salah satu fenomena alam yang unik dan terjadi di salah satu daerah dibelahan bumi, dapat dikatakan demikian karena fenomena tersebut tidak terjadi daerah atau dibelahan Dunia yang lain. Fenomena ini adalah fenomena Petir Catumbo.

Petir Catatumbo yang misterius merupakan salah satu fenomena alam yang unik di dunia. Karena hanya terjadi di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo. Fenomena ini berupa awan petir yang membentuk  “garis” kilat sepanjang 5 kilometer,dan muncul  setiap 140 – 160 malam dalam setahun, selama 10 jam tiap malam, dan lebih dari 280 kali dalam 1 jam. Fenomena ini bisa dikatakan sebagai‘badai permanen’. Petir ini mempunyai intensitas 400.000 ampere dan terlihat hingga 400 km jauhnya. Menurut penelitian para ahli, petir ini terjadi karena tumbukan angin yang berasal dari Pegunungan Andes. Menurut penduduk setempat, kemunculan petir ini membawa keberuntungan dan dapat dijadikan sebagai navigasi oleh para pelaut.

2 komentar:

  1. firegunz said...:

    wuihh,, itu bneran hmpir tiap malem?
    ckckck,, ap gak tkut y yg lewat2 d sungai,, hehe,,
    tp kok bisa buat navigasi c?

  1. Anonymous said...:

    ya, itu dibuat petunjuk oleh kapal2 utk menentukan arah, fungsinya sm spt mercusuar di mlm hari.

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends