Benarkah UFO Terekam Kamera di Pontianak? Penjelasan Singkat !!

Saturday, June 12, 2010

Kali ini media Indonesia di hebohkan dengan adanya berita tentang sebuah video yang di klaim sebagai video pendaratan ufo di salah satu kota di Indonesia yaitu di Kota Pontianak. Akan tetapi benarkah hal tersebut terjadi? Kali ini saya akan mencoba mengulasnya secara singkat!



Berikut ini adalah kutipan dari berita video penampakan UFO di Pontianak tersebut :


Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Severianus Endi
TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK- Sebuah kejadian unik di langit Kota Pontianak, terekam kamera handphone seorang anak, Jumat (11/6/2010). Tribun menerima tautan video tersebut Sabtu (12/6/2010) subuh sekitar pukul 00.25 WIB melalui akun facebook tribun pontianak interaktif.

Sang pengirim menamakan dirinya di akun facebook sebagai Pontianak Barat Pasar Dahlia. Dalam statusnya yang ditulis sekitar pukul 18.45, dia menuliskan: penampakan UFO di Pontianak, tadi pagi kira-kira jam 11 lewat sebelum sholat Jumat. Warga Gang Suka Maju Dalam 2 Pontianak, melihat kejadian aneh matahari di lingkari pelangi. Momen ini sempat di
rekam menggunakan HP camera oleh seorang anak bernama Ari. Ketika sedang asyik
merekam keanehan matari tersebut tiba-tiba terlihat sebuah UFO sedang mengamati matahari. Ini sungguh kejadian aneh yang belum pernah terjadi di Pontianak.

Tribun mengunduh video tersebut, dan menyaksikan dengan seksama. Video dibuka dengan pemandangan matahari dengan fenomena hallo. Tiba-tiba, ada titik berwarna hitam mengitari matahari itu.

Video berdurasi 1 menit 55 detik itu agak bergoyang, kadang-kadang bagian atap rumah dan kabel listrik masuk dalam frame. Pada detik ke 21, banyakan titik hitam mirip UFO itu menghilang, dan view kamera Hp itu tampak bergerak-gerak mencari objek.

Pada detik ke 56, tiba-tiba sosok mirip ikan pari berwarna hitam muncul. Dari situ, kamera terus merekam gerakan benda itu, yang terkadang miring.

Nah, saat miring itulah, sosok menyerupai UFO semakin kentara. Tapi ada semacam djump cut saat peralihan video mata hari menuju sosok UFO tersebut.

Perubahan berupa warna yang semula terang, menjadi agak kebiruan, seakan video itu terdiri atas dua file yang berbeda. Juga menjadi tanda tanya, karena tiba-tiba sosok UFO tersebut terlihat begitu dekat, semantara zooming dari kamera handphone tak mungkin sedekat itu.

Tapi sang pemilik akun facebook itu bersikukuh dengan kayakinannya bahwa benda itu UFO. Apalagi, menurut dia, matahari Pontianak pagi itu agak aneh, sehingga mengundang perhatian banyak orang.

"Saya sangat yakin itu UFO. Videonya saya dapatkan dari seorang anak, tetangga saya sendiri, yang merekam benda itu,," ujar pengunduh yang mengaku bernama Jaka, yang menjawab Tribun melalui message facebook yang mencantumkan nomor telepon selularnya.


 

objek misterius yang diklaim sebagai ufo dalam rekaman


Bagi pembaca yang ingin melihat rekaman ini, bisa mengunduh video melalui link ini: http://hotfile.com/dl/47653938/ 2354441/penampakan_ufo_di_ pontianak. wmv.htm atau : http://www.4shared.com/video/jNSr3yzj/penampakan_ufo_di_pontianak.html
(akan tetapi entah kenapa link tersebut sudah tak bisa digunakan karena sepertinya telah dihapus oleh pemiliknya)

Tapi tenang saja, kalian yang memiliki akun facebook dengan mudah bisa melihat videonya di sini : ufo terlihat di pontianak sedang mengamati ke anehan matahari.   (tetapi tentunya anda harus meng-add beliau terlebih dahulu)
Pertanyaan pertama yang muncul di pikiran saya : " Siapakah identitas dari -Pontianak Barat Pasar Dahlia- ini ?
Kenapa saya rasa harus mencari akun Pontianak Pasar Barat Dahlia ini ? Karena dia adalah satu-satunya orang yang memiliki video penampakan UFO tersebut karena diposting pada akun facebooknya.Meskipun ada pernyataan seperti ini :

... seorang anak bernama ARI ketika sedang asik merekam ke anehan matari tersebut tiba2 terlihat sebuah UFO sedang mengamati matahari ini sungguh kejadian aneh yg blm pernah terjadi dipontianak.

Tidak sulit untuk mencarinya lewat akun jejaring sosial di facebook. Dan ini adalah profil pic di akun tersebut .
Pontianak Barat Pasar Dahlia


Dan identitas Ari yang dikatakan adalah anak yang merekam penampakan tersebut tidak diketahui dengan jelas, dan hanya merujuk pada pernyataan dari Pontianak Barat Pasar Dahlia ini .


Sekarang saya akan menunjukan sedikit preview dari gambar video tersebut yang mungkin bisa menjadi kunci dan petunjuk bagi kita untuk menganalisa kebenaran video tersebut.










  • Durasi video ini 1:55 menit. Di detik-detik awal, terlihat sebuah pemandangan halo matahari (akibat pembiasan cahaya).

  • Kemudian muncul sebuah objek hitam kecil yang nampak bergerak-gerak beberapa saat kemudian menghilang. ( Keadaan kamera bergoyang-goyang. )
  • Pada detik ke 58 dst, tiba-tiba video jadi terfokus pada sebuah objek seperti piring terbang yang berubah bentuk. 


 Dan pada akhirnya saya bisa mengambil 3 poin penting  dari video tersebut.

Pertama, saya yakin sekali pada awalnya yang ingin diambil adalah rekaman dari fenomena halo matahari. 

Kedua, objek hitam yang diduga sebagai UFO dan terlihat bergerak sebenarnya hanyalah seekor burung kecil yang sedang terbang dan tak sengaja tertangkap oleh kamera.

Ketiga, objek UFO berbentuk piring terbang dan berubah bentuk adalah sebuah video lain yang dengan sengaja dimasukkan ke dalam rekaman tersebut. Dan Sama Sekali Bukan Bagian Asli Dari Rekaman Tersebut. Anda  bisa membedakan dari warna langit pada saat kamera sedang mengambil rekaman halo, dan pada saat objek UFO yang berubah bentuk muncul (seolah-olah kamera sedang fokus pada objek piring terbang itu). Hal ini sepertinya tidak konsisten dengan jalannya rekaman dari awal sampai akhir.


Yup, tibalah kita pada kesimpulan dari 3 poin diatas. Yaitu : sebenarnya video tersebut awalnya adalah video yang ingin mengambil rekaman dari fenomena Halo Matahari,... tiba-tiba ada burung kecil yang terbang pada saat pengambilan video , kemudian terlintas sebuah pikiran dari seseorang untuk mengkaitkannya dengan UFO,, dan diberi sebuah sentuhan akhir dengan menggabungkan video tersebut dengan salah satu video UFO yang entah darimana asalnya.

Jadi saya merasa kalau video ini termasuk dalam kategori Hoax.

Seandainya memang ada orang-orang yang menyaksikan penampakan ufo tersebut , pasti rekaman video bukan hanya 1 saja. Melainkan ada beberapa sebagai bukti yang bisa menguatkan. Mengingat di zaman sekarang, masyarakat Indonesia pada umumnya telah memiliki handphone(dengan harga yang sangat terjangkau) dan rata-rata telah memiliki fasilitas kamera video.

Saya sarankan jika anda melihat video tersebut di : ufo terlihat di pontianak sedang mengamati ke anehan matahari , gunakan mode full screen dengan mengklik di bagian pojok kanan bawah. Anda pasti bisa menemukan kejanggalan disana.



(hawkson)

( tribunnews , )

16 komentar:

  1. Rey-ajah said...:

    pertamxx euy

    keren bro analisisnya

  1. H.Be said...:

    Setuju gan,ini Hoax,..ada 3 video jadi satu,..ada pengulangan ucapan sebanyak 2x(yg diputar dari kompi).
    masukan: untuk download video ini di facebook,gak perlu add atw join group Tribun Pontianak kok,..caranya:
    install Addons Download Helper di firefox,...setiap video yang diputer bisa didownload dengan satu kali klik saja.

  1. Anonymous said...:

    he he he mas hawkson
    pendukung inggris rupanya ya
    brarti kmaren kecewa dong
    kesebelasannya ditahan imbang
    sm amerika.

    maap ya commentnya melenceng
    dr topik =)

    -bunda arkan-

  1. hawkson said...:

    @Hb.e : thanks bro atas informasinya ..

  1. hawkson said...:

    @bunda arkan : haha.. Ia, saya menjagokan tim Inggris di piala dunia 2010 ini..Tidak apa-apa, meski hasilnya kemarin imbang, tapi saya tetap optimis.. (melenceng dari topik tidak apa-apa, saya malahan suka menjadi lebih dekat dengan para pembaca..hehe..makasih ya, bunda...)

  1. Rey-ajah said...:

    bro hawkson seya reyhans yg d fb hehehe promo si link dong bro http://www.ourworldisamystery.co.cc/
    d masukin yah bro di tmpat blog mistery yg laen thx

  1. hawkson said...:

    @Rey : iya..saya tahu anda bro reyhans,, akan saya taruh link anda di 'Blog Misteri' ya... ? (mungkin besok, karena saat ini saya tidak sedang pegang komp..)

  1. Anonymous said...:

    H.O.A.X

  1. Milestone said...:

    emm kayanya yg objek bergerak itu seperti layangan Mr.Hawks? hehehe

  1. hawkson said...:

    @Milestone : saya berani pastikan kalau objek yang bergerak cepat itu adalah seekor burung (pipit) kecil yang sedang terbang..anda bisa melihatnya kembali di videonya bro..dan bandingkan dengan burung2 yang dapat anda lihat sedang terbang di angkasa secara langsung..

  1. enigma said...:

    Saya sudah lihat rekamannya, dan saya setuju seratus persen dengan analisa kamu. Heran, video seperti ini bisa masuk media utama di Indonesia.

  1. hawkson said...:

    @enigma : iya brother... Saya juga melakukan eksperimen sederhana. Saya mencoba merekam langit, dan ada burung pipit yg lewat. Persis sekali dengan yg ada di video yg diberitakan. Itulah media Indonesia, masih kurang memilah-milah berita2 yg masuk u/ diangkat menjadi topik yg layak di beritakan.

  1. peluang bisnis said...:

    wah, mantap analisanya,
    saya juga setuju klo video itu tidak asli setelah menonton video itu

  1. Anonymous said...:

    aku org pontianak ne.. Mama ku jg ngambil foto fenomena halo,ada jg titik itam mutar2 sekitar matahari,padahal jarak rmh ari n kantor mama ku jauh.. Gk mungkin kan itu burung???

  1. hawkson said...:

    @anonymous :

    titik hitam yang kelihatan beterbangan hanya terlihat oleh kamera(hasil foto/rekaman) bro...?
    Saya yakin noda hitam itu hanyalah eksposure kamera dan terbentuk pada lensa akibat dari intensitas cahaya matahari yg mengenai lensa.

  1. Eddy said...:

    hemmmm..., Perlu pembuat/editor video ketahui bahwa dindonesia banyak orang Pinter, Pinter koment, pinter analisa, dan juga pinter berlogika. buat pembuat video boong macem ini ga usah ditampilin di internet,mending kasih liat aja sama keluarga lu didesa yg blom ngerti ma editan video.karuan juga video adegan lucu terekam kamera...hehehe...

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends