Kemunculan 'The Phantom Black Dog' (Anjing Hitam)

Thursday, July 8, 2010

Mitos kemunculan anjing hitam besar dan laporan-laporan keunculannya dikaitkan dengan kekuatan supranatural dan mistis. Dari novel karya sir Arthur Conan Doyle hingga Harry Potter dan segelintir karya-karya besar lainnya menceritakan tentang adanya sosok makhluk besar dan berhubungan dengan kematian. Apakah kisah-kisah semacam ini hanya fiksi belaka ?. 
 
Dalam laporan beberapa tahun terakhir ini telah terus muncul laporan dari penampakan Anjing Hitam seperti sosok serigala. Sekarang ahli zoologi dan pakar di bidang paranormal menyerukan penyelidikan untuk membuktikan eksistensi mereka.
 
 

Richard Freeman, direktur zoologi di Pusat Fortean Zoologi di Bideford, Devon, berkata Black Dog telah dilaporkan di Britania, di Eropa dan di Amerika Selatan. Dia berkata: "Aku akan memberikan dukungan bagi penyelidikan secara menyeluruh untuk menyelidiki keberadaan mereka.

"Jika salah satu bisa ditangkap entah dalam bentuk film atau direkam dengan kamera thermal mungkin memberi kita petunjuk dengan sifat makhluk-makhluk ini." Sebuah laporan dalam rincian Countryfile bulan ini majalah legenda lebih dari selusin Black Dog dengan nama liar seperti si anjing Yell dari Devon, Anjing Lean dari Tring, yang Padfoot dari Wakefield, Anjing Gurt dari Quantocks, Mauthe Dhoog dari Isle of Man dan Gwyligi of Wales.

Dr Simon Sherwood, dosen senior di bidang psikologi, direktur Pusat Studi Psikologis Proses anomali di University of Northampton, berkata: "Kemunculan dari Anjing Hitam tentu tidak hanya berupa cerita legendaris dari ratusan tahun yang lalu. Saya masih menerima laporan dari orang-orang yang telah mencari informasi mengenai penampakan serupa dan telah melaporkannya di website saya.

"Saya mungkin telah dikumpulkan sekitar 50 atau 60 laporan dari seluruh dunia selama 10 tahun terakhir ini dan beberapa di antaranya penampakan baru."

Berikut ini beberapa laporan yang tercatat :

Lokasi: Alveston (Warwickshire) - Exact lokasi tidak dikenal

Komentar lebih lanjut: Charles Walton (orang yang sama yang dibunuh di Lower Quinton ) mengklaim telah melihat hantu anjing hitam  untuk beberapa malam berturut-turut, pada malam terakhir nerikutnya, bukannya anjing, ia melihat kemunculan seorang wanita tanpa kepala. Beberapa hari kemudian ia segera mendengar bahwa adiknya telah meninggal di sekitar waktu yang sama dengan penampakan terakhir. 
 
Lokasi: Baildon (Yorkshire)

Komentar: Anjing besar dengan mata yang sangat menakutkan menghantui daerah ini. 
 
 
Penampakan dari Black Dog telah dilaporkan di seluruh Inggris sejak awal 1500 sampai hari ini. The Black Dog sering digambarkan sebagai anjing hitam besar ukuran sapi atau beruang, dengan cakar yang besar, taring, bulu kusut atau kusut dan mata merah menyala.

 
Anjing hitam (The Phantom Black Dog) adalah nama yang banyak ditemukan terutama dalam cerita rakyat dari Kepulauan Inggris . Black dog  yang menampakkan dirinya di malam hari , sering dikatakan berhubungan dengan Iblis , dan dianggap sebagai suatu pertanda kematian. Hal ini dikarenakan bentuk tubuhnya yang lebih besar dari anjing normal dan memiliki sepasang mata yang bersinar dan dianggap menyeramkan.


Illustrasi The Phantom Black Dog

Asal - Usul
Asal-usul Black Dog sebenarnya sangat sulit untuk diselidiki. Tidak mungkin untuk memastikan apakah makhluk itu berasal dari Celtic atau Jerman karena berkaitan dengan unsur dalam budaya Inggris. 
 
 
Sepanjang mitologi Eropa , Black Dog telah dikaitkan dengan kematian.



Cerberus dalam bahasa Yunani dan mitologi Romawi, adalah anjing berkepala multi yang penjaga gerbang Hades, untuk mencegah mereka yang telah menyeberangi sungai Styx dari yang pernah melarikan diri. Cerberus ditampilkan dalam banyak karya sastra kuno Yunani dan Romawi dan dalam karya seni kuno dan modern dan arsitektur. Seperti kebanyakan makhluk dari mitologi klasik, gambaran dan latar belakang sekitarnya Cerberus sering berbeda di berbagai karya oleh penulis yang berbeda zaman itu, perbedaan yang paling menonjol menjadi nomor kepala, sedangkan sumber-sumber yang paling menggambarkan atau menggambarkan tiga kepala, yang lain menunjukkan kepadanya dengan dua atau bahkan hanya satu, menunjukkan angka yang lebih rendah jumlah variabel, kadang-kadang setinggi 50.


Black Dog hampir secara universal dianggap sebagai jahat, dan beberapa (seperti Barghest ) dikatakan berbahaya . 
 
 Barghest
 
Tetapi bagaimanapun juga dikatakan bahwa jenis seperti Dog Gurt di Somerset dan Black Dog dari Hanging Hills , dikatakan berperilaku murah hati. 


Satu legenda diceritakan mengatakan tentang pembantaian orang Chumash oleh Yankees di daerah Jalan Creek. Pada awal abad 19, para Chumash yang tidak bergabung dengan para missionaris sedang berusaha untuk melanjutkan cara hidup mereka. Peternak menyalahkan mereka atas kematian ternak dan pencurian ternak. Mereka terpojok dan mengatakan mereka harus pindah. Mereka menolak, dan dalam kebingungan terjadi baku tembak dan pembunuhan.
 
Mereka yang telah menjadi saksi mata melihat makhluk tersebut  dengan ukuran yang sangat besar, ada yang mengatakan sebagai besar sebagai kuda kecil atau kuda poni. Mungkin ini adalah salah satu asal muasal dari kisah kemunculan  sosok anjing hitam yang menggemparkan tersebut.
 
 
 
Memang kisah ini kurang begitu menarik, tapi saya tetap menulisnya karena kemunculannya yang misterius beserta laporan-laporan adanya saksi mata, serta kaitannya dengan mitology dan tercatat dalam legenda dari Kepulauan Inggris bagi saya adalah sesuatu yang 'sekedar' perlu untuk diketahui.

Apakah di derah anda juga terdapat kisah kemunculan makhluk seperti  ini ?

(hawkson)

15 komentar:

  1. Anonymous said...:

    Pertamaxxxx

  1. H.Be said...:

    Ini menarik!!

    Sebab mengingatkan saya akan kejadian sebulan pertama mendiami rumah saya yang baru..ceritanya begini:

    Sekitar jam 02:30 pagi dibulan januari 2008, isteri saya mendengar dengus nafas seekor anjing disamping rumah..tadinya saya biarkan saja..sebab normal kalau malam malam anjing suka berkeliaran..oh ya saya dan isteri baru sebulan ditempat ini. Karena suara desis dan ribut semakin menjadi-jadi..saya pun buka pintu sambil mengejar anjing itu, ada dua ekor anjing hitam besar yang saya lempar pakai sepatu safety..lalu saya kembali kerumah dan tidur. Kejadian serupa berulang hingga 3 malam..karena bosen mengejar dan melempar anjing biadab itu..saya lalu memutuskan mencaritahu siapa pemilik anjing di pulau kecil ini.

    Apa yang saya dapatkan??

    Penduduk lama/lokal yang jumlahnya cuma 200an orang tidak satupun yang memelihara anjing, apalagi anjing setinggi pinggang orang dewasa..nah loh

    Terhitung sejak hari dimana saya keliling mencari anjing dimaksud,(ampe masuk hutan dan rumah2 kosong yang jumlahnya puluhan)..kedua anjing hitam tinggi tidak pernah terlihat atau datang disamping rumah lagi..sampai sekarang.

    Dan setelah baca artikel ini, saya jadi tahu kalau ada mitos anjing hitam seperti itu..

  1. Anonymous said...:

    baru update ya bang!
    Black dog sama ga dengan warewolf?
    Nais inpoh.

  1. KraKen said...:

    WAH,..komen pertama dihapus aja gan,..error tadi tuh

  1. hawkson said...:

    @H.Be / Kraken :

    haha..
    Ngomong2 daerah tempat tinggalnya dimana bro waktu ada kejadian tsb..?
    Thanks sharenya ya bro.. :)

  1. KraKen said...:

    Sebuah Pulau kecil dengan panjang 1.6Km, berada paling dekat dengan Singapura. Bisa dilihat di Google Earth,Pulau Sambu...Pulau ini merupakan Bunker PT.PERTAMINA, jika dilihat dari udara banyak tanki tanki minyak bersebar diseluruh pulau.Banyak rumah2 peninggalan belanda dan bangsal kosong. Cukup seram untuk team uka-uka datang kemari.

  1. hawkson said...:

    @Kraken :

    wah.. Bisa di adakan uji nyali tuh bro di daerah tersebut.
    Ternyata laporan mengenai penampakan anjing hitam ini bukan hanya ada di negara seberang ya.

  1. Zero said...:

    Kalo di saya bukan anjing, tapi kucing. Kucingnya melebihi ukuran rata-rata, warnanya putih dan bersinar. Kejadiannya pukul dua malam, tidak sengaja waktu hendak membuang sampah. Anehnya saya tinggal di daerah padat penduduk di kota Bandung. Dan itu satu2nya penampakan yg saya lihat xD

    kalo hasil tanya-tanya serta baca2 sih disebutkan namanya kucing sero. Mungkin ini nama di daerah saya. Kalo ada yg tau infonya tolong dishare karena saya jadu penasaran juga >.<

  1. admin said...:

    sebenernya agak lawas di Malang sich, tepatnya di daerah DAU.
    Kabarnya ada anjing hitam yang memangsa ternak penduduk setempat.
    Sempat search dan kebanyakan berita ini ditulis koran lokal, dan oleh koran Surya pada tgl 24 feb 2010.
    http://www.surya.co.id/2010/02/24/domba-luka-koyak-makin-kuat-dugaan-serigala.html
    (sekedar share broo)

  1. LEFT THINKERS said...:

    tuker link saya yah thanks:

    www.leftthinkers.blogspot.com

  1. Anonymous said...:

    q pling suka ma anjing.wlw sdkt mxermkn,ttp z lcu. .pgen cubit pi2x dc si black dog yg lcu. .hehe

  1. KraKen said...:

    to Zero;

    Wah kucing gede?putih?..seram juga tuh, kucing kecil aja kalau nyakar sakit minta ampu..apalagi kalau guede.

    Buat Bro Hawkson, Ada Award buat sahabat di blog saya. Silahkan diambil jika berminat.

    Kamsia hahaha

  1. Ceritanya menarik ue suka yg mistery....
    dapat dari mna tuch......

  1. artikel menarik bro .. ^^
    tuker link dengan saya yaa ...

    http://ekapatriargadani.blogspot.com/

    Makasih ..

  1. Anonymous said...:

    kebetulan saya pernah bertemu anjing seperti itu bentuknya seperti herder tapi lebih besar saya tanpa sengaja menabrak dengan sepeda motor saya saya pikir anjing itu mati atau pingsan saya seret ke pinggir karena berat tiba tiba anjing misterius itu menyerang saya saya terkejut spontan saya tahan dengan kedua tangan saya tapi kemudian anjing itu mengigit tangan kiri saya sampai terluka dan kemudian lari kehutan dengan tangan terluka saya kembali ke rumah bibi saya untuk diobati tapi seminggu kemudian ketika saya buka perbanya luka itu hilang hanya sisa sisa darah yang ada pada kain kassa dan perban yang dibalutkan oleh bibi sejak kejadian itu saya selalu mimpi seram dan aneh sebab ketika mimpi tentang hantu atau mahluk yang menakutkan anjing itu selalu muncul dan mengusir mereka tapi yang paling aneh adalah saya sering tidak sadarkan diri dan menurut teman teman kuliah saya yang menyaksikan ketka saya tidak sadar saya beperilaku seperti anjing bahkan pernah hampir mengigit teman saya bahkan dosen saya saya bingung karena ketika saya sadar saya selalu merangkak seperti anjing puncaknya waktu saya tanpa sengaja saya tanpa sengaja memergoki orang sedang berbuat mesum ktika dipukul oleh salah seorang dari mereka saya kembali tidak sadar tapi ketika saya saya siuman mereka sudah lari tunggang langgang bahkan salah satunya meneriaki saya demit asu ono demit asu ketika mereka lari

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends