Penampakan UFO di Suramadu Bukan Hasil Sotosop. Penjelasan Alternatif..!!

Friday, June 25, 2010

Berawal dari adanya laporan berupa foto - foto yang di posting pada salah satu forum diskusi terbesar dan terkenal di Indonesia "KASKUS". Dua buah foto yang menjadi bahan pembicaraan memperlihatkan adanya objek terbang tak dikenal berbentuk " piring terbang "sedang melintas di kawasan Jembatan Nasional Suramadu.Foto tersebut diposting oleh seseorang yang menggunakan User ID: 559599.


 Apakah benar UFO sedang melintas di daerah Suramadu ?
Sebelumnya saya akan memperkenalkan sedikit tentang kawasan Jembatan Nasional Suramadu yang bagi saya merupakan salah satu jembatan yang begitu amazing di Indonesia bagi saya karena  pemandangannya yang indah dimalam hari..

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
 Jembatan Nasional Suramadu (Siang Hari)




Nah setelah berkenalan dengan jembatannya, sekarang mari sama-sama kita lihat foto yang mencadi topik pembicaraannya itu .


Dan ini adalah kutipan dari narasumber(UserID: 559599) pemilik foto tersebut :

halo gan...
ane cuma mau share aja nih gan
minggu lalu, tepatnya tanggal 12 Juni 2010 ane ke Suramadu gan...(sombong, baru pertama kali soalnya)
malem2 ceritanya...liat lampu jembatan yg warna-warni...jiwa potograpi ane ga ketahan...(padahal nubi)
berhentilah ane di ujung jembatan suramadu bagian Madura, cari posisi dan mulai menjepret...
Udah puas ane hunting di sono..balik lah ane gan....nah pas perjalanan pulang, sambil liat2 hasil jepretan, ane kaget gan...ada benda asing yg ikut kebawa di poto ane...
ane perhatiin mirip piringan....
kesimpulan sementara ane sih ngarahnya ke UFO gan
tapi barangkali dari agan2 ada yg bisa ngejelasin
langsung aja gan...dari beberapa jepret ane dapet 2 gambar yg ada UFO nya


Mungkin anda sulit untuk melihat objeknya maka saya telah menandainya  .


Foto 1



Foto2



Sekilas anda akan langsung berkata pada saya : "fotonya HOAX bro... Sotosop tuh....!!"


Jika  saya katakan pada anda semua bahwa menurut narasumber,  foto tersebut ASLI TANPA REKAYASA.. ? (bisa dilihat di thread forum tersebut, berkali-kali sang narasumber mencoba meyakinkan semua orang bahwa foto itu adalah asli )

Anda akan bertanya kembali pada saya : "apa buktinya kalau foto itu bukan hasil sotosop..?"

Sang narasumber telah memperhitungkan hal ini, bahwa kita semua pastinya akan mempertanyakan keaslian dari foto tersebut.

Software bernama  Opanda Power Exif digunakan oleh sang narasumber untuk meyakinkan kita bahwa foto tersebut bukan hasil sotosop.



Jadi foto tersebut asli donk...? Ada UFO lagi mampir di Indonesia.... !!

Tunggu dulu ...

Dalam kasus kali ini, saya memiliki 2 penjelasan alternatif .

Disatu sisi saya menghargai laporan dari sang narasumber (UserID: 559599) yang mencoba meyakinkan kita semua dengan mengatakan bahwa objek yang tertangkap kamera tersebut adalah murni tanpa sentuhan sotosop.

Penjelasan pertama :

Tahukah anda bahwa ternyata software bernama Opanda Power Exif yang digunakan oleh sang narasumber untuk meyakinkan kita ternyata merupakan salah satu software handal yang dapat membuat foto yang telah diedit “seakan-akan” menjadi metadata asli ?



Objek ufo yang terlihat pada foto 'jelas' seolah-olah ingin memperlihatkan kepada kita bahwa 'dia' sedang terbang dan di close up kamera.


Power Exif adalah salah satu EXIF Editor profesional, hal itu memungkinkan untuk membuat, mengubah & menghapus EXIF tag dalam citra digital dengan mudah & bebas.

  • Mendukung semua standar EXIF 2,21 tag & tag Perluas.
  • Menambah atau mengubah informasi GPS menjadi gambar.
  • Dukungan Max 60.000 charactors merekam dalam gambar
  • Powerfull & fungsi ekspor impor.
  • Mendukung mengubah & menghapus batch.
  • Dukungan JPEG, TIFF dan file Exif klise
Software ini juga bisa digunakan untuk membuat / mengedit sebuah film.


Masih ada banyak sofware sejenis semisal Exifeditor maupun Retouchpro. Exif Reader satu dari seribu aplikasi perubah token meta data yang sanggup merubah metadata kendatipun metadata tersebut diencrypt (Protected) Adanya aplikasi tersebut kembali meragukan keotentikan setiap foto yang diambil. 
Sekali lagi saya tekankan : Metadata bukanlah satu-satunya landasan dalam ketetapan keaslian setiap foto namun yang terpenting adalah analisis segala informasi dalam setiap permasalahan yang ada menjadi motivasi yang wajib dalam mencari informasi antara foto dengan keadaan sebenarnya.



Penjelasan kedua :

Jika foto tersebut sama sekali tidak mendapat sentuhan sotosop / Opanda Power Exif (mengingat sang narasumber berkali-kali meyakinkan keaslian foto tersebut), maka saya akan mencoba memberikan teori yang satu ini :

Dalam dunia fotografi, ada fenomena yang disebut "bonus pemotretan". Fenomena ini adalah benda-benda atau hal lain yang tidak tampak saat pemotretan, tapi ada pada hasil fotonya. Bonus ini bisa berupa kilatan-kilatan cahaya, bayangan yang menutupi subyek, sampai dengan benda-benda yang dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis.

Fenomena ini adalah munculnya kilatan-kilatan cahaya yang tak tampak pada pemotretan seperti pada Foto diatas. Kilatan cahaya itu biasa disebut flare, dan umumnya sudah terlihat saat pemotret membidikkan kameranya. Flare terjadi karena ada cahaya yang datang dari samping dan ikut masuk ke dalam badan kamera. Fenomena seperti ini pada Foto diatas yang tidak terlihat saat pemotretan umumnya terjadi kalau menggunakan kamera yang memakai filter infra red (IR) di sensornya. Jadi, flare terjadi di filter IR-nya.


Flare bisa terlihat saat membidik apabila flare terjadi sebelum cermin refleks. Kalau flare terjadi setelah cermin refleks (yaitu persis di depan sensor), ia hanya terlihat pada fotonya saja.

Objek UFO di bawah ini juga tercipta dari efek flare pada lensa kamera.






Objek seperti ufo tersebut tercipta akibat dari efek pantulan cahaya - cahaya.





Cahaya UFO  tersebut sebenarnya berasal dari pantulan sumber cahaya yang berada di sekitar tempat pengambilan foto tersebut.

Semua yang saya kemukakan dalam artikel ini hanyalah teori dan pendapat pribadi saya saja. Bisa saja saya salah dan keliru.


Nah, bagaimana pendapat kalian ?

(hawkson)


(wikipedia  , darkstar1.co.ukwww.ufo-blog.comopanda )


KOMENTAR PILIHAN
Evan said...
hai bang hawkson,saya baru saja baca postingan ini,dan karena saya seorang yang mempelajari fotografi,maka saya akan mencoba menjawab melalui sisi teknik fotografi.
Nah dalam foto yang saya lihat,jika saya tidak salah lihat disitu terlihat pada foto 1 kendaraan yang melaju menjadi blur,dan difoto 2 menjadi blur yang berupa cahaya,bercahaya atau tidak ini hanya karena arah datang kendaraan berbeda saja. Nah blur ini menunjukan bahwa gambar diambil dengan shutter lambat (yang memang teknik biasa dalam pemotretan suasana malam hari),jembatan tetap fokus karena diam,sedangkan objek bergerak menjadi blur. Namun kita perhatikan objek yang dikatakan "UFO" tsb sama sekali tidak blur bahkan diam,seolah diambil dengan shutter sangat cepat,padahal jelas ufo tersebut "dimaksudkan" bergerak oleh orang yang upload foto ini karena di foto 2 posisinya sudah berubah. Jadi menurut saya ini hoax,karena ini sangat tidak mungkin dalam teknik fotografi. Soal pembuktian nya dengan bermacam software pendeteksi editing atau bukan saya tidak tau soal itu,yang jelas ini sangat tidak mungkin dalam fotografi yang menggunakan shutter lambat.

Bagaimana menurut Bang Hawkson?

38 komentar:

  1. Anonymous said...:

    keren bang!

  1. Risda said...:

    very very interesting..
    i thought it was hidden light.. yah semacam cahaya samar karena adanya pemantulan atau pembiasan cahaya aja..
    btw, sedikit kaget sih, karena domisili saya di surabaya..
    ahahahaha..
    kalopun UFO sih, i cant wait to meet em..ahahaha
    hell yeah, interesting...

  1. Anonymous said...:

    dari Tresna Asti

    saya kurang percaya kalo itu dibilang ufo.. Gelap malam suka mengecoh soalnya.. Hee
    penjelasanny oke Kak!
    ^___~

  1. KraKen said...:

    Ini dia penjelasan yang detail,..terus terang hal ini selalu dibantah para UFO Believer,..saya juga mengatakan hal yang sama tentang penampakan ufo dilangit surabaya namun saya tidak pandai mendetail seperti ini.Awalnya saya berpendapat seperti ini karena diceritakan teman saya ( warga asing ) bahwa fotografi selalu memiliki efek yang tidak dimengerti orang awam dan selalu dijadikan bualan besar tentang UFO.dan sekarang saya semakin mengerti...tapi jika ada yang bertanya apakah saya percaya UFO??hhmmm ...saya tidak punya jawabannya

  1. Evan said...:

    hai bang hawkson,saya baru saja baca postingan ini,dan karena saya seorang yang mempelajari fotografi,maka saya akan mencoba menjawab melalui sisi teknik fotografi.
    Nah dalam foto yang saya lihat,jika saya tidak salah lihat disitu terlihat pada foto 1 kendaraan yang melaju menjadi blur,dan difoto 2 menjadi blur yang berupa cahaya,bercahaya atau tidak ini hanya karena arah datang kendaraan berbeda saja. Nah blur ini menunjukan bahwa gambar diambil dengan shutter lambat (yang memang teknik biasa dalam pemotretan suasana malam hari),jembatan tetap fokus karena diam,sedangkan objek bergerak menjadi blur. Namun kita perhatikan objek yang dikatakan "UFO" tsb sama sekali tidak blur bahkan diam,seolah diambil dengan shutter sangat cepat,padahal jelas ufo tersebut "dimaksudkan" bergerak oleh orang yang upload foto ini karena di foto 2 posisinya sudah berubah. Jadi menurut saya ini hoax,karena ini sangat tidak mungkin dalam teknik fotografi. Soal pembuktian nya dengan bermacam software pendeteksi editing atau bukan saya tidak tau soal itu,yang jelas ini sangat tidak mungkin dalam fotografi yang menggunakan shutter lambat.

    Bagaimana menurut Bang Hawkson?

  1. fukyu said...:

    baru tau ane klo ternyata cuma efek, nice info deh gan

  1. Anonymous said...:

    Ardy said,
    wah.. kalo aku sih lebih terpukau sama millau viaduc di prancis dari pada suramadu. jembtnya tuiiiinngggii bgt bang..! eiffel aja kalah tinggi. Coba deh bang hawkson sekali x cari fotonya di google (jadi OOT)

    BTW, Mungkin si alien udah bosen jalan2 di amrik mulu. Jadi dy ke surabaya beli rujak cingur trus sekalian mampir ke madura beli oleh-oleh sate. Hahaha..

    Btw, bang hawkson orang fotografi yah? Keren penjelasannya..

    Salam kenal!

  1. hawkson said...:

    @Evan :

    Saya sependapat dengan anda. Begitu fokusnya terlihat objek ufo tersebut, membuat keaslian foto ini semakin diragukan.

    Mengenai hal teknisnya seperti yang sudah anda jelaskan, kira-kira seperti itu.

    Software yang digunakan adalah sebagai tolak ukur dari keotentikan hasil foto yang di perlihatkan.Tetapi tanpa diduga, ternyata software tersebut adalah ahli manipulasi gambar dan video yang hebat.

  1. hawkson said...:

    @ ardy :

    Jembatan the millau viaduc merupakan jembatan tertinggi di dunia yang terletak di prancis. sungguh amazing..
    sekali-kali saya ingin mencoba menginjakkan kaki di sana.. haha..

    oh ia, saya bukan orang fotografi koq. tapi agak mengerti sedikit mengenai foto dan kamera.

    Salam kenal juga..

  1. hawkson said...:

    @ kraken :

    soal foto ufo yang terlihat di langit surabaya 100 % HOAX dan sudah saya diskusikan dengan brother enigma.

    objek yang terlihat di bawah cahaya bulan (pada foto ufo di langit surabaya), sebenarnya hanyalah pantulan dari cahaya bulan itu sendiri. dan saya berani membuktikan hal tersebut.

  1. Teguh said...:

    Kenapa foto yg di kira ufo dari indonesia kebanyakan langsung menyatakan hoax. Walau pun ada penjelasan ilmiahnya. . Tpi klo dari luar kita selalu percaya klo asli ?. .

  1. hawkson said...:

    @Teguh :

    benda/object terbang dapat diklasifikasikan menjadi dua. Objek yang dikenal dan yang tak dikenal.

    Seperti dari definisi UFO "Unidentified flying Object", yang dalam bahasa indonesianya adalah "Benda Terbang Tak Dikenal".

    Pesawat, burung, balon udara atau entah apapun itu yang melintas di angkasa yang kita tak tahu apa benda tersebut bisa kita sebut sebagai "UFO".

    kebanyakan berita kemunculan ufo di luar negeri saya rasa sebagian besar juga adalah HOAX (editan gambar dll), dan tidak sedikit juga yang Asli. (hal ini merujuk pada pengertian UFO : sebagai objek yang tak dikenal itu.)

  1. Anonymous said...:

    ufonya ngeblur gan. itu yang contrasnya udah ditinggiin keliatan jelas pergerakan ufo.

    apapun itu. gue percaya ufo itu ada. karena gue udah ngeliat sendiri dengan mata ini secara langsung.

    kaskus: putrachandra

  1. bangteh said...:

    berdasarkan dari sumber sebenarnya yaitu dari forum kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4505534
    maka ane nyimpulin :
    *mencurigakan, sehingga ane lebih yakin ini HOAX alias sotosop (kecuali agan TS gak boong, ato dia berani nyebut..semisal "demi..=*tuhan-nya TS=.. " berani gak??

    1. bagaimana bisa si TS langsung ngeh kalo dipotonya ini ada yang 'aneh', sesuatu yang mirip piring (si TS bilang"ane perhatiin mirip piringan").., padahal cahaya (sebelum di exposure) hampir tidak keliatan, kapan tepatnya "waktu" si TS benar-benar ngeh kalo itu berbentuk piring, setelah di soto kah

    2. bagaimana bisa ada dua gambar yang diambil dalam waktu berbeda tapi posisinya masing2 pesawat ditempat yang sama/tidak beda2 amat, hanya dengan pose yang beda pula?? , bisa TS jelasin gak "selang" waktunya?, keculai memang sengaja dibuat begitu.. *Failed

    3. Failed again-kah?. ane coba buka jpeg yang ini ke photoshop, ane liat terlalu perfect keknya jika itu semacam efek blur/bayangan, sedangkan di gambar seakan2 gambar-nya menekankan bahwa piring ini bergerak dengan kecepatan penuh, seharusnya gambar tidak sebagus itu (IMO).
    dan jika ini konvoi, dengan jarak dan formasi seprti itu?? sangat aneh sekalleee

    3. Info aja, ada software namanya EXIF Editor profesional (seperti yang salah satu agan pake buat buktiin disini), dan ternyata EXIF ini program buat memanipulasi data yang udah diedit di potoshop jadi kek gak pernah di photoshop, a.k.a ASPAL, contoh jika agan klik kanan-properties-summary file jpeg yang udah di sotosop maka ada keterangan bahwa itu pernah diedit melalui program "photoshop". Tapi bisa diilangin tuh data dengan ngakalin-nya pake EXIF ini.

    CMIIW
    no offense, ane juga pengemar sci-fi, dan ane percaya UFO kok, tapi ..
    please.. ane paling benci HOAX

  1. bangteh said...:

    * tambahan ya mas Hawkson,
    nee barusan ane test pake sofwer penguji keaslian photo (kira2 udah pernah diedit ape blom), JPEGsnoop [http://www.mydigitallife.info/2009/03/17/how-to-identify-if-pictures-are-original-or-been-edited-before/] ternyata eh ternyata hasilnya begini:
    [http://u.kaskus.us/5/splw0b6c.jpg]
    artinya tuh gambar telah diedit menggunakan sofwer Apple ImageIO. framework, lhooo..

  1. Andika said...:

    Selamat ya bang masuk nominasi di Lintas Berita. Sudah buat akunnya ya

  1. hawkson said...:

    @bangteh:

    wah, anda telah menganalisa fotonya ya bro...hebat...!gud job bro... :)

  1. hawkson said...:

    @Andika :

    wah..thanks ya bro atas dukungannya..
    Awalnya kalau tidak salah, saya juga pernah membuat akun di lintas berita.tapi karena udah lama dan jarang digunakan, saya lupa passwordnya .:)

  1. TYrips here!!!

    wah, kayaknya bro hawkson nggak percaya kalo UFO itu ada ya?? diliat dari 2 kemungkinan yang diberi. hmmm..,

  1. 12 juni hari ulang tahunku tuh....

  1. hawkson said...:

    @TYrips Richard Rondonuwu :

    saya tidak pernah mengatakan bahwa saya tidak percaya dengan adanya UFO. Sekali lagi kembali pada pengertian 'UFO'nya sendiri. Jika ada benda yang terbang/melintas di angkasa tapi saya tidak tahu namanya, pasti saya menyebutnya UFO.
    Tentang dua penjelasan alternatif tersebut hanya pendapat saya mengenai keotentikan sebuah foto UFO (entah itu adalah rekayasa atau tidak).
    Dan kesimpulan dari semua itu saya kembalikan kepada para pembaca. :)

  1. bangteh said...:

    sori, cuma mo klarifikasi atas argumen ane diatas, si TS (yang aplot photo) ternyata bener, setelah dia upload lagi photo yang sama, tanpa editan, hasil test positive original gan,, :) nee dia hasilnya.. => http://www.kaskus.us/showthread.php?p=236537287#post236537287 <=

  1. itok said...:

    wah maaf nyasar ke forum ini,mau ikut meramaikan aja sih..kebetulan dari mbah google kok nyambung ke situs ini..
    sebenernya ga pengen ikut2an juga sih..tapi berhubung ada yang bilang gambar ini hoax or editan..jadi ingin angkat bicara nih..

    Fakta pertama
    Ane ada di lokasi saat pengambilan gambar bersama TS,jaraknya kurang lebih 200 meter lah,karena ane cuman nunggu di mobil,sedang TS mengambil gambar ke dekat jembatan

    Fakta kedua
    Kalau itu gambar editan, berarti TS harus mengedit gambar selama perjalanan dari TKP ke mobil kami menggunakan photoshop atau sejenisnya,padahal ga bawa laptop,kalaupun bawa laptop pasti canggih banget photoshopnya,dalam waktu singkat pula..

    Fakta ketiga
    Gambar pertama kali saya lihat pas TS sampe di mobil,dan itu jelas banget kelihatan nya,walaupun samar2 juga kaya flare..sempet ga yakin juga sih..

    Fakta keempat
    penggunaan EXIF Editor profesional adalah inisiatif salah seorang kaskuser yang mencoba membantu,dan bukan TS yang menganalisanya atau menggunakannya
    Klaupun ada pengeditan karena kebutuhan memperkecil gambar, biar ga terlalu berat dibuka di kaskus

    kesimpulan nya ane sih, ga tega juga dibilang hoax,masih mending dibilang UFO (Unidentified flying object) atau (Unidentified flare object)..hehehe peace ah..menurut agama ane penghuni alam semesta cuman manusia,binatang,tumbuhan dan jin...so...belive or not ajah..

  1. Anonymous said...:

    fotonya tidak tampil semua kang..

  1. Anonymous said...:

    Haahaaaayy... Bro hawkson@ ad saksi mata(bro itok) tuh...... Qo ga djwab???

  1. hawkson said...:

    @itok :
    Wah-wah.. Saya tidak mengatakan kalau foto itu rekayasa loh bro..
    Bukankah saya hanya mencoba memberikan penjelasan alternatif.. :)
    Jika anda benar merupakan satu-satunya saksi kunci, maka saya tidak menyalahkan anda dan TS..
    Memang dunia ini penuh dengan misteri ya..
    :)

  1. Anonymous said...:

    Kesimpulan yang paling gampang adalah memang ada yang hoax dan memang ada juga yang nyata. Cuma kita baru bisa memahami yang hoax dengan tehnology IT. Sedang kan yang nyata tehnology yang ada belum mampu menjelaskan secara detail dan memuaskan. Siapa yang bisa menjamin cuma ada 1 bumi aja di jagat raya ini. Tentu saja tidak berarti setiap ada "barang aneh" di hasil foto kita langsung di cap hoax. Pasti ada orang2 pinter keblinger yang doyan bermain sotosop untuk kepuasan pribadinya dengan melihat orang lain jadi penasaran dan membicarakan hasil karya nya. Kasus yang masih segar circle crop di Sleman. Sampe ada petinggi militer yang ikut terpengaruh. Padahal hasil penelitian LAPAN menunjukan tidak ada nya "bangsa asing" yang mampir di Sleman. Yang gak percaya silah kan yang percaya juga silah kan. Sampe kapan pun hal2 gini pasti akan ada.

  1. xyzyp said...:

    wah, bener bener keren analisisnya
    maju terus, bang hawkson

  1. Anonymous said...:

    tp kalau itu hasil dr pantulan lampu.. lampu yg mana

  1. Anonymous said...:

    ilusi optik

  1. phantom said...:

    saya percaya adanya piring terbang karena pernah melihat dengan mata langsung,,yang tak percaya sah sah saja karena belum pernah melihat langsung,,

  1. yogi rivan said...:

    wah klaw yg ini saya gk bisa banyak komen deh
    >>>>>tapi aku ada pengalaman asli no hoax berani disambar gledek klw bohong ini bersama 5 sahabt ku
    di malam tahun baru kami duduk di atas loteng
    ada benda bentuk nya oval dan banyak cahaya berkedip2
    kami kira petasan atau semacam nya,..yang aneh nya ko gk padam2 tuh cahaya..malah ..yg buat kaget lagi dia bergerak tak semestinya
    cpet x deh!!! seperti bawak motor nikung sana nikung sini
    dan itu hanya berapa menit saja dan mengilang seperti sambaran petik..bisa dilihat tapi ajaib

  1. baru tau say kalo kayak gitu, berarti selama ini saya tertipi teman2 saya.

  1. Riska Pradipta said...:

    Waaaah. Sepertinya hoax :| Tapi saya tdk tau kebenaran aslinya yaaa, menurut saya sih hoax.

  1. EnDah Rezeki said...:

    Misteri bang.. masih misteri hahahah.. baca komen2nya n penjelasan alternatifnya jd bingung hahhaah.. segalanya bisa mungkin dan bisa jg tidak mungkin.halah pendapatku ambigu amat... cm bisa ngerutin dahi saking bingungnya :D @Sheriz_

  1. headhy said...:

    amat sangat bermanfaat sekali sangat

  1. Anonymous said...:

    bagus skali fotonya.. jepret pake kamera apa tuh om ? kamera hape, poket, atau dslr ? abis jepret bisa tau ada gambar ufonya liat hasilnya dimana ? layar hape, poket apa dslr ? kok bisa keliatan ya ? padahal kan layarnya kecil banget... padahal ga bawa laptop juga... trus uploadnya pake hape ? kan ga bawa laptop buat pindahin fotonya ke hape juga yah...

  1. nano romansyah said...:

    herannya semakin kesini kok banyak penampakan ufo,dan heranya lagi ufonya gag pernah mendarat mampir ngpn ke di bumi,terbang mulu gag takut bensin abies!!!repot khan kalau kehabisan bensin diatas .

    teknologi IT semakin maju>semakin banyak penampakn ufo"heran juga"

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends