X-News: "Cacing Raksasa "Ditemukan di Idaho...?

Monday, May 3, 2010

Awalnya cacing ini diklaim telah lama punah. Akan tetapi penemuan ini menguatkan dugaan bahwa mitos telah punahnya spesies cacing raksasa ini tidak benar. Selama beberapa dekade, para ilmuwan sangat tertarik untuk melakukan penelitian tentang cacing ini. Konon, dari mitos yang berkembang di wilayah pertanian Palouse di perbatasan Washington-Idaho, cacing itu memiliki ukuran yang besar, dapat meludah ke mangsanya, serta memiliki bau seperti bunga lili.



Mitos Cacing Palouse
Cacing Palouse hanya empat kali dilaporkan keberadaannya selama 110 tahun terakhir, namun penduduk setempat bersikeras bahwa cacing itu masih ada di Palouse. Wilayah itu sekitar 2 juta hektar dekat Idaho dan Washington AS. Selama beberapa dekade wilayah itu menjadi daerah pertanian yang intensif dan  telah merusak habitat cacing itu, kata Steve Paulson dari lembaga Friends of the Clearwater. Hanya tinggal 2% wilayah Palouse saja yang masih alami.

Cacing itu bisa sepanjang 0,9 meter dan berwarna putih. Dan menariknya lagi cacing ini wangi seperti bunga lili/bakung, dan dapat meludah ke mangsanya, kata Greenwald...

Ini adalah satu-satunya foto yang beredar di internet dari cacing yang telah diklaim merupakan Cacing Palouse tersebut..


Spesies ini diberitakan telah ditemukan pada 27 Maret lalu oleh Shan Xu, seorang mahasiswa asal Idaho, dan Karl Umiker, asisten peneliti. Dikatakan juga mereka  menemukan tiga kepompong, dua di antaranya telah menetas dan tampaknya juga menjadi cacing Palouse raksasa. Seperti yang dikutip dari Media Indonesia. Anda bisa melihat berita ini dimuat di Media Indonesia Edisi 28 April 2010 di Sini 


Klarifikasi
Saya tertarik dengan nama Shan Xu, dan saya mencoba menjelajah mbah google..Ternyata sangat mudah menemukan namanya. Dan yang membuat saya terkejut, ternyata penemuan yang dilakukan Shan Xu ini sebenarnya sudah diberitakan pada 11 July 2009 yang lalu. Anda bisa melihatnya beritanya di Sini

 
Ini dia foto-foto penelitian yang dilakukan oleh Shan Xu.

Joanna Blaszczak, kiri, seorang mahasiswa di Cornell University, dan Shan Xu seorang mahasiswa pascasarjana dari Chengdu, Cina, sedang mengecek kedalaman lubang penelitian  saat mereka bekerja untuk menemukan  spesies cacing Palouse di peternakan University of Idaho di Moskow, Idaho.

Dan Ini Foto Spesies Cacing Palouse yang telah ditemukan oleh Shan Xu

Sampel dari spesimen Cacing raksasa Palouse dipelihara dalam tabung tes di University of Idaho.
(Sepertinya cacing tersebut sudah diawetkan.)


Kesimpulan

Pertama: Media Indonesia telah keliru dalam menulis informasi.

Kedua: Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah cacing yang ditemukan oleh para ilmuwan betul-betul merupakan Cacing Palouse yang telah menjadi legenda/mitos di daerah Palouse, Idaho..?


Ciri-ciri dari Cacing Palouse dikatakan berwarna putih, mengeluarkan bau bunga bakung/lili, kemudian menyemprotkan ludah ke korbannya.

Cacing Palouse yang ditemukan oleh Shan Xu berwarna putih dan mengeluarkan bau bunga lili.

Akan tetapi cacing yang ditemukan oleh para ilmuwan itu tidak menunjukkan hal tersebut. (seperti ciri-ciri Cacing Palose).

Bandingkan saja foto yang ditemukan oleh para ilmuwan dan foto sampel dari Shan Xu..

Anda bisa menyimpulkannya sendiri..

Postingan ini memang kurang begitu menarik, tapi karena saya lagi sibuk akhir-akhir ini..Anggap saja ini sebagai informasi..Hehe....

(onlineathens,telegraph.co.uk) 

(hawkson)

5 komentar:

  1. maysya said...:

    pertama lihat gambarnya, saya jadi ingat cacing di daerah kampung saya, gunungkidul. lantas saya pribadi menyimpulkan: bukankah alam masih menyimpan banyak misterinya? bisa jadi cacing yang ditemukan ilmuwan mirip dengan cacing yang saya lihat. saat itu (hingga sekarang) saya tidak heran bila ada cacing besar, seperti di kampung. tapi kalau cacing mengeluarkan bau bunga? saya baru tahu :D

  1. .:.Μιχαήλ.:. said...:

    hmmm ... jadi inget sama cacing laut ... soalnya cacing laut klo d angkat bisa "melar" 3x lipat dr ukuran aslinya ... klo gk salah ..

  1. boinck said...:

    Gunugkidul'e pundi mbak??

  1. Knows said...:

    wah cacing gede kayak gitu sich banyak di rumahku saat berhari hari gak hujan terus hujan lumayan lebat muncul dech tuh cacing cari tempat..

  1. whyu said...:

    cacing gede dulu di depan rumah gw ada tuh, ukurannya skitar 25cm lebih, di kirain anaknya uler taunya cacing, klomenurut gw itu terjadi karena kondisi alam, waktu itu depan rumah gw sebelum gw tanamin rumput peking gw paculin trus tanahnya di aduk pake pupuk organik yg di tambah sama urea, di diemin seminggu baru di tanami rumput, nah berapa bulan berikutnya, nah niatnya gw mo nanam mawar, di tengah lahn rumput tersebut gw gali, eh kluar cacing gede, sempet geli & kaget juga gw gw kirain uler, ternyata entu cacing ternyata sehat wal afiat berkat pupuk yg gw pake, mungkin kena mutasi tuh cacing..hi hi....klo bau wangi..ada mah bau busuk bro..wkwkwkwkwkk

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends