Brigadoon : Mitos Kota/Desa Yang Muncul 1 Hari Dalam 1 Abad

Saturday, June 16, 2012

Ketika kita mengunjungi suatu tempat/daerah, tentu saja kita akan sedikit merasa terkejut  apabila daerah yang kita datangi itu memiliki suasana yang lain daripada biasanya. Entah itu dari segi adat bahkan budaya yang berbeda dari budaya keseharian kita. Kita akan merasa penasaran untuk mendatangi lagi - dan lagi daerah-daerah yang memiliki ciri khas tertentu.

Apalagi bila kita mendengar suatu kota/desa atau daerah yang hanya 'ada' atau 'muncul' satu hari dalam satu abad. Sebagian dari kita akan menganggap hal tersebut adalah sebuah MITOS / Urban Legend yang sangat menarik untuk dibahas. 

Kali ini saya akan mencoba sedikit berbicara tentang Brigadoon : Kota/Desa Yang Muncul 1 Hari Dalam 1 Abad.  

Ketika anda mengetik keyword 'Kota Brigadoon' di mesin pencari Google, hanya akan ada satu-satunya artikel dalam bahasa Indonesia yang membahas tentang  Kota Brigadoon. 




Informasi mengenai  Kota Brigadoon dalam Bahasa Indonesia berasal dari artikel Blog  http://www.genoveva-alicia.co.cc/   
Berikut ini saya kutip isi dari artikel tersebut. : 

Brigadoon , sebuah kota (atau desa ?) yang misterius di Skotlandia

Hai Guys ..
Kali ini kita akan bahas mengenai Kota Brigadoon .. memang , informasi tentang kota ini sangatlah susah untuk dicari , karena Brigadoon hanyalah sebuah mitos yang diyakini oleh penduduk Skotlandia .
Skotlandia terkenal dengan negara yag penuh misteri dan mempercayai mitos-mitos seperti penyihir yang bisa melenyapkan anak kecil dengan sekali menjentikkan jari .. (Hebattt ... )

Kota Brigadoon adalah sebuah kota yang diyakini hanya muncul 1 hari dalam 1 abad atau 100 tahun ..
Kota Brigadoon diberkahi sihir alami yang membuat Brigadoon hanya muncul 1 hari dalam 1 abad ..


Brigadoon diberkahi sihir agar kota tersebut tidak dapat diubah atau dihancurkan oleh dunia luar .
Masyarakat kota tersebut tidur pada malam hari untuk bangun pada 100 tahun kemudian ..
Jadi , penduduk kota atau desa tersebut melewati satu abad hanya dalam 1 malam , .
Brigadoon diyakini telah membuat perjanjian dengan Allah , agar pesona atau situs-situs budaya yang ada di dalam nya tidak akan pernah hilang atau rusak dan akan tersimpan dalam kabut selamanya ..

Brigadoon memang sebuah misteri yang tidak akan terpecahkan , namun mungkin jika suatu saat ditemukan fakta lain tentang Brigadoon , dan Brigadoon tidak lagi menjadi sebuah misteri , mungkin Kota tersebut dapat hancur dan tidak akan pernah kembali atau muncul lagi selamanya ..

Hmm , memang sih .. Brigadoon hanyalah sebuah mitos , namun sebagai masyarakat yang berpengetahuan , kita harus berusaha mencari tahu , fakta-fakta tentang Brigadoon yang sebenarnya ..
But guys , KEEP BELIEVE WITH YOUR GOD !! ini hanyalah sebuah pengetahuan , jangan membuat kita menjadi paranoid dan tiidak percaya lagi kepada Tuhan kita ..

Regards ,




Informasi tentang Kota Brigadoon sangat terbatas, bahkan anda hanya akan menemukan Hotel, Apartement serta perumahan yang bernama Brigadoon. 

Brigadoon / Brigaddon 

Brigadoon atau Brigaddon adalah Mitos dari sebuah nama kota/ desa yang ada di dataran tinggi dan berkabut di Skotlandia yang dipercaya hanya muncul satu hari selama satu abad


Hal inilah yang menjadikan Mitos Kota Brigadoon turun menurun, sehingga terus berkembang di kalangan masyarakat Skotlandia yang berawal pada tahun 1754 dan setiap 100 tahun sekali diperingati sebagai hari peringatan Brigadoon dengan parade, dan tarian. 



Pada tahun 1954, kisah dari Mitos Brigadoon pun diadaptasi dalam sebuah film musikal dengan judul yang sama yaitu Brigadoon. 



Dan Brigadoon hanyalah satu dari sekian banyak mitos yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya  hingga saat  ini, lain halnya dengan tempat-tempat misterius berikut ini  : 

Monumental Instructions for the Post-Apocalypse


Lake Michigan Stonehenge



Underwater Ruins in Japan


Submerged Wonders of Alexandria, Egypt


The Mysterious Stones of Baalbek



Three Buried Ancient Megalithic Stone Circles



Easter Island




Stonehenge




Machu Picchu



Great Zimbabwe Ruins



Peru’s Chavín de Huantar Ruins



Coral Castle, Monument to Lost Love


(hawkson)


19 komentar:

  1. Broken science said...:

    Kayaknya kalo mitos bukan misteri namanya..

  1. Broken science said...:

    Kayaknya kalo mitos bukan misteri namanya..

  1. andri said...:

    bingung nih bacanya.kaga kena deh kayanya gan :)

  1. interista said...:

    baru muncul lagi gan

  1. FLLFFL said...:

    tadi saya search di google maps...malah nyasar ke namibia -_-

    saya punya sedikit info dari sumber bahasa inggris...mungkin dapat membantu bung hawkson dalam menceritakan kota ini :D

    Brigadoon is a musical which was written in 1947. The musical centers around an enchanted village in Scotland, and it features an array of traditional Scottish music and dance. Brigadoon has been performed all over the world, from small community theaters to major city stages. The story appeals to many people since it includes colorful Scottish culture and a simple, fun plot.

    According to the story, Brigadoon is a Scottish village which appears every hundred years for one day, as part of a deal with God which protects the village from harm. For the citizens of the village, the century passes as though it is only a single night. The enchantment on the village of Brigadoon will only last as long as no citizen leaves. If the enchantment is broken, the village will disappear forever into the Highland mists.

    The musical is actually based on a much older German folktale. However, in 1947, when Brigadoon was written by Alan Jay Lerner, German themes would not have been popular on the British or American stage, due to the recent World War. As a result, Lerner retooled the story, setting it in Scotland so that he could use the distinctive sounds of traditional Scottish music and the lush setting of the Scottish highlands. The music for Brigadoon was written by Frederick Loewe, and the first production was staged on Broadway; several special productions have also since been staged for film and television.

    http://www.wisegeek.com/what-is-brigadoon.htm

  1. Mighty Natar said...:

    sekedar mampir gan...maklum newbi lagi coba2 bkin blog....

  1. Anonymous said...:

    bahas tentang pahala kencana nyasar gan

  1. Heru Fernando said...:

    weeww ngeri juga yaa , tapi memang bener-bener misteri

  1. Anonymous said...:

    nice posting gan..
    Memang misteri dunia ga akan ada habisnya..
    Tanpa ada misteri pasti ga akan ada pengungkap misteri seperti bung E dan bung H..
    Hehe.

  1. yasha said...:

    knapa gak dceritakan tentang orang2 yang pernah menemukannya..aneh dan terlalu dipaksakan..kan mestinya dgambarkan ada orang yg pernah melihatnya kapan dan dimana..hoax ya hoax biar seru hehehe

  1. Anonymous said...:

    nice posting....
    ayo semangat utk trus berkarya....

  1. Anonymous said...:

    tampaknya itu hanya sebuah mitos masyarakat, tapi, dalam sebuah cerita pasti ada dasarnya.. banyak contohnya, indonesia juga punya mitos-mitos dalam setiap suku dan daerah .. tidak dapat dipungkiri mungkin saja hal itu benar adanya, seperti dalam Alkitab Kristen dituliskan bahwa Taman Eden juga telah "disembunyikan" dari mata Manusia saat manusia melakukan dosa.. dan akhirnya manusia diusir dan ditaman Eden ditaruh pedang berapi yang menjaga taman itu agar tidak dapat didatangi lagi oleh manusia.. good posting gan! menambah pengetahuan tentang misteri-misteri baru yang belum terpecahkan!

  1. Oktavia @Oktaviayinzz said...:

    Misteri yang unik dan memang sangat sulit dibuktikan coz kan munculnya 100 tahun sekali, dan ga semua orang juga bisa hidup hingga usia 100 tahun..
    :D Tapi boleh juga nih ilmuwan meneliti hal ini..
    Saran : Bahas juga donk masalah segitiga bermuda atau tentang orang2 yang pernah menghilang begitu saja dan gak pernah muncul2 lagi. :)

  1. Anonymous said...:

    Sayang ya isinya, padahal judulnya menarik.

  1. Anonymous said...:

    isi artikelnya sangatlah mengecewakan padahal judulny menarik tetapi isiny hanyalah seperti ini

  1. tien khadijah said...:

    Brusan t4 ini ada di on the spot trans7 and mmg isi infonya jg trbatas kyk gini.. mgkin mmg blm ada hasil penyelidikan lnjut yg didapatkn ttg desa ini.. tp amazing bgt mmg jk desa ini mmg bnr2 ada.. and sgl misteri didlmnya hanya ALLAH yg tahu :-)

  1. tien khadijah said...:

    Brusan t4 ini ada di on the spot trans7 and mmg isi infonya jg trbatas kyk gini.. mgkin mmg blm ada hasil penyelidikan lnjut yg didapatkn ttg desa ini.. tp amazing bgt mmg jk desa ini mmg bnr2 ada.. and sgl misteri didlmnya hanya ALLAH yg tahu :-)

  1. Yesa K said...:

    Sebenrnya meneliti seperti ini mudah saja, selama lokasi kota Brigadoon tadi sidah fix benar, tunggu saja selama 100 tahun :v muncul apa enggak, wakakakakaka . . .

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends