X-News: Gloomy Sunday, Lagu Pembawa Kematian..

Tuesday, April 13, 2010





Gloomy Sunday, terkenal sebagai lagu bunuh diri .Setelah mendengar lagu tersebut, siapapun yang mendengarnya akan merasa ingin mengakhiri hidupnya..Ada apa sebenarnya dibalik lagu ini...?


Gloomy Sunday
Lagu Gloomy Sunday yang judul aslinya Szomorú Vasárnap atau dalam bahasa Indonesianya Minggu Yang Kelam tercipta pada tahun 1933 dan merupakan karya dari seorang komposer dan pemain piano autodidak dari Budapest, Hungaria, bernama Rezső Seress. Lagu ini terkenal sebagai lagu pengiring kematian pada era itu, karena banyak yang telah menjadi korban bunuh diri karena seolah-olah terhipnotis setelah mendengar lagu tersebut. Rezső Seress sang penciptanya juga meninggal akibat bunuh diri pada tahun 1968.

Rezső Seress

Rezső Seress diberitakan bunuh diri pada tahun 1968 di hari Minggu dengan meloncati jendela apartemen dari tempat tinggalnya. Dikatakan, Rezső Seress bunuh diri karena menyadari bahwa setelah Gloomy Sunday meledak jadi hit pertamanya di berbagai negara, dia berpikir bahwa dia tidak akan pernah lagi bisa menciptakan hit seperti itu untuk yang kedua kalinya. Makanya dia berniat untuk mengakhiri hidupnya. Apakah ada alasan lain dibalik kematiannya...? Who knows....?
Lagu ini telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa seperti Bahasa Inggris, Perancis, Finlandia, dan Spanyol, dan telah dirilis dalam 7 versi  oleh 56 penyanyi yang berbeda termasuk diantaranya versi Heather Nova, Bjork, Ray Charles, Sarah Brightman dan Sinead O’Connor, versi Billie Holliday-lah yang membuat lagu ini sangat terkenal dan pada akhirnya menjadi versi standard interpretasi Gloomy Sunday, yang liriknya dibawah ini.

Sunday is gloomy,
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coaches
Sorrow has taken you
Angels have no thoughts
Of ever returning you
Wouldn’t they be angry
If I thought of joining you?

Gloomy sunday
Gloomy is sunday
With shadows I spend it all
My heart and I have decided
To end it all
Soon there’ll be candles and prayers
That are said I know
But let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressi’n you
With the last breath of my soul
I’ll be blessin’ you

Gloomy sunday
Dreaming
I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart here
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is tellin’ you
How much I wanted you
Gloomy sunday 
(“Gloomy Sunday” performed by Billie Holliday)

Lagu Gloomy Sunday ini sebenarnya merupakan soundtrack dari sebuah film yang cukup populer. Filmnya berjudul sama dengan judul lagu soundtracknya, yaitu film yang menceritakan tentang sebuah hubungan segitiga seorang wanita pemilik restaurant di Hungaria. Dalam film Gloomy Sunday tersebut juga diceritakan tentang beberapa kasus bunuh diri yang diakibatkan oleh lagu ini.

Di tahun 1997, Billy Mackenzie penyanyi yang merekam lagu Gloomy Sunday di tahun 1982 juga mati bunuh diri di dekat rumah ayahnya.
Bahkan, katanya apabila lagu Gloomy Sunday ini dimainkan tanpa lirik (suara penyanyi) atau hanya berupa instrumental saja maka pendengarnya akan tertidur berat dan mengalami mimpi buruk yang kelihatan nyata sekali. 
Di negeri asalnya sendiri, Hungaria, lagu ini dilarang keras untuk beredar karena telah meyebabkan meningkatnya gelombang bunuh diri di Negara tersebut.
Lagu gloomy sunday sendiri hilang dari peredaran dan menjadi terlupakan, semenjak adanya perang adolf hitler di tahun 1930-an, lagu ini dimusnahkan, dan versi aslinya sudah tidak ada lagi, mengingat banyak yang telah menjadi korban dari lagu ini. Dalam siaran Radio BBC lagu tersebut dilarang keras untuk diudarakan.

Apakah ada hubungan antara  lagu / musik sehingga dapat mempengaruhi otak manusia?

HUBUNGAN MUSIK DENGAN FUNGSI OTAK


Semua jenis bunyi atau bila bunyi tersebut dalam suatu rangkaian teratur yang kita kenal dengan musik, akan masuk melalui telinga, kemudian menggetarkan gendang telinga, mengguncang cairan di telinga dalam serta menggetarkan sel-sel berambut di dalam Koklea untuk selanjutnya melalui saraf Koklearis menuju ke otak. Pertama, Musik akan diterima langsung oleh Talamus, yaitu suatu bagian otak yang mengatur emosi, sensasi, dan perasaan, tanpa terlebih dahulu dicerna oleh bagian otak yang berpikir mengenai baik-buruk maupun intelegensia. Kedua: melalui Hipotalamus mempengaruhi struktur basal "forebrain" termasuk sistem limbik, dan ketiga: melalui axon neuron secara difus mempersarafi neokorteks. Hipotalamus merupakan pusat saraf otonom yang mengatur fungsi pernapasan, denyut jantung, tekanan darah, pergerakan otot usus, fungsi endokrin, memori, dan lain-lain. Seorang peneliti Ira Altschuler mengatakan "Sekali suatu stimulus mencapai Talamus, maka secara otomatis pusat otak telah diinvasi."

MUSIK DAN PRODUKSI HORMON
Pada kondisi stress, adrenalin banyak dikeluarkan dan pembuluh darah kulit menyempit, sehingga suhu kulit menurun.
Energi yang berlebihan dari musik rock akan mempengaruhi jantung untuk berdetak lebih cepat. Itu sebabnya pendengar musik rock sangat sulit untuk duduk diam bila mendengar musik yang mempercepat denyut jantung. Energi yang terakumulasi akan mencari jalan untuk dilepaskan.
Selain meningkatkan denyut jantung, tekanan darahpun dapat meningkat oleh adanya adrenalin. Hal ini juga akan kembali meningkatkan produksi adrenalin, karena tubuh yang berada dalam keadaan stress, berusaha untuk mengatasinya dengan memproduksi lebih banyak adrenalin agar alert/waspada. Jika denyut stress ini berlangsung terus menerus, misalnya pada sebuah konser rock yang panjang, maka jumlah adrenalin yang diproduksi menjadi berlebihan, dan tubuh tidak mampu lagi untuk membuang kelebihan ini.

Kalau musik mempunyai pengaruh yang sangat dalam terhadap organisme sederhana seperti itu, apa pengaruhnya terhadap sistem yang lebih kompleks?
Musik juga dikenal sebagai wahana terapi. Sejak zaman dahulu dikenal penyembuhan fisik dan mental melalui musik. Daud memainkan kecapi sambil menyanyi untuk menyembuhkan Raja Saul yang sedang gundah. Musik juga dipakai oleh Raja Philip V dari Spanyol, Raja George II dari Inggris, dan Raja Ludwig II dari Bavaria untuk penyembuhan. O'Sullivan (1991) mengemukakan bahwa musik mempengaruhi imaginasi, intelegensi dan memori, di samping juga mempengaruhi hipofisis di otak untuk melepaskan endorfin. Endorfin kita ketahui dapat mengurangi rasa nyeri, sehingga dapat mengurangi penggunaan obat analgetik, juga menurunkan kadar katekolamin dalam darah, sehingga denyut jantung menurun. Mornhinweg (1992) meneliti 58 subyek sehat untuk menilai jenis musik mana yang menurunkan stress. Musik klasik ternyata memberikan efek relaksasi yang dapat dibuktikan secara statistik dibandingkan dengan musik "new age". Musik yang menenangkan ini juga dipakai dalam pengobatan penderita serangan jantung, pasien sebelum operasi, bahkan untuk menurunkan stress pasien yang menunggu di ruang tunggu praktek.

Pengaruh Musik dan Penetrasinya (The Influence of Music and Its Penetration)
Musik mempengaruhi:
  • Denyut jantung
  • Tekanan darah
  • Pencernaan
  • Pernafasan
  • Emosi
  • Intelegensia
1. Mempengaruhi denyut jantung

a. Tegang. Jantung kita mengikuti detaknya. Contoh: illustrasi musik pacuan kuda, rock music, Jaws
b. .Relax, santai. Contoh: musik tenang
Mendengar melodinya saja, kita dapat dipengaruhi.
2. Mempengaruhi tekanan darah
Contoh: opera, illustrasi musik hukuman mati. Tekanan darah naik.

3. Mempengaruhi pencernaan
Contoh: beberapa musik dengan melodi yang sangat fluktuatif
4. Mempengaruhi pernapasan
Contoh: illustrasi musik pacuan kuda, film aksi.
5. Mempengaruhi emosi
Lirik lagu sangat mempengaruhi emosi. Baik negatif maupun positif. Lagu-lagu putus asa, kata-katanya membuat kita lemah, ada yang membuat kita bersemangat. Dapat membangkitkan emosi, keinginan memberontak dan sebagainya.
6. Mempengaruhi intelegensi/kecerdasan
Unsur dalam sebuah lagu atau musik yang diperdengarkan
  • Melody
  • Beat
  • Rhythm
  • Dynamic
  • Lyric
Dan pada akhirnya mempengaruhi - IQ, EQ dan AQ.

Kesimpulan 
Gloomy Sunday sendiri menurut saya bukanlah satu-satunya lagu yang memiliki lirik sendu serta melodi indah dan mendayu-dayu yang dapat mempengaruhi pikiran kita. Jika dilihat dari latar belakang lagu ini, kematian yang menimpa pencipta serta beberapa orang yang kemudian diberitakan meninggal setelah mendengar lagu ini, tidaklah masuk akal. Seolah-olah yang mendengar lagu ini akan dikutuk sehingga melakukan aksi bunuh diri. Itu hanya Mitos yang diciptakan untuk membuat lagu ini menjadi semakin ditakuti.
Lagu yang kita dengar dapat menjadi Sugesti kepada kita sesuai dengan keadaan kita pada saat mendengarkan lagu tersebut. Kadang-kadang kita merasa tenang dan bahkan semakin bergejolak jika mendengar lagu tertentu. Anda pasti pernah merasakan hal itu bukan...?

Milikilah sasaran, tujuan, bidikan hidup yang jelas.
  • Tujuan hidup bagi Tuhan Sang Pencipta
  • Tujuan hidup dari Tuhan Sang Pencipta
  • Berdoalah mohon Tuhan tunjukkan tujuan hidup kita
Jangan hidup sia-sia.
Semua kehidupan kita serahkanlah kepada Tuhan
Jangan dipengaruhi oleh lingkungan.
Jangan kompromi
Jangan sampai dibius dan dipengaruhi oleh lagu
Perasaan kita dibuat enak, emosi kita naik, pikiran kita nekad, akhirnya kemauan kita mencuat dan menghasilkan tindakan yang harus memenuhi kemauan kita.
Tidak memberi didikan melalui lagu.
Cuma enak didengar, mengandalkan stimulasi emosi tetapi tidak memikirkan pengajaran yang benar.
Hidup ini keras. Harus kita hadapi dengan tangguh.
Manfaatkan musik yang sehat dan benar


(hawkson)

64 komentar:

  1. Anonymous said...:

    Mungkin 'suggestion effect'-nya terlalu tnggi bro,jd pra pndngarnya sprti trhpnotis n mgkn mngingtkan tntang msa2 kelam mrka,shingga mntal mrka mnjdi down.Ah,tp ni cm pndpt sy aja,sprtinya mengada-ada ya,he..he.Anyway,good job bro,kq jdi jrng psting akhr2 ini?

  1. hawkson said...:

    @anonymous:
    sepertinya demikian...terkena 'suggestion effect'...
    akhir-akhir ini lagi sibuk,tetapi di sela-sela kesibukan saya mencoba mengumpulkan informasi misteri loh..hehe..

  1. Anonymous said...:

    Anonymous said...
    Mungkin 'suggestion effect'-nya terlalu tnggi bro,jd pra pndngarnya sprti trhpnotis n mgkn mngingtkan tntang msa2 kelam mrka,shingga mntal mrka mnjdi down.Ah,tp ni cm pndpt sy aja,sprtinya mengada-ada ya,he..he.Anyway,good job bro,kq jdi jrng psting akhr2 ini?

  1. hawkson said...:

    sepertinya demikian...terkena 'suggestion effect'...
    akhir-akhir ini lagi sibuk,tetapi di sela-sela kesibukan saya juga mencoba mengumpulkan informasi misteri loh..hehe..

  1. eurechster said...:

    em....
    saya mau coba denger mp3 nya...
    kira kira download dimana ya??
    bisa beritahu saya...

  1. chakra said...:

    ngaco tahunnya,, 1993,, 1968 1930an ,,, ni hoaxnya si hoaxson y?

  1. hawkson said...:

    ini link download mp3nya :http://www.index-of-mp3.com/download-Gloomy_Sunday-fs26454955-aed0d146.html

  1. hawkson said...:

    hmm...
    Mr. Chakra, sepertinya anda tidak membacanya dengan teliti ya...?
    anda bisa mengeceknya di mbah wiki : http://en.wikipedia.org/wiki/Gloomy_Sunday

  1. fellice said...:

    bung,
    baca, cek, baru ngomong...

  1. irnyaaa said...:

    eh , pengen dengerin nih , tapi takuut kalo jadi pngin bunuh diri :(

  1. velver78 said...:

    unduh aja dr 4shared, banyak pilihanya. saya ud dengerin, gak pengen bunuh diri, malah jadi laper pengen makan ha ha........

  1. Lee_dHea said...:

    ~cHii said...
    btw,situ ngebahas ini karna diminta ama om enigma bukan? soaLnya waktu itu saya perna request tentang Lagu ini ma dya...

    hemh! makasi infonya!

  1. hawkson said...:

    tidak apa-apa Fellice...hehe

  1. hawkson said...:

    saya berani jamin anda tidak akan bunuh diri... :)
    dengerin aja..lagunya enak koq...hehe

  1. hawkson said...:

    haha...
    bisa juga...

  1. hawkson said...:

    saya menulis ini atas kemauan saya sendiri ... :)
    (bisa ditanyakan sama brother saya..hehe)
    banyak thread yang menulis mengenai lagu ini, dan saya hanya mencoba berbagi dan memberi penjelasan..

  1. xxxxxxx said...:

    anda sdh pernah denger lagunya?

  1. David said...:

    uhhhhaaaaakkkkkkk! jeritan saya saat saya menusukkan pisau tajam ke badan saya dan saya pun mati.

    dikarenakan lagu ini menginspirasikan saya untuk bunuh diri.

    karena ketagihan online, sebelum detik" kematian saya, saya menuliskan ini disini. Bye

  1. hawkson said...:

    iya, saya sudah mendengar lagunya...
    tidak ada yang aneh...

  1. hawkson said...:

    wah...saya berharap masih bisa bertemu dalam kunjungan anda selanjutnya bro..
    hehe

  1. Ari said...:

    Wajar saja Nabi Muhammad SAW melarang umatnya dari musik!!!
    Sunnahnya yang sudah hampir 15 abad baru teerbukti benar sekarang.

  1. 499 said...:

    jadi penasaran pengen denger juga tuh lagu yg busa mempngaruhi orang sebanyak itu

  1. Anonymous said...:

    tolong kasih tau maksud dari lagu itu donk... aq ga ngerti itu lagu apa, pas aq denger lagunya cuma ada nada piano sama orang nyanyi, tapi ga tau nyanyi apa soalnya dia nyanyinya kadang bisik2, kadang teriak2...

  1. winay said...:

    kaya'a keren jg musik'a
    jadi penasaran

  1. Achel.so.lucky said...:

    ini sama nggak sama gloomy sunday yg dinyanyiin sarah mclachlan...saya punya udah lama malah...emang kalo dengar lagunya sy langsung melo abis...berasa sedih..sendiri...tapi nggak pernah pengen bunuh diri, kalau ingin 'menikmati kesedihan', enak banget dengar lagu ini ^_^

  1. tapi emang bener loh klo suara itu bisa mempengaruhi kinerja organ tubuh & otak, bahkan ada nada dlm suara yg bisa menghancurkan barang elektronik, kaca maupun organ tubuh seseorang ( contoh pengobatan batu ginjal, dgn cara menembakan gelombang suara ke arah batu ginjal yg di tuju ) memang suara juga berperan penting dlm kejiwaan seseorang, kita bisa menebak cara berpikir & gaya hidup seseorang dari aliran musik yg di sukainya, itu salah satu dari efek psikologis suatu nada, ada musik2 tertentu yg bisa membuat orang anarkis, tenang, menjadi cerdas bahkan menjadi bodoh, beberapa beat yg terlalu tinggi dan monoton pada suatu musik dapat menyebabkan perubahan irama jantung dan tak normalnya aliran darah ke otak, mengakibatkan stress & supply oxigen keotak berkurang dgn kata lain jadi bego secara pelahan, ada musik yg bisa merangsang pertumbuhan sel otak, ada yg bisa menghipnotis kita hingga terlelap, pada jaman perang kedua, rusia pernah mengembangkan senjata pemusnah massal menggunakan gelombang suara, hypersonik untuk menghancurkan persenjataan & gedung2 musuh, namun karena efeknya ternyata juga di rasakan oleh para tentara rusia sendiri, efek getaran suara nya menyebabkan kegilaan,akhirnya proyek itu di hentikan, penurut penelitian,gelombang suara pada nada tertentu bisa mengakibatkan matinya beberapa sel saraf dan membuat otak memunculkan ilusi yg mempengaruhi saraf mata, seperti terasa seperti gempa dan benda bergerak2 melengkung dgn sendirinya seperti hidup...

  1. dicky525 said...:

    tidak terjadi apa-apa,,,,saya coba yang instrumentalnya membuat saya tertidur tapi tak mangalami mimpi buruk malah pules tidurnya

  1. w pengen dengerin lagunya takut ntar w bunuh diri juga??
    ya allah janganlah engkau mengambil nyawa hambamu ini ya allah

  1. w pengen dengerin lagunya takut ntar w bunuh diri juga??
    ya allah janganlah engkau mengambil nyawa hambamu ini ya allah

  1. Anonymous said...:

    bunuh diri gpp asal tahu tujuan akhirnya neraka.hehehehehehehe,wah Guasti ingkang kawulo alit nyuwun ngapunten soale iki wong wong podo wedi karo lagune.padahal yo lagune enak bgt penghantar tidur kulo Gusti

  1. Anonymous said...:

    SAYA KEMAIN MALAM MENDOWNLOAD LAGU INI DAN SANGAT MENGASYIKAN SERTA SAYA SAMPAI KECANDUAN LAGU INI SEHINGGA BISA BUAT RINGTONE HP SAYA.AANG PURWOKERTO

  1. Anonymous said...:

    jika ada yang mau download lagu ini bisa download diyoutube dan konvert sendiri via PC.lagu ini aman didengar sudah dapat sertifikat kelaikan dari dishub kok.saya aja kemarin jam 1 malam download lagu ini dan sampai sekarang masih hidup tdk bunuh diri kok malah tidurnya dapat nyenyak.AGNUS DEI GRACIA

  1. Anonymous said...:

    biasa aja koq pas gw dengerin
    gw malah pengen mati pas denger lagu fiction dari Avenged Sevenfold ^^

  1. Anonymous said...:

    itu siihhh,,,cuma karna sugesti lagu-nya aja yang terlalu berat n mengerikan,,,

  1. Anonymous said...:

    pertamanya saya takut dengerin lagu ini,sampe-sampe beneran jd mimpi buruk, tapi lama kelamaan saya malah jadi suka sama lagu gloomy sunday. lagunya tuh enak dibuat tidur,soalnya nadanya itu slow banget

  1. Zenkai said...:

    aku mau dengar,,,,,,lima hari kemudian aku masih hidup berarti itu bohong

  1. Anonymous said...:

    Gue waktu itu dengerin lagunya bareng bareng ama temen temen, terus beberapa lama kemudian kepala gue kerasa pusing banget.

  1. Hanif Maliki said...:

    gimana mau bunuh diri orang pada gak tau artinya -_-, sama kayak aku

  1. rahmat hidayat said...:

    Sedih klo denger lagunya, sumpah. Sedih karna gak tau artinya :( #TranslatePlease

  1. rahmat hidayat said...:

    Sedih klo denger lagunya, sumpah. Sedih karna gg tau artinya -_-,

  1. Lagu Gloomy Sunday ini emang nyeremin banget, bikin sedih apalagi kalau dihayatin liriknya. wiwiwwwww emang ga salah kenapa banyak yang bunuh diri udah dnger lagu ini, Lagu putus asa ini namanya

  1. idwebdeveloper said...:

    Coba lagunya di aransemen ulang sama SM*SH dengan versi indonesia... kejadian tuh.. :)

  1. Anonymous said...:

    translete-in dong ,,,

  1. Natalie Christ said...:

    tapikan yang asli dah dihapus??

  1. berkali-kali gw sama pacar gw coba nyanyiin lagu ini, baca liriknya+terjemahannya, instrumentalnya, SEMUANYA! bahkan gw rame-rame sama temen gw nginep nyetel lagu ini (alasannya rame-rame biar kalo beneran pengen bunuh diri/mimpi buruk bisa rame-rame :p), malah tidurnya pules banget! bahkan lagu ini pernah dinyanyiin sama 45 siswa sama 20 siswi di sekolah gw 10 kali berturut-turut! bukannya pengen bunuh diri, suara malah ilang! :p

  1. diah novianti said...:

    gue dah download
    Tp gue takut dngerinnya
    :/

  1. Rony Wiranto said...:

    Aku juga udah dengar sih kabar tentang Gloomy Sunday, bener atau nggak ni ya mungkin aja tergantung pada orang yang mendengarkan musiknya. Ada manusia yang bila mendengarkan musik jiwa dan hati nya terpaut dan membayangkan hal yang sama dengan apa yang dirasakan oleh si penyanyi, bisa dibilang fanatik musik, semua musik ketika didengarkan selalu didalami juga diterapkan pada emosi dan perasaan; tapi ada juga manusia yang bila mendengarkan musik, dia hanya menilai bagus tidak bagusnya, dia hanya menikmati tetapi tidak mendalami melodi maupun liriknya. Hehe, mungkin agak sedikit ngada-ngada nih bang,, anyway semoga bisa nulis sesuatu yang menarik lg ya bang :)

  1. Anonymous said...:

    nice artikel ..
    http://dheefox9.blogspot.com/

  1. Anonymous said...:

    This is really interesting, You're a very professional blogger. I've joined your feed and
    sit up for seeking more of your fantastic
    post. Also, I have shared your web site in my social networks

    Here is my blog post free music royalty free

  1. Azriel said...:

    Coba dengerinnya pas hari minggu, mungkin bener2 bisa bikin orang jadi pengen bunuh diri. (:

  1. Anonymous said...:

    Lu pada download d¡ mana .. Kasih link nya donk

  1. Samra said...:

    Gloomy Sunday 11 12 lah sama lagunya Adele- Sky Fall...

  1. Anonymous said...:

    kenapa indonesia g da yang bunuh diri? soalnya indonesia banyak pecundangnya dan tidak tau malu. contohnya para koruptor. mereka kan gak tau malu. coba klo di luar negeri. drpd gagal atau menanggung malu mereka memilih bunuh diri *cek jepang, korea, dan negara@ lain* gt bro. selain itu bukan semua orang yang bunuh diri. tp orang2 tertentu. tergantung kondisi saat kalian ndengerinnya. contohnya orang yang lagi emang patah hati dan mengalami kepedihan yang mendalam, maka jika dia mendengarkan lagu ini akan menimbulkan fantasi dan gejolak yang menjadi2. kalian tdk merasakan apa2 bersyukurlah karena kalian mungkin mendengarkannya waktu kalian sedang dalam situasi gembira. bisa juga karena tdk terlalu paham artinya. gitu. tp emang lagu ini sangat berpengaruh apabila yg mendengarkan sedang gloomy2x.

  1. BLORA said...:

    loe loe semua pada goblok ya? dah jelas" disitu d tulis kalau lagu versi aslinya udah d larang beredar lagi... yang ada sekarang tuh cm lagu yang udah di aransemen ulang.... jadi g bakalan bunuh diri lah...!! santai aja broooo

  1. orang yg bnh dri itu cuma gk puny nyali doank, jd takut dg lirik & instrument_nya makannya bunuh diri. Lagunya Karl Majer itu baru cukup mengerikan...

  1. Anonymous said...:

    dilihat dri liriknya, lgu ini memang lah menyedihkan. tpi ngga tau klo d puter versi aslinya, mungkin orng2 dulu yg dgr musiknya lg pda "galau" krna cinta mirip d liriknya, jdi trhasut deh utk bunuh diri..

  1. Anonymous said...:

    dah dengerin lagunya, denger liriknya sih memang rada mendayu dan menyedihkan gitu, serasa ikut larut...tapi ga ada kaitannya dg bunuh diri..klo memang niatnya begitu ga usah dengar lagu ini pun tetep aja dilakukan...

  1. Anonymous said...:

    lagunya bagus, cukup mendayu, klo baca liriknya cukup menyedihkan juga...tapi menurutku ga ada hubungannya dg yg namanya "suicide"...klo niatnya dah begitu, ga usah denger lagu ini pun tetep aja dilakukan..jangan lagu yg disalahkan

  1. Anonymous said...:

    beneran ngantuk berat ni stlah dengar lagunya, moga2 ga mimpi buruk ah...

  1. Anonymous said...:

    ngantukk man.....

  1. Anonymous said...:

    ada beberapa hal yg perlu disampaikan, karena lagu tsb TIDAK AKAN BERPENGARUH KEPADA PENDUDUK INDONESIA yg sdh mumet akan tuntukan kenaikan harga yg semakin tinggi:
    1. lagu tsb berbahasa inggris
    2. lagu tsb tdk akan berpengaruh krn hidup di indonesia sndiri sdh ruwet, apalagi issu kenaikan bbm dan kisruh uu pilkada
    3. kalau mau dibuktikan, putarlah lagu tsb di kuping para terpidana terorisme (maupun premanisme), dan kita lihat apa yg terjadi?

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends