Lompatan Kilatan Cahaya Di Atas Awan - 'Leaping Sundogs' Fenomena Alam Baru?

Saturday, July 16, 2011

Memang untuk menjadi terkenal di era sekarang ini, peran internet atau situs-situs jejaring social seperti facebook, twittermyspace, youtube dan sebagainya bisa dengan sekejap mata menjadikan seseorang menjadi selebritis dadakan. 

Dan untuk membuat kehebohan, dunia maya memang adalah tempatnya. Dengan meng'update postingan-postingan berita dengan  judul yang sedemikian menarik minat antusias pembacanya, meng'upload video dengan gaya unik, lucu, memperkenalkan suara emasnya & segelintir cara instant lainnya untuk menjadi terkenal.

Tidak sedikit juga orang-orang mengupload video-video tentang fenomena - fenomena alam untuk dibagikan ke semua orang di dunia lewat media youtube. Entah yang di upload itu hoax atau real. Tidak sedikit juga pengguna internet atau konsumen berita menjadi korban berita bohong karena suber media yang tidak kredibel.

Dalam postingan kali ini, saya tidak akan membahas orang-orang yang menjadi terkenal lewat situs-situs jejaring social atau lewat youtube, melainkan sebuah fenomena alam yang mungkin saya atau anda lewatkan.

Leaping Sundogs
Di sekitar kita terdapat begitu banyak fenomena-fenomena alam yang kita sadari dan tidak kita sadari. Salah satunya adalah fenomena alam yang satu ini.







Mungkin bagi anda hal ini terlihat begitu biasa, untuk lebih jelasnya anda  bisa melihat video-video ini.

















Dari namanya Sundog, tentu anda teringat dengan fenomena matahari kembar. 




Iya memang fenomena lompatan kilatan cahaya yang terjadi di awan juga merupakan salah satu fenomena asmoferik yang menyebabkan  ilusi optik di atmosfer bumi. Akan tetapi fenomena ini seringkali kita lewatkan. 

Dari video penampakan fenomena ini dapat digolongkan menjadi lompatan kecil & lompatan besar.Distorsi tetesan uap air yang mungkin terjadi penyebab "sundogs "atau pola parhelia optik disebabkan oleh refleksi surya dari kristal es yang selaras. Seperti kita ketahui, kristal es adalah penyebab munculnya petir. 

Perlu diketahui Lompatan cahaya tersebut tidak sama dengan kilat/petir. 

Pengaruh sudut pandang manusia juga dipengaruhi dari Atmosfer Optik yang menjadikan lompatan-lompatan cahaya terlihat berbeda-beda.



"Semua kebenaran  mudah untuk dipahami sekali mereka telah ditemukan; point terpentingnya adalah  menemukan mereka." Galileo Galilei



(hawkson)

4 komentar:

  1. Anonymous said...:

    lenny :

    muantabh.... ^^

  1. Anonymous said...:

    haha.. kaya petir..
    tapi keren, lompat-lompat cahayanya.

    joker

  1. blogwalking ke sobat blogger :)
    boleh tukeran link bro?blogwalking ke sobat blogger :)
    boleh tukeran link bro?

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends