UPDATE : Titik Terang Menghilangnya Enigma, Kemunculan Poppy dan Tulisan Terakhir Yang Belum Sempat DiPosting - Case Closed

Saturday, February 4, 2012

Berawal dari sebuah pengakuan mengejutkan yang sungguh diluar dugaan yang dimuat di salah satu blog dan menyatakan bahwa penulis blog misteri enigma telah meninggal. Pengakuan itu diklaim oleh seseorang yang bernama popy yang mengaku bahwa dia adalah adik/saudara dari penulis blog misteri enigma. Bahkan popy menunjukkan bukti catatan tulisan enigma, tulisan terakhir yang belum sempat diposting dan foto-foto yang juga diklaim adalah foto dari identitas enigma.


Saya kutip isi dari artikel pengakuan mengejutkan tersebut :


Enigma…. Satu sosok blogger misterius yang cukup ternama di Indonesia, ia begitu dikagumi banyak orang. Tak hanya karena analisanya yang sangat mendalam mengenai hal-hal misteri tetapi juga karena kepribadiannya yang perhatian terhadap para penggemar. Dengan mudah kita dapat berinteraksi lewat e-mailnya yang beralamat di kingdom.enigma@gmail.com. Namun beberapa Bulan ini ia menghilang dengan misterius pula.

Tentu hal ini membuat banyak orang kehilangan, salah satunya adalah saya. Jujur, saya bukan seorang blogger melainkan hanya seseorang yang tak bisa tidur sebelum membaca, dan Blog Enigma inilah yang menjadi langganan pengantar mimpi saya.


Sejak 2010 lalu, hampir setiap malam saya membaca postingannya dan kadang saya juga melaporkan kejadian/berita aneh ke email tersebut. Terakhir kali saya melaporkan sebuah kasus yaitu mengenai episode Red Mist Spongebob bulan Agustus lalu. Namun sejak itu tak pernah saya menemukan postingan baru yang ia buat, bahkan email balasan pun tak pernah, ia seolah menghilang. Namun yang membuat saya heran adalah setiap komentar yang diberikan pembaca selalu ditampilkan setelah ia tidak aktif, Ada apa dengan Bung Enigma? Kemana ia? Pertanyaan tersebut sudah pasti menjadi isi kepala banyak orang, namun akhirnya ada satu titik terang tentang hal itu ketika Tanggal 04 Oktober 2011 saya mendapat email balasan dari seseorang yang mengatasnamakan adiknya. Ia bernama Poppy seorang Gadis berusia 20 Tahun yang masih kuliah semester 4 di salah satu Univ. Swasta di Jakarta. Awalnya saya amat sangat tidak percaya sekali, tetapi melalui berbagai hal yang saya temukan, Sosok Poppy bisa jadi benar merupakan pewaris takhta dari Kerajaan Enigma namun masih ada keraguan di hati saya dan saya benar-benar butuh pendapat atau masukkan dari anda para fans Enigma. Untuk itu dalam postingan ini saya berikan seluruh percakapan di email kami beserta kronologisnya, agar anda bisa membantu saya apakah dia (POPPY) adalah benar atau hanya seseorang yang ingin mencari ketenaran.


(Sore hari Tanggal 04 Oktober 2011 sepulang saya kerja, saya membuka email dan saya pun agak terkejut ketika membaca salah satu email) 


“Siang pak, mungkin bapak gak kenal saya tapi pasti kenal kakak saya, saya adik dari yang Bapak sebut Bung E (enigma), ada sesuatu yang mau saya sampaikan pak. Tapi please dengerin dulu, jangan kayak yg laen saya malah dianggap cari sensasi”


(saya terdiam dan dalam hati berkata Apa mungkin? Akh paling juga temen yang iseng, itu pikir saya. Ahirnya saya pun membalas dengan kurang serius)


Non…. Saya gak kenal Enigma, saya cuma sering ngirim email ke dia aja. Dan lagian saya bukan bapak-bapak banget, kok malah dipanggil bapak. Emangnya apa yang mau disampaikan?


(cukup lama saya terdiam memikirkan hal itu, Apa benar dari adiknya Bung E? Yang tahu bahwa saya adalah fans Enigma cuma 1 orang teman, mungkin teman saya iseng karena saya sering ngomong bahwa saya kehilangan bahan bacaan terbaik di internet apalagi pengirim memanggil saya dengan sebutan Bapak. Malam harinya sekitar jam 8 saya kembali membuka email, ternyata email yang tadi sore sudah dibalas. Dan di sinilah percakapan cukup panjang terjadi)


Saya serius mas, mas Enigma udah gak ada, yg mau saya katakan itu tolong sampaikan ke para Fans tentang kematian mas Enigma juga tentang artikel terakhirnya yang belum sempat diposting, caranya ya terserah mas. 


Kalau benar Bung Enigma sudah wafat, terus yang nerima komen di postingan siapa?


Demi Tuhan Saya serius. Mas enigma udah meninggal bln Agustus lalu, saya udah umumin itu di komen tapi gak pernah di gubris. Mungkin gara2 sya pake profil anonymous. Yang acc komen itu saya, tapi cuma lewat Opera Mini di HP bekas mas Enigma saya juga nemu gak sengaja di history ada dashboard blogger. Awalnya sih bisa, Cuma sekarang gak bisa masuk lagi, gara2 HP nya kerestart.


(saya mulai tertarik dengan orang ini, sebab saya pernah membaca komentar dari Anonymous di postingannya yang isinya menyampaikan bahwa Enigma telah meninggal)


Kenapa malah pake Anonymous kalo mbak benar bisa buka punya si abang?


Saya gak berhak pake profil dia, selama ini dia menjaga privasinya.Kenapa harus saya rusak dengan tiba2 ngomong bahwa “Mohon maaf saya sudah meninggal”??? Ini kan jelas pasti ngundang kontroversi dan kekecewaan buat fansnya, kemungkinan blog enigma hanya jadi selingan dan bisa2 artikel terakhirnya gak akan pernah kebaca fans padahal itu yang jadi beban utama saya dan kalo misalnya bgitu lagi2 saya yg ngerusak prinsip dia yg slalu perhatian sama fans karna saya ingkar amanat.


Terus kenapa Mbak malah email ke saya bukan ke fans yang lain?Dari mana mbak bisa tahu alamat email saya? Kenapa baru sekarang mbak ngasi tau saya?


Saya baru ngasi tahu sekarang karena baru nemu, saya ngirim email gak ke mas doang kok..... Gini ni saya ceritain. setelah Mas E meninggal laptopnya saya yg pegang. Udah lama saya tahu dia blogger yg namanya enigma, saya juga yang bikin akun facebooknya soalnya dia gak mau dipromosiin. Saya penasaran banget tentang isi laptopnya, semua folder saya buka kebanyakan isinya file kerjanya, selain itu saya coba buka akun2 internetnya tapi ternyata masih terkunci. Akhirnya saya cuma pake laptopnya dia seperlunya krna saya juga megang laptop pribadi. Terus suatu hari saya iseng ngotak ngatik HP peninggalannya, saya masuk opera mini nah disitu saya nemu dashboard blogger dan mulai suka milih2 komen buat dimunculin ke postingan. Cuma blum pernah buka email, baru pas hari rabu saya buka email ternyata langsung masuk ke kingdom enigma. Disana banyak banget Inbox. yang bikin saya penasaran ada 11 pesan yg dia simpen. Mungkin disimpan karena emailnya menarik atau mungkin bahan buat artikel. Disitu ada 11 email yg salah satunya dari Mas ini. Semua email tadi saya kirim lagi ke email saya soalnya saya penasaran dan pengen buka di laptop. Saya baca yg 11 itu terus saya kirim email juga ke pengirimnya dan mas ini baru yg ke 7. Email saya ke yg lain ada yg gak dibalas, malah 3 orang anggap saya cari sensasi. Mudah-mudahan mas bisa dengerin saya.


(Saya terkejut, Ya Tuhan benarkah ini??? Semuanya mulai masuk akal sekarang, tapi saya tetap belum percaya pada orang ini)


Jadi bener Mbak??? Terus yang mbak maksud artikel terakhir itu apa?


Artikel terakhir itu tentang Red mist dari serial Spongebob saya nemuin di folder khusus artikelnya dia, kebetulan sekali setelah saya cocokan ternyata sama dengan laporan dari emailnya mas. Dan mas perlu tahu kalo mas Enigma itu selalu mencatat bahan artikelnya di buku saku dan disana saya nemu halaman ini.

(Saya benar-benar terkejut kali ini, karena tak ada seorangpun yang tahu saya melaporkan tentang kasus Red Mist berarti orang ini bukan sekedar membual. Ia adalah harapan dari fans Enigma setelah sang pembongkar misteri itu menghilang. Di email itu ada 2 lampiran yaitu sebuah artikel dalam format Ms. Word 2007 (Anda bisa melihatnya di sini) dan sebuah scan halaman buku saku. Kemudian saya membaca artikelnya, dan Ya Tuhan… ini identik dengan tulisan Bung Enigma, analisa yang dalam dengan sumber referensi asing beserta orientasi awal yang sederhana namun jelas. Di situ saya benar-benar terhenyak, Saya memandangi tulisan di catatan kecil itu, lingkaran merah yang menandai selesainya investigasi bung Enigma ada di tangan saya. Benarkah ini??? Saya terus memikirkannya dengan cukup lama sehingga malam sudah larut. Esok harinya sekitar jam 4 Sore kembali saya kirim email kepadanya)


Maaf mbak sebenarnya saya mulai percaya dari bukti-bukti yang mbak sampaikan tapi masih ada sedikit ragu, sebagai fans enigma saya juga tentu gak bisa buru-buru untuk yakin dan menyampaikan ini ke fans Bung E yang lain, Gimana ya?


(setelah ditunggu email belum juga dibalas, ternyata Poppy sering online malam hari, dan kami baru bisa mengobrol jam 9 malam)


Kok malah nanya? Maksud mas apa?


Tolong yakinkan saya tentang siapa mbak, kalo bener mbak itu adiknya bisa kan cerita tentang Bung Enigma??


Ya bisa, tapi tetap namanya gak akan saya kasi tau, soalnya saya yakin dia gak butuh popularitas dan pasti ia ingin kepergiannya tenang, bayangin aja berapa blogger dan berapa media yang akan menjambangi makam nya, kalo misalnya identitasnya ketauan???


Oh kalo itu saya ngerti, ceritakan tentang mbak dulu lah ya, ini buat data soalnya nanti email ini saya posting agar saya gak jadi bulan-bulanan blogger atau fans bung E


Saya Poppy adiknya bung E, saya baru berusia 20 Tahun sekarang ini tinggal di Jak-tim. Saya kuliah smt.4 Jurusan Akuntansi di salah satu universitas di Jakarta. Gea yg di email itu bukan nama tapi cuma singkatan. Udah cukup lakh yaaa?? Nanti kalo terlalu jelas, identitas kakak saya juga bisa kelacak. Saya gak keberatan chat kita diposting atau kalo perlu mas tampilin juga alamat email saya supaya yg anggap saya bohong bisa langsung konfirmasi.


Ya makasi kalo gitu, jadi saya gak terlalu terbebani. Nah sekarang coba ceritakan tentang abang mu itu?


Ibu kami dari Jambi sedangkan Ayah dari Jogja. Masa kecil hidup di Jambi tapi waktu saya masih SD kami pindah ke Jogja karena bisnis ayah banyak di sana. Kebetulan ayah buka beberapa toko Woodcraft. Ayah juga buka cabang di Jabodetabek. Mas E kuliahnya juga di Jakarta setelah lulus ia malah pengen tinggal di rumah Nenek di Jambi, Tahun 2003 barulah ia ke Jakarta lagi dan bekerja sebagai akuntan di perusahaan yg brgerak di bidang perumahan terus tahun 2009 saya lulus SMA dari Jogja saya nyusul mas E ke Jakarta dan tinggal sama dia, ia gak terlalu sibuk sih kayaknya cuma waktu tertentu aja kadang sampe gak pulang tapi kadang cuma diam di toko sama pegawai, ia juga buka warnet di samping toko. Temannya sedikit mas, kebanyakan bapak-bapak yang suka datang ke rumah, padahal mas E masih kelihatan muda, ia baru berumur 29 Tahun. Mas E itu baik, perhatian, pendiam dan suka music pop klasik. Band Favoritnya Michael Learns To Rock. Setau saya dia punya pacar temen kerjanya juga, namanya mbak V. Cuman 1 yg saya kecewa ama dia, dia itu perokok berat n peminum kopi, katanya sih orang tekun emang begitu supaya tetap gak bete. Tanggal 2 Agustus anemia nya parah mungkin karena sering begadang, sampe ia harus ke rumah sakit. Kata ayah bawa aja pulang ke jogja supaya ibu bisa ngurus. Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah, aku gak tau kenapa ternyata setelah sampai di rumah kakak ku udah meninggal mas. Aku pingsan waktu itu dan sadar setelah ia dimakamkan. Bagitu kisah singkatnya mas, sekarang ini aku tinggal sama ayah di Jakarta, karena setelah Mas E meninggal ayah takut gak ada yg jaga aku di Jakarta.


(ini cukup rasional buat saya, bagaimana menurut anda?)


Seolah terhipnotis oleh kisahnya. Saya menjadi yakin bahwa Poppy adalah benar adik Bung Enigma. Karena saya memang sama sekali tidak tahu tentang identitas asli bung Enigma. Kini yang ada di pikiran saya adalah saya harus bisa membuktikan keberadaan Poppy jangan sampai ia hanya tokoh fiktif. Saya pun meminta Nomor ponselnya tanpa kesulitan saya pun mendapatkannya. Di hari-hari selanjutnya percakapan banyak kami lakukan lewat SMS / Telpon. Saya selalu membujuknya agar mau menjadi penerus Enigma karena mungkin bisa menjadi sedikit penghilang dahaga akan artikel Bung E, tapi menurutnya ia tak setekun dan sepintar sang kakak, ia lebih banyak menggunakan intenet untuk social networking. Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau, jadi saya membuat blog ini untuknya sebagai persembahan terima kasih kepada Bung Enigma, kemungkinan nantinya akan dilanjutkan oleh Poppy jika memang fans Enigma mempercayainya dan ekspektasi terhadap Enigma masih terjaga dan saat ini Poppy sudah mulai belajar menganalisa beberapa masalah misteri, kita tunggu saja apa yang bisa ia perbuat. 


Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini, namun saya tidak berani melakukannya sebelum saya bertemu langsung dengannya untuk membuktikan siapa dia, dan akhirnya Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor. Ternyata sosok Poppy yang saya temui jauh dari apa yang saya bayangkan, Dia hanya Remaja putri Indonesia pada umumnya. Rambut rebonding, celana ketat, kaos oblong dan cukup manis menurut saya, yang menjadi perbedaan ia tampak lebih pendiam daripada teman-temannya. Dan kelak gadis itulah sang pewaris takhta Kingdom of Enigma. Selamat jalan bung E. Damai bersama mu…………


Demikianlah perkenalan saya dengan seseorang yang mengaku adik bung Enigma yang akhirnya saya yakini bahwa ia bukan hanya membual. Dari hasil analisa saya ada 3 kemungkinan mengenai kejadian ini :


1. Poppy adalah benar adik bung Enigma
Pendapat ini masih diragukan karena Poppy pernah mengirim email berisi beberapa foto Bung E yang setelah saya bandingkan dengan Foto mata kanan Bung E yang ia pajang di Blog sepertinya ada perbedaan, tapi bisa saja foto-foto tersebut diambil di waktu yang berbeda jauh.
Coba anda bandingkan foto ini, tapi mohon maaf foto fullfacenya terpaksa saya crop untuk tetap menjaga kerahasiaan identitas Bung Enigma (jika foto ini benar)

3 buah foto dari Poppy (FOTO2 SUDAH TIDAK SAYA TAMPILKAN LAGI MENGINGAT PRIVASI ORANG LAIN: hawkson)

2. Poppy adalah hacker yang meretas email saya
Tapi analisa ini punya 2 kelemahan yaitu pertama apa mungkin Poppy bisa meretas email? Kedua di salah satu email Poppy ada artikel yang mirip tulisan bung Enigma, pertanyaannya adalah Dari mana artikel itu? Setelah saya cari di Google ternyata tidak ada berita yang menggunakan kalimat yang sama, jadi bukan hasil copas. Apa mungkin remaja seperti Poppy mampu membuatnya?


3. Teman saya yang meretas email kemudian mengumpulkan data dan membuat artikel, selanjutnya menyewa seseorang untuk berakting menjadi Poppy
Kelemahannya adalah tidak ada teman saya yang cukup paham programming, bahkan sering kali saya yang membantu mereka, dan untuk apa repot-repot ngerjain saya dengan teori konspirasi yang rumit ini?


Saya mohon bantuan kepada semua pembaca yang mengenal Enigma (atau bahkan bung Enigma sendiri), untuk menganalisis semua yang saya alami ini. Apakah Poppy memang benar adanya??? Ataukah ia hanya seorang remaja yang haus sensasi??? Sesuai keinginannya, bagi yang ingin langsung berinteraksi dengannya kirim email ke gea.poppy@yahoo.com Kelanjutan blog ini ada di tangan anda, kita tunggu saat Poppy terbukti benar dan kemudian menjadi The Enigma Girl, pemilik blog Tinta Merah.


Anda bisa menuju ke blog  Tinta Merah untuk melihat beberapa postingan yang memang hanya membahas tentang Enigma serta postingan terakhir yang diklaim adalah tulisan terakhir enigma yang belum sempat di posting. Yaitu tentang Misteri Episode Terakhir Spongebob Red Mist. 


Saya setuju dengan keganjilan-keganjilan yang disebutkan penulis. Akan tetapi saya juga punya keganjilan lain yang saya temui dalam tulisan tersebut.

Perhatikan maksud kalimat-kalimat ini:

....Saya selalu membujuknya agar mau menjadi penerus Enigma karena mungkin bisa menjadi sedikit penghilang dahaga akan artikel Bung E, tapi menurutnya ia tak setekun dan sepintar sang kakak, ia lebih banyak menggunakan intenet untuk social networking. Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau, jadi saya membuat blog ini untuknya sebagai persembahan terima kasih kepada Bung Enigma, kemungkinan ....


Dan bandingkan dengan ini: 

Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini, namun saya tidak berani melakukannya sebelum saya bertemu langsung dengannya untuk membuktikan siapa dia, dan akhirnya Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor.
Pernyataan di tulisan awal (tulisan biru) dan kedua (tulisan merah) begitu berbeda. Siapa sebenarnya yang ingin mempublikasikan hal mengejutkan ini ? Poppy atau Penulis ? : Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau...., dan ....Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini,.... 

Jadi siapa yang membujuk siapa?

Jika Poppy benar adalah adik/ saudara enigma, jika kejadian ini benar terjadi kenapa beliau tidak langsung menghubungi saya atau anggota Indonesia Mistery Forum ? Bukankah menurut tulisan tsb, laptop dan HP enigma dipegang oleh Poppy ? Kenapa yang dihubungi adalah seseorang yang tidak dikenali ? 

Bagaimana jika Enigma memang benar diRETAS Emailnya? Atau Sepulang dari kantor, Enigma di Jambret orang dan tas berisi HP / Laptopnya di bawa kabur ?

Jawabannya adalah TIDAK.


Saya telah melakukan konfirmasi dan diskusi dengan member Indonesia Mistery Forum yang punya kredibelitas untuk dimintai keterangan mengenai kondisi Brother Enigma sebenarnya. Ingin lebih jauh mengenal misteri dan Enigma, anda bisa bergabung dengan group kami.

Untuk Poppy dan Tinta Merah thanks to shocking news. Good Job ..!!


Komentar ini adalah komentar Bro enigma sendiri yang menggunakan Anonymous. Percaya ?









Anonymous Anonymous said...
Black is right. Sosok poppy itu hanya diciptakan oleh pemilik blog tinta merah. Foto mata yang ditampilkan jelas jauh berbeda. Jika Poppy memang punya akses ke komputer enigma, mengapa dia tidak meneruskan saja memposting di blog enigma? atau paling tidak memposting sebuah pengumuman di blog enigma? Mengapa harus lewat blog tinta merah?

Amen to that


UPDATE 05 Feb

Sebetulnya saya tidak ingin terlalu menulis panjang lebar untuk hal ini, akan tetapi seorang anak umur 9 tahun bernama Poppy muncul dengan klaim mengejutkan, disaat saya mencoba mencari jalan tengah agar tidak ada yang tertipu, dan kini dia berbalik menantang saya ?

"Mas Hawkson anda sudah mampu mengatakan ini sebagai hoax, tapi tidak
mampu membuktikan semuanya padahal fans anda sudah banyak, apakah anda
tidak malu?"


Hmm.. Agaknya saya terpancing permainannya. Tapi sudahlah, mari kita coba ikuti permainannya sejenak.

Selang beberapa waktu, saya mencoba email ke Poppy dan terjadi beberapa pembicaraan yang cukup menarik. Ini kutipan pembicaraan kami :

Selamat malam. saya hawkson.


Malam jg mas Hawkson. Makasi uda nyempetin waktunya. Knp baru email saya skarang?? Tdnya saya mu cerita ke mas Hawkson. Cuma uda dipost ama mas Wawan (penghuni 60)

Karena saya ingin mencoba mengikuti jalan cerita Poppy, bahwa Handphone Enigma dipegang olehnya maka saya menanyakan hal ini kepadanya:

kenapa kamu tidak langsung menghubungi saya? ada nomor telepon saya di Hp beliau.


Kontaknya copy dr sim saya mas. Gak tau yg BB d ganti atw gak ama mbak Via. Saya udah komen d postingan mas tlg tampilin ya. 


Saya mencoba bersikap tenang, jika dia memegang Handphone/Laptop Enigma biar bagaimanapun juga biasanya browser masih bisa log in langsung ke account - account pribadi. Seperti saya, saya akan selalu memakai 'remember me' agar tidak berulang-ulang kali memasukkan email & password. Saya coba meminta dia untuk log in account Facebook Enigma.

kamu tahu group ini > http://www.facebook.com/groups/209786006607/ group itu adalah group Indonesia Mistery Forum. Bisakah kamu log in menggunakan acc facebooknya enigma dan masuk ke group itu?

Dengan santai dia menjawab :

Aku yg bikin akunnya tp pas mas E uda serius ama mbak via jd dia yg pake n update. Kecuali mas tanya ke mbak Via soalnya aku dah coba tp gak masuk jg mungkin dgnti pasword. Besok aku tanya alamat emailnya Mbak via n aku kirim k mas. Mudah2an dia masi bisa.

Disini saya punya 2 poin kecurigaan. Pertama Poppy mengaku kalau dia yang membuat account Facebook Enigma. Padahal saya orang yang 'maksa terus ke Enigma untuk buat acc Facebook mengingat waktu itu, ada group facebook yang mengapresiasikan tulisan beliau dan juga saya ke dalam Fan Group facebook, dan akhirnya dia buat juga. (Enigmania & My Hawkson, sekarang Indonesia Mystery Forum). 

Kecurigaan Kedua yaitu kemunculan seorang tokoh ketiga, "Mba Via". Siapa mba via itu? 

Ow... Itu yg aku ceritain di email. Calon istri mas E... Emangnya kenapa mas? Katanya temen mas E, masa gak tau?

Awalnya saya  langsung teringat seseorang (tidak bisa saya sebutkan disini), tapi jika anda member 'lama' IMFO ( Indonesia Mystery Forum).  Kalian pasti tahu siapa si Miss. Mumu . Tapi ternyata hal itu hanyalah tokoh karangan saja.


Setelah beberapa jam kemudian saya menunggu balasan apakah Poppy bisa log in dengan acc Enigma dan menulis sepatah dua patah kata dari acc itu ? Kemudian saya cek email.


Mas ada yg ngancam aku. Aku mending ngejauh aja dari semua ini. Aku bener2 takut sebab dia tau persis identitasku. Tempat tinggal bahkan kampusku. Makasi atas semua bantuan mas yg uda ngerepost berita ini walaupun mas gak percaya mudah2an suatu saat hati mas bisa terbuka lebar



Dari perkataannya, Poppy berusaha keras untuk meyakinkan saya kalau dia benar adiknya enigma dan memegang kunci kerajaan Enigma atas klaim memiliki tulisan terakhir dari enigma.


Nah, apakah saya percaya begitu saja ? Sekali lagi TIDAK



Mencoba membuat kehebohan dengan memanfaatkan situasi seperti ini, saya rasa anda tidak begitu pintar. 

Setidaknya ada poin-poin yang disiapkan pelaku pembuat kehebohan untuk membuat suatu skenario klasik didukung klaim hubungan keluarga, klaim foto , dan klaim tulisan - tulisan terakhir. Yang semuanya itu hanyalah OMONG KOSONG.

Nah anda pasti bertanya-tanya ke saya, hawkson bagaimana kebenarannya ? Mana Bukti-buktinya ? Apakah benar Poppy itu adiknya Enigma? Jadi Enigma sudah .... 


Jangan dulu berpikir yang tidak-tidak karena bukti kuat sudah di tangan saya, bahkan orang-orang yang kenal dekat dengan enigma untuk mencoba mengklarifikasi hal ini kepadanya sudah mendapatkan jawabannya.

Pagi tadi sekitar pukul 10:55 saya mengirimkan email konfirmasi klarifikasi langsung kepada penulis Blog Misteri Enigma via email. Sesuai dengan apa yang penulis enigma publish di contact me blognya :


Jika anda ingin menghubungi saya..

In case...jika anda ingin menghubungi saya :Lakukan dengan satu dari dua cara dibawah ini:

Cara Pertama,

Hubungi saya lewat kotak komentar di post manapun. Soalnya blog ini setting komentarnya adalah moderasi. Jadi semua komentar pasti saya baca.


Apabila anda menggunakan cara ini dan tidak ingin komentarnya dipublish, beri tahu saya di akhir komentar anda.

Atau cara kedua,

email saya di : kingdom.enigma@gmail.com.
Email yang dikirim dengan maksud tulus pasti akan saya balas. hehe


Saya langsung mendapat balasan langsung dari email beliau, ENIGMA sendiri.


Saya screen shoot email untuk membuktikan kepada anda, email yang masuk dari Poppy dan Enigma sendiri. (Enigma dan Kingdom Enigma pada SS email adalah email asli balasan dari Enigma)


Awalnya penuturan Enigma pelaku pembuat keributan ini mengirim email ke Enigma dan juga saya yang merupakan sebuah Tantangan yang saya kutip isinya (dengan pertimbangan, ada nama yang disebut di email tidak bisa saya publish)

Sebelumnya mohon maaf jika email ini mengganggu liburan anda.
Bagaimana perasaan anda saat mendapat email dari alamat ini? Tapi
tunggu jangan dulu berfikir ke sana karena sesungguhnya saya akan
memberikan sedikit clue akan kebingungan yang sedang anda alami.

Email ini saya kirimkan kepada 4 orang khusus yang terlibat di dalam
scenario panjang saya yang telah berhasil sekitar 85 %
1.    Enigma sebagai tokoh utama yang disorot
2.    Bapak               yang menjadi korban pertama saya
3.    Mas wawan Penghuni 60 yang menjadi korban ke 2 saya
4.    Mas Hawkson sebagai Blogger pengungkap misteri yang sepertinya
sulit dijadikan korban ke-3

Saya fikir anda semua perlu memecahkan misteri ini demi reputasi anda,
sekaligus sebagai tantangan untuk anda.

Mas Enigma relakah anda diberitakan meninggal?
Bapak                 yang hebat, Relakah anda jika identitas anda saya
beberkan sejelas-jelasnya sehingga status              yang anda pegang saat
                   
Mas Wawan, apakah anda tidak malu menelan berita seenaknya padahal
anda salah satu Blogger ternama?
Mas Hawkson anda sudah mampu mengatakan ini sebagai hoax, tapi tidak
mampu membuktikan semuanya padahal fans anda sudah banyak, apakah anda
tidak malu?
Dan clue yang saya maksudkan adalah sebagai berikut
1.    Bagaimana cara kerja saya?
Melihat, mengenal, merasakan.

2.    Siapa Poppy?
Satu lembar kertas untuk melihat dan mendengar nyanyian kembang api sudah cukup

3.    Kenapa ia begitu lincah berkelit baik di email maupun di telephone?
Kadang 2=1  tapi kadang 1=2

4.    Kenapa saya menggunakan nama Poppy, padahal nama wanita lainpun banyak?
-    “ ucapkan” tentang  “Tunangan Mas Enigma” di “internet yang
terbalik” Anda bisa bahasa Inggris kan?( Kecuali mungkin mas Hawkson
yang masih salah dalam penggunaan adjective di tagline blognya)
-    atau ingat masa kecil anda yang manis. Anda bisa bahasa Indonesia
kan? (kecuali mungkin mas Wawan yang masih banyak kesalahan dalam
imbuhan)

5.    Kenapa Mas Fent begitu takluk terhadap Poppy?
Sebuah perasaan besar mampu menutup realitas

6.    Apa modus saya menyebar berita ini?
Demi judul film Transformer saya menjadi tokoh film Batman. (mungkin
perlu ditambahkan saya bukan promosi blog karena sayapun memiliki blog
yang jauh lebih baik dari blog menyedihkan itu. Hahahaaaaaa)

7.    Siapa sebenarnya orang yang ada di dalam foto?
Pintu yang tidak terkunci dapat mengeluarkan orang yang serumah

8.    Terakhir, Kenapa saya memberikan clue ini sekarang?
Bukan makhluk kriptid jika manusia bermata banteng.

Demikianlah clue dari saya. Silakan anda ungkap misteri di atas.
Kecuali identitas saya karena ini adalah aksi saya yang pertama namun
masih ada 2 yang saat ini sedang berjalan. Jadi mohon tunggu. Yang ini
saja butuh waktu 4 bulan.

Ow ia........ Jangan mempostingnya jika masih ada keganjilan di
fikiran anda. Karena untuk mengerjakannya sepertinya anda semua harus
berdiskusi. Untuk sementara biarkan publik berspekulasi dan
mengembangkan otaknya. Jika sudah selesai maka terserah gaya anda
untuk menyampaikannya

I Have my own tagline “Jika ada sisi pengungkap misteri, maka saya
adalah kutub di seberangnya” So we are partner right?

Thank You So Much
Just call me Mr. Questio
And I’m the new style in this fuckin’ neverland that you call “Bloggers World”

NO REPLY

Dari isi email tersebut,  pelaku tampaknya telah merencanakan hal ini dengan baik. Apa yang dia inginkan ? Menjatuhkan reputasi ? Atau sesuai pengakuan pelaku dalam email tantangannya : “Jika ada sisi pengungkap misteri, maka saya adalah kutub di seberangnya” So we are partner right?


Terlepas dari pernyataan dan Tantangan Murahan tak berdasar itu, satu bukti nyata bahwa Enigma masih ada adalah balasan emailnya. Dan saya sekali lagi hanya akan menampilkan screenshot sebagian saja, dikarenakan hal ini merupakan permintaan langsung dari beliau(Enigma) untuk mengklarifikasi kasus kacangan seperti ini.




Dan kasus ini pun seakan mewakili jawaban atas pertanyaan seluruh penggemar Blog Misteri Enigma atas keberadaan dan keadaan Enigma saat ini.


To Enigma : "Thanks Brother atas klarifikasinya. Semoga Liburan Anda menyenangkan." : )



Siapa pelaku yang melatar belakangi semua ini ? anggap saja dia hanya penggemar berat Blog Misteri Enigma tapi tidak terlalu mengenal Enigma dan sedang belajar membuat lelucon kecil tapi sayangnya dia berhadapan dengan orang yang salah...  
case closed

(hawkson)


Fakta Dibalik Hilangnya Penulis "Blog Misteri Enigma"-Blogger Misteri Ternama Indonesia


MistrQuestio adalah otak dibalik semua ini.


Anonymous Mistr Questio said...
Anda benar-benar hebat Mr. Hawkson…. Tanpa perlu waktu lama anda menyelesaikan kasus ini. Salut untuk anda.
Perlu saya sampaikan bahwa modus awal saya hanya sekedar mengerjai dan menjatuhkan reputasi orang yang anda rahasiakan tadi. Ternyata ia terlalu mudah ditipu sehingga efeknya jauh lebih besar daripada yang saya bayangkan. Reaksinya tentu akan menyebabkan sedikit kehebohan di dunia maya. Maka sayapun membuat “Plan B” untuk mengacaukan persepsi publik. Dan saat ini anda telah membuktikan kaliber anda Mr. Hawkson.
Buat semuanya saya tidak perlu meminta maaf karena setidaknya akibat kekonyolan saya, suatu kebenaran terungkap bahwa Enigma masih hidup. Jadi masih ada harapan bagi kita untuk terus mengaguminya dan Mr. Hawkson bisa disejajarkan dengannya.
Sekali lagi salut buat anda. Saya berdiri dan mengangkat topi.
(By the way reputasi seseorang itu sebentar lagi jatuh, karena fotonya dipajang dimana-mana, jadi Plan A saya berhasil)

Mr. Questio
Tunggu kejutan lainnya

Untuk Mr. Questio harap pahami kata-kata saya ini :
Blogger hawkson said...
@Mr.Questio

Saya harap blog Tinta Merah di hapus untuk menjaga reputasi Blogger Blog Misteri Enigma. Saya tidak peduli anda memiliki masalah dengan siapa dan tujuan apa, jika anda meniupkan kabut kelam ke dalam kolam kebenaran, lentera keadilan akan hadir membawa seribu cahaya abadi dan menyapu kabut itu hingga tak bersisa.

285 komentar:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 285   Newer›   Newest»
  1. Anonymous said...:

    hhuhuhu :'(
    bila memang benar adanya.. fans enigma akan sangat Kehilangan dgn adanya Info tsb.. namun dia(Poppy) mungkin terlalu Pandai tuk Meretas tsb.. mungkin Pencuri itu menyerahkanya kepada yg Ahli dan Membuat Sensasi sprti ini... entah kemana Bang E skrng Berada.. walau dia tlah tiada.. Namun Karyanya slalu d Kenang...

  1. Anonymous said...:

    dari Tresna Asti


    tangan saya gemeteran nulis ini komen.. Kalau saya jujur bilang email saya ke kak ENigma di balas, apakah itu bisa membuktikan sesuatu? atau menghentikan kegilaan yang kurang ajar ini? setidaknya menurut saya ini kurang ajar!

  1. Anonymous said...:

    penulis blog enigma tdk mati...
    mungkin yg mati enigma na...
    who knows..
    begini,penulis enigma adalah blogger misterius,kita sebagai penggemar harus menghargain itu,...dia muncul scra misterius dan berhenti menulis jg dg cara misterius.
    kita sbgai penggemar tentu sgt merinduka tulisan na,...saat dia menganalisis suatu masalah,saat dia memandang pemecahan masalah,kita rindukan itu.
    namun,kita jg harus ingat,penulis enigma adalah bloger,yg kdg datang,kdg pergi.menulis dan tdk menulis.
    sbgai penggemar,sy sgt terkejut dgr berita tersebut,namun sbgai penggemar jg,sy TIDAK SETUJU apabila popy melanjutkan blog enigma. (apabila berita itu benar)
    blog enigma biarlah seperti itu,...ulasan terakhir,dan artikel2 na biarlah seperti itu.jgn di utak atik. itu karya penulis enigma,tdk ada yg berhak mengutak atik karya seseorang.apalagi meneruskan :D
    bila berita itu benar, (penulis enigma meninggal) dan adik na poppy itu benar. dia (poppy) tdk punya kewajiban dan hak utk meneruskan blog enigma. tolong,biarlah seperti itu ada na itu blog.bila ada masalah sewa mnyewa ttg ijin blog,ngomong sama kita para penggemar enigma.kita cari solusi bareng agar blog itu tdk terhapus

    Imalz imilz imelz II

  1. Anonymous said...:

    dari Tresna Asti


    mungkin ada yang bisa membandingkan eyelid nya.. Lipatan mata itu lohh...

  1. Anonymous said...:

    ada satu hal yang tidak disertakan dari 3 hal yang menjadi perkiraan penulis
    bagaimana jika poppy ini adalah sosok "buatan" (apa ya kata tepatnya, lupa) yang diciptakan penulis untuk mencari ketenaran situs tinta merah miliknya itu?
    lagipula situs itu tampak terlalu meniru situs enigma
    lihat saja tulisan di gambar header/banner situs itu
    dan kenapa seluruh berita tersebut mengenai enigma seolah mencari penonton saja?
    saya rasa dia cuma memanfaatkan kesempatan didalam kesempitan...

    sekarang otak lagi overheat karena pusing, kalau udah dingin ntar kapan 2 saya kasih komentar beserta analisis saya...

    Black

  1. Anonymous said...:

    "I Came Like Water,and Like Wind I Go."
    kata ini mungkin yg d gunakan dalam slah satu Postingan Bang E... tp ternyata Kata ini berlaku juga tuk Blog Bang E...
    thankz atas Karyamu Bang.. smua akan teringat.. d HAti...

  1. Tinta Merah said...:

    Awalnya mas Fent yg bujuk aku supaya mau jd penulis kyak mas Enigma tp aku gak mau soalnya aku sadar aku bkn org yg cerdas. Stelah aku brubah pikiran aku ingin cpt2 artikelny kebaca fans krna itu aku ngedesak dia tp dia pengen ketemu dl sama aku supaya jelas aku bukan rekaan temannya.

    Yg aku kirim email itu yg 11 psan disimpan. Jd smuanya org gak dikenal. Misteri forum itu apa?? Aku gak tahu. Keterlaluan atw apa terserah anggapan kalian aku hnya mau mnyampaikannya artikel saja. Bkn membuat kalian risih. Klo gak percaya ya jgn hiraukan

  1. Tinta Merah said...:

    Jgn merendahkan perjuangan orang yg udah berusaha memberitakan ini kpd fans

  1. Yana said...:

    inilah resikonya masuk ke dunia misteri.. Semua akan coba dianalisa, jika semua info lgs diiyakan saja apa guna otak untuk berfikir? bukan berarti tidak menghargai. bukan berarti merendahkan. hanya saja memang tidak mudah percaya begitu saja. Pada kenyataannya jika memang benar itu kenyataannya maka semua tanya pasti akan terjawab..

  1. Anonymous said...:

    Black is right. Sosok poppy itu hanya diciptakan oleh pemilik blog tinta merah. Foto mata yang ditampilkan jelas jauh berbeda. Jika Poppy memang punya akses ke komputer enigma, mengapa dia tidak meneruskan saja memposting di blog enigma? atau paling tidak memposting sebuah pengumuman di blog enigma? Mengapa harus lewat blog tinta merah?

    Amen to that

  1. Tinta Merah said...:

    mau tau alasannya mas? Baca dulu dgn jelas Atau biarkan Hawkson yg menganalisa.. Dia sedang emailan dgn ku

  1. Haryadi Be said...:

    @Poppy...

    Saya percaya ucapan kamu, ada sesuatu yg ingin saya ketahui sedikit.

    Salam

  1. Anonymous said...:

    tergoda untuk percaya,,, tp semoga kabr ini nggak benar,,, kp bukan anggota IMFO yg d kabari???

    teman2 tolong cari petunjuk donk T_T

    #pngn nangis nich kl bnran,,,

    -nunik-

  1. Anonymous said...:

    Kami sekeluarga merinding mendengar berita ini. Kejadiannya memang begitu tapi setahu kami Poppy bukan adiknya melainkan keponakannya. Apa sebenarnya yg sedang terjadi? Karena sekarang Poppy baru berusia 9 Tahun nama lengkapnya Gelora Elva Asmarita Poppy. Dia anak saya

  1. Enigma said...:

    menarik, saya sampai bingung mau berkata apa.

  1. Lica Lawliet said...:
    This comment has been removed by the author.
  1. Tinggal konfirmasi saja yang sebenarnya bang, mungkin cukup dengan beberapa kata saja.

    Tapi kalaupun tidak dilakukan tetap banyak orang yang tahu itu hanyalah rekaan belaka.

  1. Haryadi Be said...:

    Waaah!

    Poppy ternyata bohong, saya udh konfirmasi ke teman disuatu tempat..Bro e baru aja pulang jalan bareng bbrp jam lalu..hadooooh!

    Tepok jidat!!

  1. Anonymous said...:

    ini adalah Black Lycan hahahaaha

  1. Anothe Paths said...:

    @Poppy,

    kamu..kamuu..kamuuu..

    #tepok jidat lagi

  1. Anonymous said...:

    Itu urusan saya dengan para pembongkar misteri. Kalau anda bisa silakan analisa, percuma berkoar tanpa kualitas.

    Nice to know you

    "Mr. Questio"
    I'm the new style in Indonesia

  1. Anonymous said...:

    dari Tresna Asti

    kakaknya muncul disinii..

  1. PHENOMENA said...:

    Dari postingannya ttg Enigma yg tewas, saya benar-benar lebih yakin : kelak postingan Tinta Merah itu yg tewas

  1. Anonymous said...:

    dia bukan orang yang mati semudah itu, tapi percayalah kalau dia juga ingin memiliki kehidupanya sendiri. maka dari itu berhentilah mencari dan mengusik kehidupanya. enigma pernah bilang 'saya seperti orang dijalanan yang tidak km kenal namun tiap saat km temui".

    jadi kalau kita tidak menghiraukan orang yang dijalanan tiap saat kita temui, kenapa kita harus mempedulikan enigma? toh kita sama-sama tidak tahu seperti apa enigma dan siapa orang dijalanan itu.

    desta bluedyst

  1. Penghuni 60 said...:

    bukti komentar yg km sajikan itu yg gak jls, Anonymous?sebegitu percayakah dgn Anonymous?apa dasarnya yg mmbuat km yakin kalo itu adalah enigma yg berkomentar?
    apakah dia gak berpikiran utk mmbuat akun baru yg lbh bs menampilkan sebuah identitas?padahal dia kan pemikir yg pintar,knp hrs tampil dgn sosok anonymous?
    komen yg km anggap enigma itu, hampir sama persis dgn apa yg ada dipikiranku saat pertama kali aku mendapati kabar ini.
    dan mau tau knp alasannya enigma tdk mmbuat akun baru?karena dia sudah tiada.hanya itu alasan yg tepat utk menggambarkannya.
    ingatlah bahwa yg hidup itu pasti bs mati, dan datangnya kematian itu adalah misteri.

  1. Zero said...:

    kita lihat saja siapa yang benar.

  1. Anonymous said...:

    @penghuni60

    hawkson sudah menuliskan kata 'PERCAYA?" diatas jadi mau percaya atau tidak terserah anda saja.

    lalu dari saya untuk pertanyaan anda, alasan kenapa dia tidak membuat account baru ialah karena sejak awal enigma tidak ingin menjadi terkenal dan dia sama sekali tidak menyangka dengan menulis blog dirinya menjadi kontroversial dan banyak dikagumi orang. alasan kenapa dia berhenti dengan cara seperti ini, mungkin bisa dibilang sama saat saya keluar dari organisasi yang saya bangun. saya keluar tanpa pemberitahuan apapun dan menghilang tanpa kabar selama satu tahun, setelah saya kembali diluar dugaan orang-orang yang sya tinggalkan lebih semangat dari saya dan menjadi lebih hebat dari saya. mungkin itu yang difikirkan enigma dia menghilang tanpa kabar agar ada regenerasi dalam dunia mystery serta agar kita lebih semangat dalam mengungkap mystery g hanya ada dia saja :)


    desta bluedyst

  1. Anonymous said...:

    biarlah ENIGMA tetap menjadi misteri.
    jangan kalian coba-coba untuk mengusik blog ENIGMA...!!!

    bukankah setiap orang berhak mendapatkan ketenangandan kenyamanan tanpa ada sedikitpun keterpaksaan dalam menjalani kehidupannya sendiri.

  1. Anonymous said...:

    B.A.R

    knapa bung E......
    knapa....

    *hm....
    knapa red mist ???? apkah bnar sdah tak ada mistri yg cocok dibhas ???? smpe" mmbhas spongebob ???? knpa mmbhas spongebob knpa gak Ben 10 skalian aja ??? di be 10 bnyk misteri (sperti time paradoks, apakah alien itu humanoid,apakah benar ada alat yg bisa meniru DNA kita,dll) sdikit gambar. tak ada sesi perbandingan antara foto enigma dngn foto" enigma dulu...
    knpa mata ? bisa saja dia ambil dri google (agar tetep rhasia identitasnya). apapun tntng bung E psti slalu misterius

  1. Anonymous said...:

    Yang pasti adalah tak ada kehidupan abadi di dunia. Selamat jalan Bang Enigma

  1. Anonymous said...:

    Update ya

  1. Yes, Closed.

    1 pemikiran dapat menginspirasi yang lain.
    1 kasus dapat menimbulkan kasus yang lain (maybe)

    but, good job for everyone.
    Will we face harder case next time? Who knows

  1. Mistr Questio said...:

    Anda benar-benar hebat Mr. Hawkson…. Tanpa perlu waktu lama anda menyelesaikan kasus ini. Salut untuk anda.
    Perlu saya sampaikan bahwa modus awal saya hanya sekedar mengerjai dan menjatuhkan reputasi orang yang anda rahasiakan tadi. Ternyata ia terlalu mudah ditipu sehingga efeknya jauh lebih besar daripada yang saya bayangkan. Reaksinya tentu akan menyebabkan sedikit kehebohan di dunia maya. Maka sayapun membuat “Plan B” untuk mengacaukan persepsi publik. Dan saat ini anda telah membuktikan kaliber anda Mr. Hawkson.
    Buat semuanya saya tidak perlu meminta maaf karena setidaknya akibat kekonyolan saya, suatu kebenaran terungkap bahwa Enigma masih hidup. Jadi masih ada harapan bagi kita untuk terus mengaguminya dan Mr. Hawkson bisa disejajarkan dengannya.
    Sekali lagi salut buat anda. Saya berdiri dan mengangkat topi.
    (By the way reputasi seseorang itu sebentar lagi jatuh, karena fotonya dipajang dimana-mana, jadi Plan A saya berhasil)

    Mr. Questio
    Tunggu kejutan lainnya

  1. Yana said...:

    anda kejam sekali bermain dengan reputasi orang Mr.Questio

    Walaupun saya bilang "jika semua info lgs diiyakan saja apa guna otak untuk berfikir? bukan berarti tidak menghargai. bukan berarti merendahkan. hanya saja memang tidak mudah percaya begitu saja.",, tapi sebagai orang dewasa anda tidak seharusnya sengaja mempermainkan kepercayaan yang orang berikan kepada anda..

    ironis sekali...

  1. hawkson said...:

    @Mr.Questio

    Saya harap blog Tinta Merah di hapus untuk menjaga reputasi Blogger Blog Misteri Enigma. Saya tidak peduli anda memiliki masalah dengan siapa dan tujuan apa, jika anda meniupkan kabut kelam ke dalam kolam kebenaran, lentera keadilan akan hadir membawa seribu cahaya abadi dan menyapu kabut itu hingga tak bersisa.

  1. Mr. Questio said...:

    @Yana_ Ini dendam pribadi mas, jadi anda tidak akan mengerti perasaan saya. Sebenarnya saya tidak terlalu jahat kok

    @Hawkson_ Siap Pak...!!! Saya akan hapus segera.
    Kalau saya perhatikan ini adalah postingan pertama anda yang paling meriah. Jadi kasus yang saya buat sepertinya membuat anda semakin terkenal. Kalau gitu perkenalkan. Saya Mr. Questio adalah penggemar baru anda walaupun kita berada di kutb yang berbeda

  1. Anonymous said...:

    that's not funny Mr. Questio... i thing what you do is not better than a child playing puppet with their own imagination... but you can't play as a GOD!!! there's no way you can find me but remember, i will find you and don't even think you can join THE NEW WORLD!!!

  1. Yana said...:

    Mr. Questio : Mas? ==" maaf saya bukan laki-laki. Bagaimanapun juga geli rasanya dipanggil "mas".

    Gak, saya gak bilang jahat, cuma kejam aja. Tapi kalo memang sudah dendam yaaah mau dikata apa. Urusan pribadi.

    Hanya saja, saya sangat tidak suka sekali anda memberitakan seseorang telah "tiada" seperti ini. Mengganggu sekali.

    Terima kasih untuk sabtu malam sampai minggu subuh penuh misteri yg anda ciptakan. Postingan bro Hawkson ttg ini yg di share di Indonesia Mystery Forum. Sudah hampir 800 komen sekarang di wall itu. Awesome!

  1. Anonymous said...:

    MR.Questio : bagikan sebuah musuh yang tiba2x muncul akakaka..
    BTW if you need my help it'll be my pleasure..
    Dark will never die Let it live beyond the shine..
    ONE WORLD ONE FUTURE!!!!!

    By Aaron

  1. Mr. Questio said...:

    @Yana_ Maaf saya kira nama lengkap anda Suryana

    @Anonymous_ Saya bukan musuh tetapi seseorang di kutub berbeda. Ingat kalimat saya...!!!

    "Jangan mengikuti arus apalagi melawan arus, hendaklah kamu menciptakan arus baru" dan di arus baru itulah saya berada.

  1. Anonymous said...:

    saya penasaran sekali. . saya fans enigma juga. tapi biasanya saya tidak pernah berkomentar. hanya kali ini saya tidak tahan ingin ikut terlibat dalam misteri menghilangnya bg E. dan pendapat saya bg E sedang tersenyum menunggu para fansnya menemukan dirinya. .

  1. Anonymous said...:

    well well then...

    Tinta Merah, warna merah berarti api. Semangat yang tidak memudar. Sangat sesuai dengan artinya. Warna yang dapat menimbulkan ilusi noda mata jika terlalu lama memandangnya lalu memandang putih dengan pupil sendiri.

    Sangat sesuai dengan labor yang dilakukan sekarang, membuat ilusi tentang 'The Death Of Enigma'.

    Tapi yah, memang hanya hijau yang mampu mengalahkan merah (karena mereka berlawanan). Merah adalah Destruct sedangkan hijau adalah Cure. Poppy (atau entah siapa, Mr. Questio atau apapun boleh) adalah merah dan Enigma adalah Hijau, sementara orang lain adalah putih.

    Untuk Tinta Merah, ingat satu rumus warna ini : "Merah tidak akan bisa menenggelamkan Putih jika ada Hijau di sana."

    Mungkin ilusi anda memang berhasil, tappi janganlah meremehkan hijau - hijau lain selain Enigma. Mereka juga bukan orang - orang sembarangan yang akan mudah menelan ilusi Merah.


    Untuk tuan Hawkson selaku pemilik blog ini, maaf kalau kata - kata saya kurang sopan. Saya hanyalah sedikit dari sekian banyaknya pengagum Enigma yang (terus terang) merasa kesal dengan ulah berandalan yang menyebarkan kabar bohong tentang Enigma.

    Sekali lagi maaf, jika komentar saya tidak ditampilkan saya juga maklum karena komentar saya bernada rasis! Sekali lagi saya minta maaf, dan terima kasih sudah memberikan keterangan yang sebenarnya tentang situasi yang sebenarnya. Sukses untuk anda. :)


    from :
    Saint Knight
    Illustrator, Graphic Designer
    'Master of Colour HTML Code'
    (Specialist Vectoral Art)

  1. Anonymous said...:

    Saya percaya Enigma masih ada :)

    Thanks Hawkson.

  1. haryayogi said...:

    ya setidaknya saya sudah menganalisis tentang hal ini, bahwa memang bung E td ialah yg masih menjadi misteri, hingga ia sangkut pautkan kehidupannya yg misterius sm dgn nama blog yg ia bikin... kl di lihat dr sisi pandangan saya, sepertinya Mr. Questio adalah salah satu org yg dikenal oleh si E itu, sehingga ia membuat hal pribadi td diangkut ke public, hingga menyebabkan keributan yg tak beraturan... dan smpai ini sy juga msh belum yakin apakah memang satu puzzle terlepas dan diketemukan itu adalah benar2 bag. dari permainan papan puzzle itu?... saya masih ga yakin akan tulisan, tp saya ingin melihat sampai orang2 ini memberitakannya melalui sebuah kebenaran yg bukan hanya melalui tulisan tp juga dgn perantara lain... saya hanya berkoment dgn apa yg saya sudah analisis saat ini... dan saya tau posisi Mr. Q brd sama dgn posisi bung E... cuman seperti akan menusuk dr belakang bila kedok org yg mengacau itu akan sehera d ungkap ke publik...

    by Y.

  1. Lica Lawliet said...:

    wahai kau mister gaje~
    geregetan yah 'skenario' yg km buat ga dibls bro e sampe2 nge-email dy segala? :P

    bro e biasa aja tuh dibilang udh meninggal, toh ga bener... toh nnt juga pernyataan itu berbalik ke kutub yg berbeda.. huahaha~

    ohya, pernyataan ini :
    "Aku yg bikin akunnya tp pas mas E uda serius ama mbak via jd dia yg pake n update."

    bener2 tolol.. buat apa seorang bro e yg bisa ngurus blognya sendiri, ubah2 template & modif blognya minta tolong sm adik yg masih ababil gini?? pliss deh.. think logic.. :P

    truss~ coba aja kamu beberin identitas Bpk.I, S.Pd... haha! XD
    toh, bro e ga bakal kena ruginya...

    eh iya, trus itu 3 foto yg kamu lampirin tolong dicari yg lbh bgs dong.. itu foto 1 sm yg ke 2-3 beda jauh abis boOo~ anak 7 tahun jg bs liat bedanya.. masa anak yg 'katanya' umur 9 taun ga bs bedain? huahahaha! XD

    ohya, keliatannya kamu fans fanatik bro e yah.. dan, dy tenang2 aja tuh km bilang udh mati.. :P
    dan, rasanya mustahil dy mo bikin postingan buat nanggepin skenario ga berguna yg km bikin selama 4 bulan... haha!
    kalahin dlu ketenaran Nessie di sluruh dunia baru dy mo nanggepin! (mungkin :P)

  1. Haryadi Be said...:

    Koreksi dikit,..

    Mrs Mumu? waduuh..Title ini ntar bisa memicu konspirasi lain...ditulis Miss Mumu aja bro..

    @Mr Q:

    Anyway, email jebakan yang saya kirim ke Gea mendapat respon yang gk mutu.

    Lalu knp harus repot2 menelaah tulisan gajebo (4 bulan prepare?!! wadepak!!)gtu jika saya cukup bertanya dan dijawab jujur ttg keadaan Bro E yg sehat walafiat!?

    Klw begini model tulisan dari kutub lain yang kamu bilang the new style in indonesia, saya yakin teman2 IMFO lain mmpu mengarang cerita yang lebih bagus!

    Big Applause buat smw member IMFO!!
    Salam kompak selalu

  1. Karasu said...:

    Sudah Biarkan Bung E BerLibur Sebentar anggap saja haL ini seperti kasus Agatha Cristie

  1. Anonymous said...:

    to Mr.Q

    sejak awal warga IMFO sudah saling beradu argumen dan spekulasi saat muncul hal ini. bahkan seorang seperti saya yang notabene g bisa apa-apa masih memiliki dugaan kalau beliau masih hidup sebab anda memberikan kunci yang mudah ditebak bahkan oleh penggemar komik detektif sekalipun, yaitu kesalahan hari pada tanggal 08 agustus 2011.


    to H.B

    kata-katamu tentang warga IMFO keren sekali, hahaha


    to hawkson

    seperti kata H.B, mrs mumu sebaiknya diganti miss saja sebab yang berkepentingan belum menikah.


    desta bluedyst

  1. Anonymous said...:

    Apa benar Mr.Q itu ada. Jangan-jangan dia hanya karangan seseorang untuk menyelesaikan teka-teki ini secepatnya. Sebab ada kata-kata yang sepertinya disengaja untuk merendahkan blogger lain yang percaya akan Poppy. There are missing pieces in this puzzle

  1. Penghuni 60 said...:

    @Mr. Questio:

    haha, Mr Questio itu seorg pengecut, dia bahkan gak berani menampakan hidungnya...
    atw jgn2 dia gak punya hidung..
    wkwkwkwk...

    yg saya sayangkan terhadap Enigma, mana bukti respect dia terhadap penggemarnya?

  1. Penghuni 60 said...:

    @Mr.Questio:

    oke, saya akui saya korban yg kedua, tp ingatlah, bahwa saya jg menuliskan ada 1 % utk ketidakpercayaan. 1% itulah yg saya jadikan sebagai tameng...

    gak semudah itu membuat saya percaya 100%...

    dimanapun kau berada Enigma, dlm hati kecilku berharap engkau muncul kembali.

    to Hawkson: thanks for all...

  1. Gie Feardheta said...:

    HM..

    Pintu yg tidak terkunci benar dapat mengeluarkan orang serumah

  1. Anonymous said...:

    Uwais Spazio :

    menarik isi blog mu ini bro, tapi kalau misalnya dijadikan Novel si penulis misteri yg menjadi misteri, itu keren jg ya. so, skalian saja dibuat novel nya ^^

  1. Bung Rex said...:

    wow... seperti yang sudah saya antisipasi. tidak ada rumor seperti itu..bahkank nama Poppy saja sudah membuat saya ragu..kesannya gimana gitu

  1. Anonymous said...:

    If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now....

  1. Aldoryu said...:

    Thanks, Mr.Hawkson atas semua ini..
    Sekarang Kami Tahu Apa Yang Terjadi.

    Thanks Brother..
    Salam

  1. Juragan sipil said...:

    @Mr. Questio,... saya yakin anda bukan musuh :) Anda adalah seseorang yang berada di kutub seberang... anda adalah "lawan" dari para pemecah misteri. Artinya... anda adalah si pembuat misteri.

    Kasus pertama anda bisa dibilang sukses, karena hanya bisa dipecahkan oleh Mr. Hawkson.
    Apakah memang tujuannya seperti itu, Mr. Questio? Mengingat bung E sekarang sedang hibernasi?

    Congrats. :)


    Kami tunggu kejutan anda berikutnya.
    Kami akan mengakui kehebatan anda, jika anda bisa memancing Bung E keluar dari kandangnya... :)


    Mengenai dendam pribadi anda... Kami anggap itu sebagai bumbu :) Apapun risiko yang nantinya muncul di para korban anda, anda harusnya sudah siap dengan segala konsekuensinya.


    salam
    *bukan penggemar misteri

  1. Anonymous said...:

    @questio : lanjutkan. buat lagi misteri yang lain dan biarkan para pemecah misteri mengungkapnya.

  1. Anonymous said...:

    kriss'black

    @all: jangan terlalu percaya pada apapun dan siapapun sebelum terbukti kebenarannya...

    misalnya bisa saja bang E yang membuat skenario ini, dan bertujuan untuk menguji seberapa jauh kita menyikapi suatu masalah, setelah dia mengukur seberapa jauh tingkatan kita, dia akan lebih mudah dalam membuat berita sehingga semakin sedikit orang yang akan menyanggah fakta tentang berita tersebut....

    ingatlah "MAS ENIGMA ADALAH ORANG YANG SANGAT PINTAR"...!!!

  1. Anonymous said...:

    @mr Q :
    you know what..
    roman picisan...kasus yang anda angkat menjelaskan banyak hal tentang jati diri anda.
    seperti anak SMU yang kehilangan jati diri atau yah anak-anak usia awal 20 an lah.
    dan liat lah ke kaca,wajah anda yang keranjingan dengan hal yang menurut anda keren tapi TIDAK keren sama sekali.sekarang semua bisa di tebak.
    oke,..utk kasus kedua yang anda siapkan,..singkirkan semua sampah itu. saya tantang anda.

    ungkap siapa saya..berani?

    dalam tantangan pasti ada keuntungan dan kerugian.
    bila,..anda bisa mengungkap siapa saya,akan saya kirim 20 juta di akun rekening anda.ya,..saya serius 20 juta.

    tetapi ingat...bila anda tidak bisa ungkap,..yah,...
    kita liat saja,apa ganjaran bagi anda yang akan saya lakukan.

    anda merasa anda adalah orang yang hebat?
    ayo,..kita adu... "sisi lain" siapa yg lebih hebat,anda atau sy

    GOOD LUCK my friend...

  1. Anonymous said...:

    @mr Q :
    you know what..
    roman picisan...kasus yang anda angkat menjelaskan banyak hal tentang jati diri anda.
    seperti anak SMU yang kehilangan jati diri atau yah anak-anak usia awal 20 an lah.
    dan liat lah ke kaca,wajah anda yang keranjingan dengan hal yang menurut anda keren tapi TIDAK keren sama sekali.sekarang semua bisa di tebak.
    oke,..utk kasus kedua yang anda siapkan,..singkirkan semua sampah itu. saya tantang anda.

    ungkap siapa saya..berani?

    dalam tantangan pasti ada keuntungan dan kerugian.
    bila,..anda bisa mengungkap siapa saya,akan saya kirim 20 juta di akun rekening anda.ya,..saya serius 20 juta.

    tetapi ingat...bila anda tidak bisa ungkap,..yah,...
    kita liat saja,apa ganjaran bagi anda yang akan saya lakukan.

    anda merasa anda adalah orang yang hebat?
    ayo,..kita adu... "sisi lain" siapa yg lebih hebat,anda atau sy

    GOOD LUCK my friend...

  1. Anonymous said...:

    Salut buat Bro Hawkson.
    Kami disini selalu menunggu bro Enigma kembali.

  1. Military Zone said...:

    Akhirnya Misteri terpecahkan...Good Job Bang Hawkson empat jempol buat anda (hehehe)buat Mr.Questio gila ampe kepikiran buat ide kaya gitu,tp ada sisi positifnya jg lah, jd buat Bang E membuat klarifikasi,untuk Bang E saya penggemar berat blog anda,kapan update blognya lg Bang E.Terima kasih buat Bang Hawkson salut buat anda

  1. Linus Tua said...:

    jebakan betmen ternyata.
    Bro. Enigma selalu menyapa orang-orang yang tulus. dengan cara2 misterius tentunya, termasuk menjadi seorang Anonymous.

    @Bro.Haryadi Be
    #tepok jidat XD XD

  1. Anonymous said...:

    @penghuni60 dan juragansipil

    anda sekalian ingin melihat Enigma, cermati kalimat/komentar diatas Aldoryu anonymous itu adalah Enigma.

    desta bluedyst

  1. Anonymous said...:

    Apa yang saya katakan dengan skenario panjang adalah benar, karena yg disebut "mas Fent" ada di kehidupan nyata dan dialah yang saya maksud sebagai Korban Pertama sekaligus sebagai pembuat Blog Tinta Merah. Karena tokoh Poppy pun pernah berwujud nyata.

    Kasus ini memang kasus pertama saya di blog karena yang sebelumnya saya ciptakan di situs lain. Dan anda semua perlu tahu, saya tidak keberatan mengeluarkan modal banyak demi 1 skenario. Bahkan saya pernah membayar beberapa orang demi membuat vidoe hoax. Ada sisi kepuasan lain yang saya dapatkan.

    Untuk kasus lainnya saat ini sedang berjalan di kaskus

  1. Ax 10251 said...:

    @tinta merah, Mr. Questio :

    untuk selanjutnya, lebih baik anda pake identitas berbeda.

    publish di lintasberita.com infogue.com dan kaskus.

    Hahaha ^.^

  1. Anonymous said...:

    Sangat mengingatkan saya akan episode
    Bakuman dimana Ashirogi Muto melawan Namatame

  1. Anonymous said...:

    Jd ini aksi si berandalan Questio ini. Saya dapet email yg sama dgn Bang Hawkson mungkin saya yg menurutnya korban pertama tp spertinya dia mancing saya

    Oke Mr.Q skenario lo mungkin keren buat lo, tp buat gw gak ngaruh n maaf gw bkn CPNS,bkn jg sarjana bahasa. Jd silahkan aja lo beberin identitas gw. Gw gak bkl ikutin prmainan lo, apapun dendam lo ma gw. Yg gw gak suka knp lo nymbung2 kluarga gw.

    Buat bang Hawkson yg punya blog. Maaf bila ada kata kurang baik. Saya kesel jg lewat email gak d bls.
    Sebelumnya makasi udah nutupin nama saya. Gak tau ni orang tujuannya apa...

  1. Anonymous said...:

    baru beres nyimak!

    ini hanya opini aja, bukan untuk menjatuhkan pihak manapun. tp menilik dari kronologi & skenarionya, walaupun (sepertinya) ada indikasi 'memisterikan' misteri, selama itu masih dalam konteks misteri, good job lah buat semua.

    so, siapa yg cari reputasi, siapa yg misteri, or siapa yg fiktif, who knows? ada kalanya kita ga peduli. yang kita peduli artikel bermutunya. jadi kita tunggu artikel2 misteri berikutnya.

    thanks berat buat blogger atas artikel2 n analisa2nya.

    fans blog misteri

  1. Anonymous said...:

    kok gambarny ga kbuka y?

  1. Good job for bung Hawkson

    emang tuh org kayak nya mo jadi Arsene Lupin (musuhnye Sherlock Holmes) dunia maya tuh. Kalo gw jadi lw ane pasti dah samperin tuh org bersama para bonek, FPI, dll buat dihajar wkwkwkwkwkwk

    Tp btw nih gw berhasil mecahin clue yg dibuat si doi tuh:

    1. Bagaimana cara kerja saya?
    Melihat, mengenal, merasakan.

    Jawab:ya memang itu jawabannya

    2. Siapa Poppy?
    Satu lembar kertas untuk melihat dan mendengar nyanyian kembang api sudah cukup

    Jawab:yg pasti mrpkn tokoh karangannya

    3. Kenapa ia begitu lincah berkelit baik di email maupun di telephone?
    Kadang 2=1 tapi kadang 1=2

    Jawab:maksudnya dapat menggunakan 1 acc dalam 2 alat (tlpn & email) serta 2 acc dalam 1 alat (tlpn/email) secara bergantian tentunya

    4. Kenapa saya menggunakan nama Poppy, padahal nama wanita lainpun banyak?
    ingat masa kecil anda yang manis.

    Jawab:maksudnya Poppy adalah kata lain dari Puppet yg artinya boneka yg berarti merupakan 'mainan dalangan'nya doi

    5. Kenapa Mas Fent begitu takluk terhadap Poppy?
    Sebuah perasaan besar mampu menutup realitas

    Jawab:ya memang itu jawabannya

    6. Apa modus saya menyebar berita ini?
    Demi judul film Transformer saya menjadi tokoh film Batman.

    Jawab:artinya ia ingin buat sebuah jebakan (Batman) di internet (Transformer)

    7. Siapa sebenarnya orang yang ada di dalam foto?
    Pintu yang tidak terkunci dapat mengeluarkan orang yang serumah

    Jawab:artinya dia dapetin tuh foto (org serumah) hanya dari hasil penelusurannya di Google Images (pintu tidak terkunci)

    8. Terakhir, Kenapa saya memberikan clue ini sekarang?
    Bukan makhluk kriptid jika manusia bermata banteng.

    Jawab:artinya clue tersebut (makhluk kriptid) doi munculin setelah ada yg berhasil bongkar misterinya (manusia bermata banteng) dan yg mrpkn pembongkarnya adlh lw Hawkson

    Sekian dari saya, sori saya gak berminat jadi pemecah misteri lebih lanjut soalnya ntar takutnya si doi ngincer gw juga buat jadi korban keusilannya dia. Mending gw jadi pemecah kaca aja. wkwkwkwkwk

  1. Akwkw, Panjang Amat Artikel Nye , Di Tambah Komentarnya Lagi .. Peninggg Bacanyaa

  1. Anonymous said...:

    ini sih nmany .... kamu yang memanfaatkan "menghilangnya E" untuk menaikan rate blog kamu wadew

    Semua yang kamu tulis termasuk beberapa coment adalh palsu

  1. Anonymous said...:

    Mr. Questio ad dendam pribadi sm Bro En, emang pacarny Mr. Questio direbut sm Bro En ya? hahahahaha

  1. Anonymous said...:

    nih orang2 pd ngapain sih?????

  1. Anonymous said...:

    werlington
    apaan nih orang2. ngeributin yang gak penting.
    siapa dia,orang mana,mukanya kaya apa,masih idup or meninggal gak usah di ributin deh kayanya namanya juga "enigma" biarlah apa adanya jadi misteri.
    trus orang yang mau attack hawkson lebih parah lagi tuh psikopat kali yah ? gak usah segitunya kali...
    buat agan hawkson moga aja gak kepancing nih,soalnya itu banget yang di incar dari anda ;)

  1. Anonymous said...:

    Popy itu apa benar ada n ketemu abang??? kok diparagraf awal katanya umur nya 20 Tahun,terus di bagian akhir abang nyebut popy seorang anak berumur 9 tahun???? mana yang benar??? Jangan-jangan semuanya rekayasa abang dan bung enigma sendiri supaya biar dibilang tambah misterius......

  1. Anonymous said...:

    hm....
    saya suka baca blog bang E
    tp saya ga pernah comment di blog nya
    saya suka dengan Blog bang E
    misteri" yg asik" untuk di baca dan gampang untuk di mengerti
    tinta meraH? hanya orang yang iri terhadap bang E
    Mr.Hawkson thx bwt info yang anda kasi
    soal na saya udah dari 21 july trs menunggu postingan dari Bang E
    sekian dari saya
    :) semangat trs Mr.Hawkson

  1. Anonymous said...:

    werlington
    bang nih ane punya curiga foto mata kiri bang enigma mirip ariel !!!!
    ENIGMA=ARIEL=ENIGMA
    coba aja ...
    hahahahhaaha

  1. Anonymous said...:

    Ya jg ya mirip aril. Moga aja asimilasi akan mengembalikan enigma..

    (rani)

  1. Anonymous said...:

    Jdi yg nmanya poppy itu umurnya 20 atau 9 thn? Trus apa si poppy itu nyata? Saya jadi tambah bingung :|

  1. Anonymous said...:

    Great Job Mr. Hawkson...
    Jujur, agak rumit permasalahn ini menurut saya... (mungkin karena daya analisa saya yang belum terasah)
    saya gemar blog misteri semenjak membaca blog The Noock (yang sudah mengundurkan diri dari dunia blog misteri). menurut saya dia satu tokoh populer Blog misteri Indonesia.
    Syukurlah Bung E tidak apa2.. namun postingan bung E sangat diharapkan oleh penggemarnya... semoga lekas kembali berkarya...
    God Bless...

  1. Anonymous said...:

    mohon maaf,tapi setelah saya cermati tulisan diatas,saya beranggapan bahwa,tokoh mr quito,poppy atau lainnya itu tidak ada,semua itu hanya diciptakan ole mr hawkson sendiri buat menaikkan reputasinya.klo masalah bro enigma munking dia ke luar kota yg tdk mempunysi akses internet atau beneran meninggal

  1. MeGaTrooN said...:

    wah'

    keren banget nhe perdebatan...
    tapi kenapa bung enigma gk ngurus pagenya lagi???

  1. MeGaTrooN said...:

    wah'
    ene semakin asik ajh...
    gw suka banget sama nhe misteri...
    mas...
    coba jelasin misteri tentang Jack The Ripper donk...
    <<< butuh penjelasan...

  1. Anonymous said...:

    semua yang ditulis diatas hanyalah fiktif dan semua nama2nya hanyalah karangan belaka.. Kalo anda tetap percaya , terserah anda.. Saia mah emoh di bego2in..
    Enigma has gone.. Believe it !

  1. Indra Darmawan said...:

    kk hawkson blh tukeran link gk?
    http://mistery-of-theworld.blogspot.com/

    makasih kl dah beesedia mau
    thx

  1. wise_new said...:

    @megatron,...
    bung E pernah nulis 2 artikel terkait JTR, coba you baca...
    aq kira belum ada temuan baru pd kasus bloody whitechapel itu......

  1. Idho swasta said...:

    Ataukah ini merupakan rencana kak Mr.Hawkson dari awal untuk menyejajarkan diri dengan Bang E atau Bang E dan Mr.Hawkson merupakan suatu tokoh fiksi yang di buat oleh satu orang??
    Ataukah ini merupakan olah dari seseorang yang membuat sandiwara terbesar dalam sejarah blog misteri ??

    hehehehheeh ane masih belum bisa mempercayai semuanya :)

  1. Johan Krauss said...:

    For Mr. Questio, plan anda sangat keren, saya sangat salut. Tapi lebih keren lagi kalau plan anda berjalan lancar, Nice job buat Mr. Questio A.K.A *************
    "Tunggu kejutan lainnya"

  1. Anonymous said...:

    @idho swasta
    kl ada konspirasi antara bung E & bung Hawkson bs saja,
    tp kl bung E & bung Hawkson 1 org...rasanya g sih.....lha.... bung Hawkson terasa lebih emosional drpd bung E, dr pilihan kata & kalimat, bung E terasa lebih tua drpd bung hawkson (hehehe....sok tau)sory bro...cm becanda.....

  1. Anonymous said...:

    mr. q, teman2 yg pro & kontra, apa tidak sebaiknya qt berkarya scr positif drpd saling menjatuhkan dan memprovokasi sesama blogger,
    aq kuatir hal ini bs berkembang jd saling fitnah dan balas dendam...

  1. Jadi intinya enigma itu masih ada yaa? :)

  1. WNZ said...:

    Menunggu Misteri Terbaru....




    Salam
    *Penggemar Misteri*

  1. Anonymous said...:

    aq rasa siih ...

    smua ntuh adlah permainan ..
    dmna si mr.Que adlah tmen lamanya Bung E ...
    bsa saja dia mngenal data pribadinya dan membuat crita HOAX tentng data privatenya bung E ...

    ingat satu kalimnat ..
    "Tmen dket anda bisa menjdi THE BIG ENEMY in your world"

  1. Anonymous said...:

    Ini sepertinya murni balas dendam bro n sist. Saya korban pertama dan ancaman Questio kpd saya memang dilakukannya. Jangan sampe ada pandangan miring terhadap Bang Hawkson. Kalo perlu nanti saya klarifikasi lebih jauh kalo misalnya saya udah dpt kesimpulan tntang siapa Questio. Sekarang ini masih terlalu banyak spekulasi. Please keep on peace

  1. Anonymous said...:

    grookkk ngantuk

  1. Anonymous said...:

    @korban pertama
    kl boleh saya menyarankan, anda jgn terpancing komentar2 di atas, sebaiknya selalu mengamati saja, anda jangan posting apapun .... karna akan.......
    kalau bs lakukan serangan 1 pukulan mematikan......
    mohon maaf kalau saya kurang sopan,

    salam

    warga kutub
    misteri solver....
    (walaupun g bs apa2)

  1. Anonymous said...:

    @korban pertama
    kl boleh saya menyarankan, anda jgn terpancing komentar2 di atas, sebaiknya selalu mengamati saja, anda jangan posting apapun .... karna akan.......
    kalau bs lakukan serangan 1 pukulan mematikan......
    mohon maaf kalau saya kurang sopan,

    salam

    warga kutub
    misteri solver....
    (walaupun g bs apa2)

  1. nmimagine said...:

    gue mulai mikir kalo ampir satu tahun Bung Enigma ga ada post baru, karena dia lagi "LIBURAN"?????

    hahaha, cuman rekaan, kalo emang bener, berarti lagi hoki....

  1. Anonymous said...:

    yg jadi misteri buat saya justru kenapa bung E berhenti menulis? setelah membuat fans bung E pada fly tiap malam pada akhirny fans dicampakan begitu saja

  1. Anonymous said...:

    for bro hawkson :
    bro, di kaskus ada heboh krn ketamuan ama henry sucipto, dkk
    apa mungkin ada hubungan ama rencana mr. Q,....

    thx...

  1. Anonymous said...:

    hebat sekali mr.hawkson. Semua kagum atas kehebatan anda. Anda adalah yang terbaik. Mungkin anda lah satu-satunya orang yang cocok menjadi penerus enigma.

  1. Anonymous said...:

    menurut saya sii "Poppy" ini merupakan salah satu penggemar atau 'orang dalam' dari blog misteri Enigma deh. dari clue yang dikasih mungkin dia bekerja secara berkelompok seperti yang dikatakannya "kadang 2=1 tapi kadang 1=2". Bisa dibilang juga dari clue no. 1 "Melihat, mendengar, merasakan" dapat disimpulkan bahwa Poppy merupakan salah satu pengikut blog Enigma.
    Lalu kenapa dia memberikan clue ini kepada kita? dia pasti ingin 'keberadaannya' diketahui oleh penggemar Enigma. sehingga dia dapat memerankan peran 'Joker' dalam IMFo. Ini menurut saya lohh.. hehe:)

  1. Anonymous said...:

    clue yg saya tangkap dlm cerita misteri ini:

    Jogja
    misterius
    Transformer
    cari sensasi

    wow... REACTIVATOR dalam darah pelangi saya ikut tergelitik, seperti pantulan dari trooper helmet dalam kotak bujur sangkar berukuran amartya kosong dikali 2

    mudah-mudahan Mr.Q paham dengan maksud saya diatas :)

  1. Anonymous said...:

    clue yg saya tangkap dlm cerita misteri ini:

    Jogja
    misterius
    Transformer
    cari sensasi

    wow... REACTIVATOR dalam darah pelangi saya ikut tergelitik, seperti pantulan dari trooper helmet dalam kotak bujur sangkar berukuran amartya kosong dikali 2

    mudah-mudahan Mr.Q paham dengan maksud saya diatas :)

  1. Anonymous said...:

    adalah hak seseorang untuk menampilkan diri sbg apa...
    adalah hak seseorang untuk tidak memposting apapun.....
    apa tidak sebaiknya qt hormati hak bung E untuk tidak memposting apapun ataupun komentar sebagai apapun...
    tidak seorangpun boleh memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu.
    menulis atau tidak menulis adalah hak yang harus qt hormati.

    wassalam

    wong elek

  1. Sapi said...:

    ealah... knapa kok sampe begini sgala!!
    enigma aja di urusin !
    g penting ! urus diri sendiri aja ndak bisa !
    sudah urus orang lain

  1. Anonymous said...:

    so mystery creator and mystery solver...
    great..
    like black and white,dark and light, fire and ice.
    they fight each others.
    but i choose Mr.Hawkson to win this battle..
    Good Luck For you Mr.H
    you're MR.E generation...
    and for MR.Q..
    i just want to see you're next trap for Mr.H..

  1. Anonymous said...:

    jujur ya artikel di atas sangat membingungkan(contoh: umur poppy) kurang simpel, terlalu bertele2 & terlalu di dramatisir. Ending terakhirnya jg rada ga jelas & seolah2 menggiring opini pembaca kalau penulis "hebat" bisa memecahkan misteri. Disini letak kekurangan hawkson dr bung E yg sangat low profile.
    Dan lucunya comment2 yg memuji2 penulis di flood ampe 3x. Ntah apa maksudnya..

    Jadi saya malah menduga cerita di atas hanya karangan penulis untuk menarik minat pembaca yg "mungkin" terkesan dg cerita konyol di atas.

    Sekian & terimakasih.

    #Enigmania.

  1. Dann Dee said...:

    Bang Hawkson tukeran link back ya..
    ini link saya..
    http://thesteno.blogspot.com/


    SALAM IMFO..
    Thanks..

  1. ubur2onda.spot said...:

    Luar biasa!!
    Saya baca dari awal posting sampe komen-komenannya, it's ABSOLUTELY AWESOME...
    Mau questio...
    Mau hawkson...
    Dan semua komentator yang ikutan menganalisa (bukan yang cuma NATO) ..kalian luar biasa...

    Tapi saya tetap tidak bisa percaya, siapa yang berani jamin postingan bung hawkson kali ini(even ada screenshot imel) benar2 nyata. Bagaimana kalau ini memang kasus yang dibuat skenario sedemikian rupa. Singkatnya konspirasi diatas konspirasi. Modusnya apa? Tanyakan pada sutradaranya.
    Karena kalau sebuah konspirasi terjawab, artinya itu bukan konspirasi.

  1. Anonymous said...:

    Blm ada postingan baru bang? Request donk masalah reinkarnasi, di india kan udah ada buktinya. Gimana tuh? Questio mulu, bosen ane. Pasti bangga bgt tuh org diprhatiin

  1. hawkson said...:

    @Anonymous:
    Reinkarnasi sudah pernah saya tulis. Cek: http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/09/memahami-fenomena-reinkarnasi-dalam.html

  1. Daud said...:

    haha...setelah saya baca posting di atas menurut saya agak ganjil.

    1. Saya tidak percaya komentar yang menggunakan anonymous adalah bung E.

    2. umur poppy yang sebenarnya berapa? dalam penjelasan awal, anda tidak menceritakan soal umur poppy, tetapi anda hanya menjelaskan ciri2 poppy yang di samakan dgn remaja lain pada umumnya. tetapi pada penjelasan screen shoot email balasan dari bung E, anda menuliskan umur poppy adalah 9 tahun. saya kutip;

    "Saya langsung mendapat balasan langsung dari email beliau dan tentu saja, bukan berisi tentang anak gadis berusia 9 tahun bernama Poppy."

    mana yang betul?? jika poppy lulus sma pada 2009 berarti umur poppy bisa di perkirakan sekitar 20 tahun. so 9 vs 20 mana yang betul???

    yang berikutnya saya rasa mister questio hanya imajinasi yang anda ciptakan sendiri. email yang dikirimkan questio ke pada 4 orang diatas sangat mengada2 dan terlalu berbelit2 dgn menggukan istilah2 yang belum tentu semua orang paham maksudnya. dan saya yakin hal itu anda buat hanya untuk menambahkan nilai misteri saja dengan kata2 istilah yang kurang jelas. contohnya dari potingan anda yg saya kutip;

    "Dan clue yang saya maksudkan adalah sebagai berikut
    1. Bagaimana cara kerja saya?
    Melihat, mengenal, merasakan.

    2. Siapa Poppy?
    Satu lembar kertas untuk melihat dan mendengar nyanyian kembang api sudah cukup

    3. Kenapa ia begitu lincah berkelit baik di email maupun di telephone?
    Kadang 2=1 tapi kadang 1=2"

    saya jadi ingat permainan detektif yang pernah saya baca, cara mainnya, penulis akan menggunakan istilah2 yang rumit dan kita harus menangkap maksud dari istilah2 terbut yang tersembunyi pada gambar.

    berikutnya kenapa poppy tidak memberikan bukti yang kuat saat bertemu dgn anda. jika dia (poppy) memangg benar keluarga/adik bung E, dia tentunya akan membawa seseorang yang dapat memperkuat pernyataannya bahwa salah satu anggota keluarganya baru saja meninggal dunia. dan menunjukan bukti2 barang peninggalan bung E. yaitu laptop dan hp sehingga bisa menjadi jaminan bahwa dia (poppy) berkata benar. dan jka poppy tidak ingin identitas asli kakanya di beberkan dia bisa meminta anda untuk tidak memeberkan indentitas sebenarnya dari mr.E.

    di dalam dunia maya kita tidak akan saling mengenal keperibadian dan kehidupan masing2 yang sesungguhnya (kecuali anda mampu melacak ip pengguna dan menemukan lokasinya). sehingga tidak menutup kemungkinan yang paling buruk sekali pun bisa terjadi pada siapa saja dan kita yang hanya sebatas kenalan di dunia maya tidak mungkin tahu keadaannya sekkarang.

    dan untuk mr.questio/siapapun yang menjadi mr.questio, simak ini baik2;
    "STOP FUCKIN' say to BLOGEER LIKE THAT AGAIN."

  1. Anonymous said...:

    wowww saya merasa sedang terlibat dalam kasus yang diperankan oleh Sherlock Holmes & Dr. Watson untuk mengungkap kebenaran yang sesungguhnya nih . . . .

    Good Job Mr. Hawkson !! :D

  1. Anonymous said...:

    Fakta lawan fakta susah di bedakan.
    Kata lawan kata sulit di bedakan,
    Huruf lawan huruf payah di bedakan. .
    Gitu aja kok repot.
    Yang jelas bang E lagi gak mood ngeblok.

    Gimana kalo post ini hoax,
    Muder kalian semua. .

  1. hawkson said...:

    @Daud:
    Berbicara panjang lebar seperti itu intinya anda sama sekali tidak mengenal Enigma kan? Anda tidak kenal saya dan juga sahabat blogger misteri lain. Serta bagaimana 'kedekatan' dan akses komunikasi antara kami. Saya ralat tentang umur poppy, sebab saat saya tulis postingan ini saya terlalu emosi dan bersemangat. Tapi apa yg di tuturkan diatas tentang Enigma serta komentar beliau bersama bukti SS emailnya itu adalah asli dari Enigma sendiri. Percaya atau tidak, apa yg saya ungkap adalah kenyataan.
    Terima Kasih Komentarnya.

  1. Anonymous said...:

    semoga saya salah, saya merasa komentar2 mengarah ke prasangka negatif walaupun yg disangka positif jg belum tentu positif.......

    mari kita lebih dewasa dan bijaksana, mohon hargailah privasi seseorang.
    hanya gara2 bung E g posting bs jd spt ini ck..ck..ck...
    aq berharap g berkembang jd saling fitnah......

  1. MeletekdeweK said...:

    Hahahahah....enigma yah....tokoh favorit saya juga tuh, tapi mudah banget ditebak yah...Mr. Hakwson, poppy, atau siapapun anda, anda adalah 3 orang dalam satu tokoh...kenapa? 1. penjabaran cara anda mengungkap kasus enigma wafat atau nggak terkesan berhenti ditengah2 dan tiba2 anda sudah dapet email klarifikasinya, 2. Pujian enigma terhadap anda terlalu berlebihan, 3. semua gaya bahasa anda baik sebagai popy, sebagai hawkson maupun sebagai enigma yah sama.....blow job eh good job

  1. Anonymous said...:

    kak Hawkson, saya mau tanya. tolong dijawab jujur ya... apakah kak Hawkson tau identitas asli kak enigma?

  1. Anonymous said...:

    Bro hawkson, saya mau nanya masalah numerologi angka 23 itu benerr gag sich? Soalnya saya sendiri ngalamin n bnyak saya baca jg pngalaman org. Coba kupas bro, kali aja film jg trinspirasi dr kisa nyata

    Salam arek suroboyo (dimas)

  1. satu pertanyaan yg muncul setelah saya membaca posting ini,

    Mungkinkah Hawkson juga memanfaatkan kekacauan ini untuk meningkatkan popularitasnya agar sebanding dengan Bung E?

    Perlu kita ingat, Enigma adalah blogger misteri murni, yg artinya, identitasnya adalah sesuatu yang sangat dia rahasiakan, seperti halnya misteri itu sendiri.

  1. Anonymous said...:

    semua kecurigaan ini bukan alasan anda lama tidak update misteri kan, bro hawkson?

  1. Anonymous said...:

    hawkson sahabatku..misteri belum terpecahkan

  1. Lazzo Adi said...:

    Wuihhh, rame neh dsni.
    Tau gini tadi gw ksini bawa minuman 'n snack aja, lumayan sambil baca bisa jualan sekalian.
    Yang haus, yg hauuussss....
    Gw gak ngerti pa yg kalian perdebatkan, dan utk apa.
    Gw cuma lewat, namun tergelitik bwt comment.
    Apapun yg kalian ributkan, mski dgn alasan 'mengungkap kebenaran', ttap saja 1 arah : SENSASI!
    Udh ah, gw lanjut jualan lg.
    Kacang, kacaaaanggg...
    Tissu, tissuuu...
    Yg haus, yg hauuusss....
    :D
    - Jgn hack FB gw, gr2 gw comment y? Hahaha... -

  1. Anonymous said...:

    gue semakin geram...kenapa sih tega2nya seseorang memberitakan seseorang lainnya meninggal..
    @lautan kata....saya yakin bung hawkson tdk mencari popularitas...namuan dia dgn sepenuh hati mencari kebenaran...

  1. Anonymous said...:

    Jadi inti dari semua ini apa? No body knows, mending buat kasus baru..

  1. Anonymous said...:

    cba jawab,knpa enigma g posting lagi,g mngkin bgi dy khabisan mistery kan....enigma nggak pernah ngsih postingan yg g ad ksimpulannya
    knpa dy g mw memperjelas mistery hilangnya enigma...
    Relakan kpergiannya
    Nb:screen shot gampang d rekayasa
    Newby....

  1. numpang izin ya bang hawkson, saya ngambil backlink abang dn mencantumkan nya di artikel saya mengenai kebenaran menghilangnya penulis blog enigma, saya gak copas tulisan nya, tapi cuman masukin link abang aja,

    silahkan lihat di http://bocahiblis.blogspot.com/

    sekalian mampir ya bang, dan juga terima kasih atas info abang, sekarang hati saya sudah tidak bertanya tanya lagi ke mana menghilang nya bang E yang menjadi sumber inspirasi saya.

  1. Wong Jogja said...:

    Setelah membaca seluruh artikel yang dibuat oleh bang "H" beserta seluruh komentar yang ada, saya berhasil menganalisa permasalahan yang ada dan menarik sebuah kesimpulan, namun analisa yang saya buat tidak dapat saya tuliskan disini karena berbagai macam alasan..

    Sepertinya bang "H" ini sedang "GALAU", hehehe..
    Sudahlah bang! Masalah pribadi jangan diangkat kepermukaan!
    Kasian pecinta blog misteri lainnya..
    Memang betul ini masih menjadi misteri bagi sebagian orang, tapi bukan misteri seperti ini yang kami inginkan, masih banyak misteri-misteri lain yang belum terpecahkan..

    Buat bang "E" gak usah terpancing bang!
    Tunggu saat yang tepat untuk tampil kembali, hati2 dalam bertindak, cukup satu kali pukulan namun telak.. :D

    Mohon maaf kalo ada kata2 yang kurang berkenan..

    Salam dari Jogja.. ^_^

  1. Anonymous said...:

    Bang E lg ke inggris nyari crop circle kali ya :p

  1. Anonymous said...:

    Hawkson = poppy = Mistr Questio


    merka orang yg sama... jgn terkecoh kalian


    by ChuLiuXiang

  1. Riez said...:

    Saya punya pertanyaan,sejak kapan kalian berkonspirasi? Dan kapan kalian akan mulai kembali membuat entri baru,saya kangen nih?
    link to my blog:
    HTTP// WWW.Riez -realm.Blogspot.com

  1. Anonymous said...:

    kenapa jadi gini sih?!! apa salahnya enigma?? kok jadi dipermainkan gini ceritanya?!

    @Mr.Questio : jangan sok penjahat misterius gitu lah! ini bukan dunia detektif conan. kayak penderita ***** aja :D

    Crypto_Beats

  1. Anonymous said...:

    ni pesbuknya enigma
    facebook.com/enhaq

    disitu ad potonya,bs dicocokin
    orgnya msh hidup,dia lg sbuk maen trading

    org msh hidup dibilang mati,
    wuuuuuuu.....

  1. Anonymous said...:

    untuk menjadi misteri yang abadi memang perlu pengorbanan seperti menghilang tanpa jejak. tapi gw pikir bung e terlalu cepet ngilangnya. tapi gak ap2 lah hak bung e kok. #kecewa aja

  1. Anonymous said...:

    The Good Bloger is famous, but the Great One is Anonymous ,,!!


    -Ivan-
    *penggemar mistery

  1. Anonymous said...:

    @enigma : Saya sangat terkesan dengan daya analisa anda, tetapi sangat disayangkan...dari beberapa tulisan anda tampaknya anda sangat mendukung dan percaya sekali dengan teori evolusi darwin dari sisi manapun. Apakah anda dapat menjelaskan dari satu makhluk bersel satu bisa menjadi seorang manusia yang super lengkap dan sempurna yang sebelumnya tampaknya dengan 'pasrah' bahwa manusia adalah salah satu dari evolusi primata. Mata manusia saja mempunyai struktur biologi yang sangat rumit, apakah anda percaya juga ini juga berawal dari makhluk bersel tunggal ?? Mohon anda kaji lagi mengenai keyakinan anda, walaupun teori evolusi sudah menjadi semacam 'agama' untuk anda.

  1. Anonymous said...:

    saya yakin klo semua ini cuma skenario buatan teman2 bung E (termasuk hawkson) dan bung E sendiri. jadi tinta merah itu buatan mereka dan Mr.Questio cuma tokoh fiktif ciptaan mereka juga.

  1. Anonymous said...:

    utk semua yg mencurigai hawkson sebagai mr questio coba baca nieh

    apakah lucu seorang pengupas misteri mengupas misterinya sendiri

    apakah jika hawkson misalkan mengupas misteri lochness lalu kalian bilang bahwa yg bikin misterinya si hawkson

    itu saja renungan yg bisa saya berikan

  1. Donie said...:

    Bro ane ada satu pertanyaan yg sangat mengganjal nih, kan bro sempat ketemuan sama si poppy di konsernya katty pery? itu siapa? apa dia si Mr.Questio?

  1. Anonymous said...:

    apa yang kalian dapatkan dari semua ini?

  1. Anonymous said...:

    mana neh klarifikasi dari hawkson sendiri... ckckckckck


    by ChuLiuXIang

  1. WorldPeace said...:

    ijin promosi blog gan

    http://worldpeace8281.blogspot.com/

  1. emon gundul said...:

    well, saya agak pusing ngebaca ini
    apapun itu, mengutip salah satu komen (maaf, lupa komen siapa)
    "menulis atau tidak menulis adalah hak masing2"
    kalaupun Mr. Q memang memberikan tantangan pada Mr. E dan diterima, sehingga salah satu implikasinya adalah Mr. E jadi 'vakum', ya itu hak mereka. Kalaupun memang Mr. H menjadikan topik ini untuk menaikkan rating blognya, juga apa salahnya
    bukankah setiap dari kita (blogger) boleh melakukan apa saja untuk menaikkan rating blog, mulai promosi di social network, sampai copas artikel orang (boleh, tapi itu sangat tidak elit)asalkan tidak merugikanorang lain

    jujur saja, saya salut sama orang2 di sini, yang masih aktif berpikir dan menganalisa 'misteri' ini
    dan alangkah hebatnya lagi,kalau masing2 kita nggak hanya mampu berkomentar dan omdo aja, tapi juga mampu berpikir kritis dan beraksi praktis dalam berbagai 'misteri' dan permasalahandi dunia nyata
    salam damai

    si gundul
    dinisked.blogspot.com

  1. Anonymous said...:

    intinya?

  1. Benedictus said...:

    gan serius ini beritanya... tolong di kasih foto dan barang bukti lainnya... buat saya kalo sekedar tulisan dri e-mail kurang bukti.... saya banyak belajar dari bung E dia gak pernah mau ngambil kesimpulan kalu tanpa bukti yang kuat..... kejanggalan yg saya tangkap... commet dari poppy pada bulan agustus tidak ada.... hal yg paling mudah....

    dan satu lagi gan.... maaf Bung E sudah banyak mengajarkan kami untuk melihat sebuah masalah dari semua sudut pandang.... kalo emang anda mengenal Bung E anda pasti tau bagaimana dia menajabrkan sesuatu masalah.... so fans bung E sudah terlalu banyak bung... jadi anda tidak bisa main2 dengan kami....

  1. Anonymous said...:

    aku curiga sama lica lawliet, sepertinya dia bagian dari konspirasi juga...

  1. IGUN said...:

    POPPY tu cantik nggak? hehehe peace GUYON kali bang ENIGMA LG SIBUK KALE....

  1. Hail SS Draconis said...:

    kikiki, entah apapun yang sebenarnya terjadi, benar2 kasus yang menarik. Well then, semua ga usah berdebat, kita liat aja apa yang akan terjadi berikutnya. Chaos flows in human life, so let's see, how far this story can be more, and more chaotic, kikiki

  1. Anonymous said...:

    qta bgsa yg pntr...
    knp hrz brmshan...
    mndg kpntran qta ini d gnakan u/ hal2 yg brgna...

  1. Anonymous said...:

    "kadang 2=1 tapi kadang 1=2"

    Bisa Jadi bung E sendiri dalang ceritanya...

  1. Anonymous said...:

    misteri terpecahkan! thanks to mr. hawkson. Akhirnya terungkap juga. kalo di ingat kebelakang waktu kasus belum terungkap lucu juga,ada yang bilang bung enigma diculik alien =))

  1. Anonymous said...:

    cuma berharap bung E yang lagi liburan bisa segera nulis artikel lagi
    ^_^

  1. badminton.area said...:

    nice!
    cari sensasi aja poppy itu

    btw,kapan.bung e post artikel baru?

  1. Anonymous said...:

    u know Mr.Hawkson,
    saya merasa kalau orang yg bernama Mr.Questio itu hanyalah tokoh karangan yg anda buat,tidak ada bukti kan kalau Mr.Questio itu benar2 ada,jujur saya kecewa terhadap anda Mr.Hawkson,saya adalah penggemar berat anda,dan menurut saya anda sudah cukup populer tanpa harus membuat lelucon seperti ini..

  1. hawkson said...:

    @Anonymous:
    Sekali lagi saya tegaskan, saya bukan Mr. Questio atau siapapun itu. Untuk apa saya mengarang cerita yg cukup rumit seperti ini. ? :)

  1. hawkson said...:

    Oh iya, jika ingin berkomentar, baca dulu komentar2 sebelumnya ya.. Diantara org2 yg berkomentar diatas, beberapa adalah org yg kredibel loh. :)

  1. mr.goodboy said...:

    great . . .
    mr hawkson ,bgaimana anda bisa memecahkan misteri ini dan membuat tulisan yang serumit itu dengan cerita yang panjang dan rumit.


    kalo masalah percaya apa enggak aq masih 75 % blum sampe 100 %. . .

    aq hrap anda gg mmbual ya mr.hawkson ,cuz aq termasuk fans dari blog ini. . .

  1. Jadi intinya ap? Ak udh baca lebih dari setengah, tapi malah jadi pusing... (Maklum bukan pemecah misteri)
    Mngkn bro E emank ga meninggal? Tapi kemana dia skrg?
    Btw cerita ttg masa hdup bro E sepertinya mendekati kenyataan, dapat dari mana ya tuh cerita?

  1. ipung_aja said...:

    Buat om Hawkson, please, tampilin komen ane ya,,
    Geregetan banget sama si MR.Questio ini

    To. Mr. Questio yg sok
    I have one suitable word for you:

    DAFUQ

    Orang macem apa ente memain-mainkan kredibilitas orang lain.
    Curse upon you even if you're in far far other pole.

    Junglemount

  1. Anonymous said...:

    mas hawkson, blog enigma adalah bacaan wajibsaya begitupun blog anda yg walaupun (sepertinya) kita seumuran (sotoy) pi rupanya kemampuan analisa anda berdua jauh diatas rata2. salam kenal dari saya, jujur berita meninggalnya mas enigma membuat saya ketar ketir unt mencari bloki pengganti. pi rupanya itu hanya issue. salam kenal dari saya mas. :)

  1. Anonymous said...:

    hmmm, mistery dalam mistery! i like it :)

  1. Anonymous said...:

    Saya cukup kaget mengetahui berita ini. Saya sudah lama melihat analisis Bung Enigma, mulai saya berumur 17 tahun sampai sekarang (sudah 1 tahun lebih). Sampai-sampai saya menganuhgrahkan Beliau sebuah panggilan "The Detective Of Mystery". Berita ini sudah lama ditulis, tapi saya tidak pernah tahu kapan ini dibuat. Pas cuman iseng buka Blog Hawkson, saya langsung kaget. Semoga Bung Enigma bisa tenang. Walaupun saya tidak percaya bung Enigma sudah tiada. Saya cuman butuh 2 jawaban, pertama, apakah bukti-bukti kebenaran berita ini sudah terhapus ? Karena saya sudah tidak bisa membukanya. Kedua, kenapa Blog Enigma masih bisa terbuka ? Bukannya saya berharap blognya tertutup atau terhapus, tapi Baru kali ini saya melihat blog yang masih bertahan lebih dari 1 tahun. Padahal yang punya (Bung Enigma) sudah tiada. Apa ada hal khusus sampai-sampai Blog-nya masih bertahan atau Yang punya masih mempertahankan blognya (masih mengaktifkan blognya/masih dipakai, tapi siapa ?) ataukah blog itu memiliki jangka waktu ? thanks


    By Rain Kazeshini

  1. Anonymous said...:

    mungkin bung e sudah vacum
    ataw bnyak kesibukan yg lebih penting lain ya seperti sudah keluarga atw hal lainya..

  1. Anonymous said...:

    Sebenarnya rada" bingung pas baca nya.

    - td hawkson ngmg kalau udh ktmu sma poopy . . . Trus mr questio ne sopo ?
    - trus komen nya mr.questio kok kayak muji nyanjung hawkson sih.
    Aneh bin ajaib aja dah.

    Uia satu lg
    kalau menurut saya
    hawkson , enigma , mr.questio atau apa lah
    itu cuman satu orang . Dan orang itu ya hawkson ini.
    Ckckck

  1. Anonymous said...:

    Ini ceritanya bner2 kaya dibuat2,kaya di tipi2 ato serial2 detektif di komik..karena mslahnya bung enigma sdh membuat terobosan baru dg memberikan pandangan yg lbh modern dalam memecahkan misteri dan memandang misteri.. Jadi kalu emg bner Mr.Q poppy ato bisa juga hakwson adalah rekayasa kalian..itu berarti kemunduran bagi kalian..karena kita sdh sering liat yg sperti itu..jujur saya percaya bung enigma masih ada,mgkin tangannya udah gatel pengen ikutan komen/klarifikasi tp saya salut dgn cara enigma memulai dan mengakhiri sesuatu karena kalau dia memutuskan berhenti dan bilang2 dulu brrti g misterius dong,sia2 aja enigma teguh pada pendiriannya slama ini..loh keren bro enigma...ane salutttt

  1. Juanita said...:

    Key.. baik di dunia maya atau di dunia nyata semua butuh pengakuan walaupun berselimut misteri..
    well.. however, aku senang Mas.Enigma masih satu oksigen sama kita...

    And for Mr. Questio...plan kamu sinetron banget ya...hihihi *piss ojo nesu*

    Hey Mr.Hawkson... stay cool ya..have a nice holiday...

    Nice to meet u all..
    for me it just story,behind it no need to know la.. hihi

  1. Anonymous said...:

    gile bener..... bener2 gak nyangka orang2 Indonesia sekarang luar biasa pemikirannya..... salute for all

  1. Mas Untung said...:

    Kepriben kiyek nasipe kang enigma?? tak tunggu kabare.. sopo ngerti sampeyan2 ngerti fesbuke opo nomer hapene... ojo kelalen yak..?

  1. Anonymous said...:

    eh...tunggu dulu....gw rada curiga nih jngan2 bung E terlibat dengan konspirasi ini.klo emng bung E msih ada knpa malah membiarkan keruwetan ini.buktinya dia tetep gak posting.seakan sengaja memberi celah

  1. dhanuri ahmad said...:

    Assalaamu'alaikum wr wb.
    Saya tdk tau sesungguhnya apa yg trjadi, saya yakin kalian semua adalah orang2 yg mengedepankan kbaikan dan kejujuran, oleh krna itu masalah ini agar jangan di perpanjang.

    To mr. E: Jika anda msh ada dan membaca koment ini, kami semua atas nama ANIGMANIA sngat mengharapkan kehadiran anda dan kami semua merindukanmu.

    To mrs. Poppy/mr. Q atau siapapun anda: Jika anda mempunyai masalah pribadi dgn mr. E saya rasa tdk harus dgn cara spt ini.

    To mr. Hawkson: trima kasih atas sgala infonya

    To All: kita jgn trpancing dgn info2 yg tdk brtanggung jawab yg hnya menambah situasi jd tdk nyaman.

    Kurang lbhnya mhn maaf dn trimakash jika ini di muat.

    Wassalamu'alaikum.

  1. Pass2x said...:

    @all:

    mungkin seseorang sedang menunggu tanggapan orang lain untuk mendapatkan sesuatu

  1. Anonymous said...:

    Aq sudah buktikan bung E masih memposting komen yg aq berikan kecuali ada org lain yg tau paswdnya
    kl aq lht artikel bung E, aq g yakin bung E terlibat konspirasi murahan ky gini......
    misteri ky gini bukan kelas bung E

  1. Anonymous said...:

    to bung H
    mohon maaf sebelumnya
    sebenarnya anda tidak perlu mengikuti permainan mr q
    posting anda cukup sampai kesimpulan bahwa berita kematian bung E hoax....
    dari analisis anda sudah cukup jelas bahwa ada sebuah kontradiksi dari informasi yang diberikan tinta merah yang tidak konsisten menunjukkan bahwa artikel tersebut berupa sebuah karya yang bukan fakta, karena penulis harus mengarang sebuah tulisan namun sayang dia lupa terhadap yg ditulis pada paragraf sebelumnya sehingga menimbulkan suatu pengertian yang sangat berbeda. Hal tersebut tentu saja berbeda jika yang ditulis adalah sebuah fakta.
    jika mr. q memancing anda untuk masuk ke permainan yang lebih dalam lagi bagi saya hal itu sudah tidak diperlukan lagi karena anda sudah membuktikan bahwa informasi tsb hoax berdasarkan kontradiksi tsb.

    Hal tersebut juga dapat mengindikasikan bahwa mr. q juga seorang yang orang yang masih muda dan emosional.


    mohon maaf kalau komen saya kurang berkenan.

    wong elek

  1. Anonymous said...:

    to kawan2 komentator yg mencurigai bung E sbg dalang acara ini.

    mohon dicermati artikel2 yg ditulis bung E, mohon dianalisis orang macam apa bung E itu....
    mohon maaf kalau komentar saya kurang berkenan....
    menurut saya, bung E adalah bukan anak ABG yang sedang mencari identitas.
    G ada jaminan foto bung E yg terlihat hanya mata adalah mata asli bung E.
    Mengapa bung E tidak klarifikasi scr langsung (walaupun sudah klarifikasi kpd bung H) tentang peristiwa ini? saya pikir tidak perlu karena bung E menganggap para fans Enigma adalah orang2 yg kritis dan cerdas.... bung E meninggalkan pesan dgn menampilkan komen2 pada postingnya bahwa dia dlm keadaan baik2 saja.

    mohon maaf kawan2, mungkin kata2 saya kurang berkenan....

    wong elek

  1. Anonymous said...:

    menarik sekali,





    sebagai mantan blogger yang sudah lama pensiun dalam dunia blogging dan lebih memilih sebagai 'silent reader' saya dapat memahami apabila Mr. E tiba tiba menghilang dari peredaran.

    Menurut pengalaman saya yang telah lama bermain didunia blogging, banyak faktor yang menyebabkan seorang blogger melakukan herbenasi atau vakum sementara waktu atau bahkan pensiun untuk selamanya, seperti yang saya lakukan.



    Faktor kesibukan dengan dunia realnya merupakan alasan yang kesekian, karena sesibuk apapun, pasti akan menyempatkan diri untuk setidaknya membalas komentar dari pengunjung atau sekedar me'approve' komentar yang masuk ( jika kolom komentarnya di moderasi )
    Dan jika saya lihat pada postingan terakhir dari Mr. E, komentar komentar yang masuk diatas bulan Agustus masih Beliau approve, ini bertentangan dengan berita meninggalnya beliau dibulan Agustus, hal ini menandakan beberapa hal, beliau masih hidup dan masih aktif, saya tidak yakin beliau punya asistent dan lebih tidak yakin lagi jika pihak keluarga entah itu adik atau kakaknya yg menampilkan semua komentar masuk.

    Saya menilai, Mr. E sedang mengalami titik jenuh, dan ini banyak dialami para blogger.

    Nah, dari rasa jenuh inilah muncul kasus seperti ini, dan saya punya kecurigaan, dalang dari semua kejadian ini adalah Mr. E sendiri. Dan saya bisa memahami ini. Ingat, blog Enigma adalah blog misteri, dan sepertinya beliau ingin mengajak kita untuk ikut dari bagian suatu misteri yang beliau ciptakan sendiri atau bekerja sama dengan blogger lainnya. Dan sosok Mr. Q adalah bayangan imajiner mr. E sendiri. kenapa saya yakin begitu? karena sy melihat permainan kata kata mr. Q yg penuh teka teki ini sejalan dengan hobby mr. E, beberapa kali sy lihat permainan kata kata tersebut ( dalam konteks yg berbeda ) beliau tuliskan dikolom komentar postingan blognya.

    so, ini hanya pendapat sy saja, dan perlu diketahui, dulu sy aktif sebagai blogger dalam rentang waktu 2007 - 2010 juga kebetulan mengenai blog misteri, beberapa kali sy mengajak pembaca untuk memecahkan sebuah misteri yg sy buat sendiri..

    thanks mr. hawkson

  1. Anonymous said...:

    Ano, saya mau protes (sedikit) ke orang-orang yang komentar tentang perbedaan umur Poppy di artikel ini sama kata-kata aneh "Mr. Hawkson pernah ketemu Poppy".

    Soal umur, pertama bisa dilihat di artikel itu (yang copas dari si Tinta Merah), Tinta Merah yang bilang kalau Poppy berumur 20 tahun.Tapi di update selanjutnya (tanggal 05 Februari) disebut umur Poppy 9 tahun.

    Jangan lupa sebelumnya tanggal 04 Februari ada komentar ini:

    "Kami sekeluarga merinding mendengar berita ini. Kejadiannya memang begitu tapi setahu kami Poppy bukan adiknya melainkan keponakannya. Apa sebenarnya yg sedang terjadi? Karena sekarang Poppy baru berusia 9 Tahun nama lengkapnya Gelora Elva Asmarita Poppy. Dia anak saya"

    Jadi Mr. Hawkson (mungkin) menulis Poppy umur 9 tahun di update-nya setelah membaca komentar tersebut.

    Lalu tentang komentar ini:

    "- td hawkson ngmg kalau udh ktmu sma poopy . . . Trus mr questio ne sopo ?"

    Lah, Mr. Hawkson nggak bilang kalau dia udah ketemu Poppy tuh. Yang mengaku "ketemu" Poppy kan si penulis blog Tinta Merah. Apa Anda tidak tahu kalau tulisan yang berwarna merah dan biru (tentang keunculan Poppy) di atas itu cuma copas dari blog Tinta Merah dan bukan tulisan Mr. Hawkson?

    Yang bikin saya bingung itu di screenshot e-mailnya ada 2 kontak, "enigma" sama "Kingdom Enigma". Tapi e-mailnya cuma 1 kan, yang kingdom.enigma@gmail.com? Saya bukan orang yang jago soal "per-e-mail-an" jadi saya tidak mengerti kenapa ada 2 kontak dari 1 alama e-mail yang sama. Mohon Mr. Hawkson memberika penjelasan tentang itu, dikarenakan saya tidak mengerti, bukan saya mau menuduh Anda seperti beberapa komentar di atas :)

    Salam,
    Syifa dan Fatimah :)

  1. Anonymous said...:

    sebenernya ngapain sih diributin....
    kalao memang ada yang numpang nama bung enigma, ya biarin aja...

    kalao memang ternyata ini yang buat buat adalah bung enigma sendiri, biarin aja malah menjatuhkan nama sendiri...kayak sok terkenal dan di care banyak orang aja...

    baca komen2 nya malah jadi geli n muak sendiri...

  1. Anonymous said...:

    Enigma.,
    dia hanyalah seseorang..
    seseorang yg menuangkn isi pkiran n analisisny trhp sbuah hal k dlm sbuah blog,
    di memulai dg sesuatu, n brkhr dg ssuatu.,
    di tdk mati(mungkin)..
    krn stiap orang slalu mpunyai titik kjenuhan pd sebuah momen.,
    itu mungkin yg mnybabkn dia brhnti..
    _frozen

  1. Anonymous said...:

    ano.. itu ariel udah bebas, kita tunggu aja update berikutnya dari bung E

    (masih percaya bung E itu Ariel lantaran matanya sama)

    __popo, 9tahun. masih polos

  1. Anonymous said...:

    singkatnya, mr.Q itu enigma sendiri.. mungkin mmg bener poppy adiknya karena poppy tau bnyk ttg bung E.. td jg dijelasin kalau poppy didesak.. nah, itu berarti ada kerjasama antara poppy sama mr.Q itu.. jd, mr.Q ini adalah.. ENIGMA.. dan poppy harus ikut berurusan dgn jebakan ini.. mungkin bung E ingin kita utk memecahkan masalah ini karena biasanya bung E yg memecahkan masalah.. Ini misteri, kita sendiri yg tau jawabannya..

  1. Rahman said...:

    Mr. Hawkson = Mr. Questo = Poppy
    Basiii....
    Mr. E mungkin ga terlibat, dan skrng lg tersenyum melihat kasus ini..

  1. J said...:

    saya bukan blogger, bukan orang yang bisa menganalisa sampai detail juga, bukan juga programmer, apalagi hacker. tapi pernyataan "CASE CLOSED" ini agak sedikit aneh di telinga saya. ijinkan saya bertanya mas Hawkson Kurniawan. saya hanyalah seorang karyawan swasta biasa, saya bukan penggemar berat Mas Enigma tapi saya suka tulisannya. saya juga suka beberapa tulisan dan posting lama anda.

    pertama: bagaimana anda tau poppy berumur 9 tahun. dan apa maksud dari pernyataan

    "Saya ralat tentang umur poppy, sebab saat saya tulis postingan ini saya terlalu emosi dan bersemangat."

    apakah anda ralat menjadi 20 tahun. kalau anda ralat menjadi 20 tahun kenapa ada kata "anak" bukannya "gadis 9 tahun" kesannya adalah anda benar2 sedang bermaksud untuk menginformasikan bahwa ia adalah benar2 berumur 9 tahun dan kenapa harus anda cantumkan atau nyatakan umur poppy disitu sedangkan diatas sudah jelas poppy berumur 20 tahun mahasiswa yang cukup manis kuliah di jakarta.

    ini pernyataan lengkap anda

    "Sebetulnya saya tidak ingin terlalu menulis panjang lebar untuk hal ini, akan tetapi seorang anak umur 9 tahun bernama Poppy muncul dengan klaim mengejutkan, disaat saya mencoba mencari jalan tengah agar tidak ada yang tertipu, dan kini dia berbalik menantang saya ?"

    pertanyaan kedua: apakah anda mengenal baik mas Enigma? di pernyataan anda seakan anda cukup dekat dengan mas Enigma bahkan mas enigma memiliki no HP anda.

    "Karena saya ingin mencoba mengikuti jalan cerita Poppy, bahwa Handphone Enigma dipegang olehnya maka saya menanyakan hal ini kepadanya:

    kenapa kamu tidak langsung menghubungi saya? ada nomor telepon saya di Hp beliau."

    pertanyaan ketiga: jika ada nomor hp anda di hp beliau, saya asumsikan anda pernah setidaknya berhubungan dengan beliau melalui telpon atau sms. kenapa anda harus repot untuk memastikan keberadaan beliau, cukup telpon atau sms lalu screensot saja sms beliau untuk memperlihatkan kepada kita semua bahwa bung enigma baik baik saja.


    sekali lagi saya hanya bertanya karna kurang puas atas penjelasan anda. saya harap Mr. E baik baik saja dan segera kembali. Terima kasih mas Hakson Kurniawan. selamat pagi

  1. Anonymous said...:

    nggak mudeng apa-apa. yang pasti, tetep ngarep blog enigma jalan lagi aja. kangen:(

  1. Anonymous said...:

    Gimana Bung Hawkson?
    "Anak umur 9 tahun" dan "gadis berumur 20 tahun" itu jelas bukan salah ketik yang biasa. Itu F-A-T-A-L.

    Apakah anda punya penjelasannya?

    Agak janggal seorang analis seperti Bung Hawkson bertemu dengan Poppy tapi hanya sedikit informasi yang bisa diambil.

    Anda tidak memotretnya?
    Anda tidak mengetahui apa suku nya?
    Anda tidak mengetahui apa nomor kendaraan yang dipakainya?
    Anda tidak mencoba ngobrol dengan teman-temannya?
    Anda tidak berusaha mendetect ip address emailnya?
    Anda tidak mencoba menghubunginya kembali?
    Anda tidak membeberkan apa sebenarnya isi tantangan itu?

    Kenapa seorang Blogger tidak jujur membeberkan identitas aslinya???
    Menurut saya, tanggung jawab yang paling utama adalah kejujuran. Peduli dengan orang yang mau membeberkan identitas kita, so what???

  1. Anonymous said...:

    sebenarnya ini masalah kesalahpahaman biasa ... janganlah kita menyalahkan satu sama lain, kan kita tidak tau kebenarannya ... :) intinya sih gampang, kak enigma tuh gak kenapa-kenapa ... coba deh kirim email ke kak E, kalo kak E gak sibuk pasti dibales. dan yang bales bukan poppy-somewhat itu kok. :D saya yakin si pembuat karakter poopy-somewhat itu ga ada kerjaan

  1. Anonymous said...:

    gw nyium bau2 alay disemua pihak :)

    kecuali enigma sendiri, gw liat dia bner2 annonymus dan tulus

  1. Anonymous said...:

    Hmmm... I know all of you :D

  1. Anonymous said...:

    Ada pesan tersirat dibalik judul artikel terakhir Mr.E

    sepertinya bung.E memposisikan diri sebagai tokoh yg ada di film "RED MIST" tersebut.


    -bean

  1. Anonymous said...:

    kenapa mas Hawkson tidak masuk instisiusi kepolisian...mungkin dengan analisis cerdas orang seperti anda beberapa kasus sulit mungkin bisa di pecahkan/terselesaikan....




    SLM : Mr.P

  1. J said...:

    agak kecewa sih, soalnya pertanyaan sya yang 2 agustus gak dijawab, hawkson ikut menghilang kayak enigma juga kali ya, atau shinichi kudo wanna be ini menghindari pertanyaan saya ya!

  1. Anonymous said...:

    semakin lama smakin seru, tapi emang kangen sama blog nya Enigma, tapi untuk permainan semacam ini Mr Q, seperti mempermainkan orang.

  1. Anonymous said...:

    Jangan.. Jangan.. Bang Hawkson Sendiri ENIGMA-nya.... :D:D:D:D:D:D

  1. Anonymous said...:

    baru nemu dan asik baca blog enigma eh malah ga ada postingan lagi padahal menarik bgt isinya

  1. Anonymous said...:

    since july 29, 2012

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 285   Newer› Newest»

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends