Insident Hilangnya 'Frederick Valentich'.Diculik UFO?

Thursday, August 12, 2010

Seorang Pilot, Frederick Valentich, diduga diculik oleh UFO di Selat Bass antara Australia dan Tasmania, 21 Oktober 1978. Valentich Junior, 20 tahun sedang terbang dengan pesawat Cessna bermesin satu dari Melbourne ke King Island, untuk suatu penerbangan carter. Baru terbang beberapa menit, penerbang yang juga seorang pelatih calon pilot itu melaporkan ke menara Melbourne, bahwa suatu pesawat terbang dengan empat lampu yang gemerlapan telah melambungnya. Padahal, tak ada pesawat terbang lain di dekatnya, menurut keterangan petugas menara. "Bentuknya panjang, dan dia semakin mendekat," begitu jawaban Valentich Jr yang direkam oleh petugas menara.
 
 
Insiden ini juga pernah dimuat di media Indonesia, salah satunya adalah Majalah Tempo pada edisi 11 November 1978.

Berikut kutipannya : 

Jurubicara Departemen Perhubungan Australia yang menanggapi insiden itu menduga, pilot Valentich mengalami disorientasi hingga dia terbang 180 derajat terbalik. Dalam posisi terbang terbalik itu, boleh jadi dia melihat refleksi bayangan pesawatnya sendiri dilaut yang berminyak, dan menyangkanya sebuah piring terbang. Kendati demikian Ken Williams, jurubicara itu, tak menolak sama sekali kemungkinan penculikan dari angkasa luar. Ayah penerbang itu sendiri, Guido Valentich bersikeras. "Anak saya seorang pelatih penerbang, dan fikirannya cukup waras," kata Guido. Makanya dia tak percaya Frederick sampai kehilangan arah dan terbang terbalik. Juga seorang penerbang swasta lainnya, Arthur Schutt, tak dapat menerima bahwa Frederick keliru menafsirkan bayangan pesawatnya sendiri sebagai benda terbang yang tak dikenal alias BETA. Pacar Frederick, Rhomda Rushton yang empat tahun lebih muda, lain lagi reaksinya. Katanya kepada wartawan UPI di Melbourne, "saya tahu Fred masih hidup. Kita segera akan melihatnya kembali." Lalu, di mana penerbang dengan pesawatnya Cessna 182 itu sekarang? "Itu rahasia," kata gadis itu, yang mengaku telah melaporkan apa yang diketahuinya kepada pejabat Departemen Perhubungan Australia. Sementara itu pencaharian terhadap pesawat Cessna itu dilaksanakan segera setelah kabar hilangnya pesawat itu tersiar. Enam pesawat SAR resmi dikerahkan selama empat hari tapi mereka hanya menemukan satu genangan minyak di laut dekat tempat Cessna itu menghilang. Genangan itu dikabarkan berasal dari sebuah mesin disel. 
 
Meskipun beritanya cukup lama, tetapi masih saja tergolong menarik karena hilangnya beliau, dikaitkan dengan aktifitas ekstrateresterial(UFO).
 

Frederick Valentich
Frederick Valentich
Insiden 'Frederick Valentich' adalah insiden penampakan UFO paling signifikan di Australia. Frederick Valentich, seorang pilot muda berusia 20 tahun, yang mengajukan rencana penerbangan di Moorabin untuk penerbangan malam menuju King Island dengan tujuan untuk menjemput tiga orang temannya disana . Tidak ada jejak pesawat yang dikemudikan oleh Frederick Valentich yang ditemukan, sampai departemen penyelidikan dan tranportasi menutup kasus ini dengan menyimpulkan bahwa kasus ini tak pernah terpecahkan.

Laporan penampakan UFO di Australia sangat menarik perhatian media, sebagian karena jumlah penampakan yang dilaporkan oleh masyarakat setempat pada malam itu . Ken Williams, juru bicara Departemen Transportasi, mengatakan kepada Associated Press bahwa "sangat lucu sebab semua orang memberikan laporan hilangnya Valentich dikaitkan dengan UFO".

 
 
Valentich berangkat dari Moorabbin  pada pukul18:19 waktu setempat dan menghubungi Unit Pelayanan Penerbangan Melbourne untuk menginformasikannya pada mereka. Dia melaporkan mencapai Cape Otway pada 19:00, dalam catatan ini tidak menunjukkan bahwa dia melaporkan sesuatu yang luar biasa sebelum mencapai Cape Otway.

Pada pukul 19:06, Valentich dihubungi  Service Officer Melbourne, Steve Robey dan meminta informasi mengenai pesawat lain di ketinggian itu (di bawah 5.000 kaki, 1524 m) dan diberitahu bahwa tidak ada penerbangan di tingkat ketinggian tersebut.
Valentich kemudian melaporkan bahwa ia melihat sebuah pesawat besar tak dikenal yang tampak diterangi empat lampu yang sangat terang. Dia tidak dapat memastikan jenis pesawat apa itu, namun Fred melaporkan bahwa pesawat itu sudah berlalu sekitar 1.000 kaki (300 m) overhead dan bergerak dengan kecepatan tinggi.
 
Dalam laporannya, Valentich mengatakan bahwa pesawat itu mendekati dia . Pukul 19:09 Robey meminta Valentich untuk mengkonfirmasi ketinggian karena ia tidak dapat mengidentifikasi pesawat misterius yang baru saja lewat itu. Valentich diminta keterangan untuk menggambarkan pesawat itu, dengan mengatakan bahwa peawat itu "panjang", tapi sangat cepat baginya untuk menggambarkannya lebih rinci.

Transmisi berlangsung selama sekitar 30 detik, selama waktu itu, Robey berusaha meminta perkiraan ukuran pesawat. Valentich lalu kembali mengatakan bahwa pesawat itu "melintas" di atasnya dengan permukaan logam mengilap dan lampu hijau di atasnya.

Robey mencoba untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang pesawat tak dikenal dan lokasinya karena Valentich melaporkan bahwa kini pesawat misterius itu mendekat dari barat daya. Pukul 19:12:09 Valentich melaporkan bahwa ia mengalami masalah mesin dan masih akan melanjutkan perjalanan ke King Island.

Ada keheningan sejenak kemudian ia kembali  mengatakan "benda itu melayang dan itu bukan pesawat!!".  Bersamaan dengan itu, 17 detik kemudian terdengar  suara bising dan diidentifikasi sebagai suara benda keras yang tergores... Kemudian hilang kontak ...




Pencarian dan Usaha Penyelamatan
Pencarian langsung dikerahkan karena pada pukul 19 : 33 , pesawat Frederick Valentich tidak juga mendarat di King Island. Hingga 25 Oktober 1978, hasil pencarian nihil. Ditemukan tumpahan bahan bakar  kira-kira di dekat tempat Valentich terakhir yang disampaikannya melalui kontak radio dengan Robey,ternyata itu bukan bahan bakar untuk transportasi penerbangan. Dekali lagi, jejak pesawat tak ditemukan. Padahal, pesawat ini dilengkapi dengan empat jaket dan sinyal radio darurat , dan dirancang untuk bertahan selama beberapa menit.

Sebuah laporan ringkasan percakapan akhirnya diterbitkan pada tanggal 27 April 1982, yang mencakup semua pembicaraan radio yang terjadi pada malam 21 Oktober 1978 antara Delta Sierra Juliet (Valentich) dan Unit Pelayanan Penerbangan di Melbourne (Steve Robey).

1906:14 DSJ Melbourne, this is Delta Sierra Juliet. Is there any known traffic below five thousand?
FS Delta Sierra Juliet, no known traffic.
DSJ Delta Sierra Juliet, I am, seems to be a large aircraft below five thousand.
1906:44 FS Delta Sierra Juliet, What type of aircraft is it?
DSJ Delta Sierra Juliet, I cannot affirm, it is four bright, it seems to me like landing lights.
1907 FS Delta Sierra Juliet.
1907:31 DSJ Melbourne, this is Delta Sierra Juliet, the aircraft has just passed over me at least a thousand feet above.
FS Delta Sierra Juliet, roger, and it is a large aircraft, confirmed?
DSJ Er-unknown, due to the speed its travelling, is there any air force aircraft in the vicinity?
FS Delta Sierra Juliet, no known aircraft in the vicinity.
1908:18 DSJ Melbourne, its approaching now from due east towards me.
FS Delta Sierra Juliet.
1908:41 DSJ (open microphone for two seconds.)
1908:48 DSJ Delta Sierra Juliet, it seems to me that hes playing some sort of game, hes flying over me two, three times at speeds I could not identify.
1909 FS Delta Sierra Juliet, roger, what is your actual level?
DSJ My level is four and a half thousand, four five zero zero.
FS Delta Sierra Juliet, and you confirm you cannot identify the aircraft?
DSJ Affirmative.
FS Delta Sierra Juliet, roger, stand by.
1909:27 DSJ Melbourne, Delta Sierra Juliet, its not an aircraft it is (open microphone for two seconds).
1909:42 FS Delta Sierra Juliet, can you describe the -er- aircraft?
DSJ Delta Sierra Juliet, as its flying past its a long shape (open microphone for three seconds) cannot identify more than it has such speed (open microphone for three seconds). Its before me right now Melbourne.
1910 FS Delta Sierra Juliet, roger and how large would the - er - object be?
1910:19 DSJ Delta Sierra Juliet, Melbourne, it seems like its stationary. What Im doing right now is orbiting and the thing is just orbiting on top of me also. It’s got a green light and sort of metallic like, its all shiny on the outside.
FS Delta Sierra Juliet
1910:46 DSJ Delta Sierra Juliet (open microphone for three seconds) Its just vanished.
FS Delta Sierra Juliet
1911 DSJ Melbourne, would you know what kind of aircraft I've got? Is it a military aircraft?
FS Delta Sierra Juliet, Confirm the - er ~ aircraft just vanished.
DSJ Say again.
FS Delta Sierra Juliet, is the aircraft still with you?
DSJ Delta Sierra Juliet; its (open microphone for two seconds) now approaching from the south-west.
FS Delta Sierra Juliet
1911:50 DSJ Delta Sierra Juliet, the engine is rough-idling. I've got it set at twenty three twenty-four and the thing is coughing.
FS Delta Sierra Juliet, roger, what are your intentions?
DSJ My intentions are - ah - to go to King Island - ah - Melbourne. That strange aircraft is hovering on top of me again (open microphone for two seconds). It is hovering and its not an aircraft.
FS Delta Sierra Juliet.
1912:28 DSJ Delta Sierra Juliet. Melbourne (open microphone for seventeen seconds).



Laporan Penampakan
Setelah berita hilangnya Valentich terdengar publik, sejumlah orang mengaku telah menyaksikan kegiatan yang tidak biasa di daerah itu.
 
Diantara 20 laporan yang masuk, orang-orang mengklaim telah melihat sebuah cahaya hijau di langit dan dalam satu orang saksi yang terletak sekitar km barat 2 dari Apollo Bay, Victoria , menyatakan bahwa mereka melihat lampu hijau trailing atau bayangan's pesawat Valentich, dan bahwa ia berada dalam posisi menukik tajam pada saat itu.

Menurut para pengamat UFO, informasi ini sangat penting karena telah dicatat beberapa tahun sebelum dipublikasikan tahun 1982, transkrip itu juga yang telah dijelaskan oleh Valentich  tentang objek di atasnya memiliki cahaya berwarna hijau.


Komentar Ayah Frederick Valentich

Menurut laporan Associated Press , Guido Valentich, ayah dari pilot yang hilang itu, mengatakan "dia berharap anaknya telah diambil oleh UFO dan tidak jatuh ." Fakta bahwa mereka tidak menemukan jejak peawata, memberikan  kemungkinan bahwa UFO bisa saja sudah ada "..Guido Valentich juga mengatakan kepada Associated Press bahwa, anaknya mungkin diculik untuk mempelajari tentang UFO  karena dia bukan tipe orang yang suka mengarang cerita.
 
Guido Valentich Memegang Foto anaknya




Kontroversi
Berikut ini adalah beberapa teori-teori penjelasan tentang hilangnya pilot pesawat bersama pesawatnya:


  • Kemungkinan Valentich menghilang sendiri, bahkan dengan memperhitungkan perjalanan  antara 30  hongga 45 menit ke Cape Otway, pesawat masih memiliki cukup bahan bakar untuk terbang 800 kilometer walaupun kondisi ideal, karena pada saat itu tidak ada pesawat lain pada radar, dan Polisi Melbourne menerima laporan bahwa sebuah pesawat dengan arah yang misterius terlihat tak jauh dari Cape Otway pada saat yang sama seperti yang menghilangnya Valentich.
  • Penjelasan lain menyebutkan bahwa Valentich bingung sehingga terbang terbalik, dan cahaya yang dia lihat adalah cahaya pantulan pesawatnya sendiri di air. Hal ini juga pernah dikonfirmasi oleh otoritas penerbangan, bahwa pesawat Cessna memiliki sayap yang tinggi dengan sistem gravitasi. yang membuat model penerbangan secara terbalik, sudah tidak baku lagi di tahun itu.
  • Pada tahun 2000 muncul dugaan lain bahwa, kemungkinan Valentich mengalami masalah mesin dan menabrak laut. Hal ini mungkin saja terjadi karena Selat Bass memiliki arus yang cukup kuat dan deras. 
  • Penjelasan lainnya bahwa kemungkinan pesawatnya tersambar petir dan terhalang awan lenticular.
  • Hingga teori - teori tentang UFO bermunculan, dikarenakan adanya suara aneh pada rekaman transmisi radio.
 Berikut ini adalah transkip asli dari percakapan transmisi tersebut/



Nah, brother and sist sekalian, ceritanya bukan hanya sampai disitu saja. 

5 Tahun Kemudian

Suatu malam di bulan Agustus 1982 dekat desa Iman, Primorskiy krai, Far East, Rusia Igor Letnan Kolonel Valerianovich Kazantsev, Komandan detasemen penjaga perbatasan di dekat dusun Iman, menerima laporan dari seorang pria mencurigakan yang ditangkap oleh tentara dari unit di dekat perbatasan Soviet-Cina.
 
Orang asing itu menunjukkan dokumen yang menunjukkan bahwa namanya adalah Saryche. Dia juga menunjukkan surat dari Akademisi Vsevolod S Troitskiy, koresponden anggota Akademi Ilmiah Uni Soviet, Ketua Komisi untuk Studi Fenomena anomali (Semacam badan komisi tapi memang benar-benar ada).Orang itu menyatakan bahwa dia terlibat dalam penelitian UFO.
 
Orang itu menyatakan bahwa ia menemukan sebuah botol hitam aneh berbentuk kapsul pada ketinggian 1204 (meter di atas permukaan laut).Begitu dibuka, kapsul itu berisi sebuah gulungan yang berteks bahasa inggris, dan ditulis dengan suatu tinta/zat berwarna oranye cerah. ( berbicara tentang warna oranye, saya jadi teringat  postingan artikel saya yang kemarin tentang  Insiden 'Dyatlov Pass'   , dimana menurut pengakuan orang tua korban, bahwa pada tubuh korban juga memiliki warna aneh yaitu oranye..) teks itu kemudian diterjemahkan ke bahasa Rusia. Dan ini bunyi dari teks tersebut :


"Saya Frederick Valentich, Aku ditangkap bersama dengan  pesawat Cessna-182 oleh UFO pada 21 Oktober 1978 145 mil selatan Melbourne. Karena waktu yang sangat terbatas dan bahaya ekstrim untuk negara saya, ini yang paling penting. Apa yang saya lihat adalah di luar imajinasi saya. Kemudian saya sampai pada kesimpulan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi jiwa saya, pada awalnya realitas UFO dan pilot mereka ,  kedua tentang usulan mereka bagi saya untuk menjadi pilot salah satu pesawat mereka . Berikut ini adalah bukti dari kontak dengan peradaban lain dan pria yang dicapai ini adalah saya, Frederick Valentich. Tapi yang paling menggoda adalah proposal fantastis mereka bagi saya untuk tinggal di dalam tubuh fisik yang sama, jadi saya belum berusia di atas saya saat ini berusia 25 tahun (umur saya ketika saya menandatangani kontrak tersebut  dengan alien). Saya bahkan tidak ingat wajah bibi saya dan dua mantan pacar saya, ini adalah bukti tambahan dari pengaruh psikologis yang kuat diberikan kepada saya. UFO raksasa saya harus bekerja di adalah "kapal kargo" (cargo ship). Semua anggota milik sebuah peradaban yang terletak di rasi Pleiades dan mewakili sebuah organisasi antar  6 peradaban dari Orion, Swan dan konstelasi Big Dog sistem surya kita juga bagian dari itu. Seperti kita mereka juga albumen entitas organik, menghirup oksigen dan tubuh yang sama berkembang . Tugas utama kami adalah mencuri oksigen dari bumi, bayangkan 2 penerbangan per minggu dilakukan untuk mengambil oksigen.Saya diminta untuk memberikan kapsul ini kepada Kedutaan Besar Australia dan diberikan kepada para ilmuwan untuk melakukan penelitian lebih lanjut..."



(Saya merasa seperti baru saja membaca novel sci-fiction..)

Berikut adalah pendapat seorang koresponden-anggota Akademi Ilmiah Uni Soviet Dr Nechai PhD, ditujukan kepada komisi ahli khusus dalam Presidium Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet.

"Karakteristik fisik dan mekanik yang menakjubkan dari bahan, jarang senyawa kimia dan struktur memungkinkan untuk membuat kesimpulan berikut: 

... Material yang digunakan  belum diketahui dan tampaknya di luar Bumi.

Sayangnya untuk kemanusiaan, menutupi hal ini lebih efektif dan semuanya diklasifikasikan dalam TOP SECRET, dengan partisipasi dari CIA Amerika.

Dimana kapsul asing dengan huruf itu sekarang, tidak diketahui, mungkin di Amerika Serikat (di ruang bawah tanah jauh di bawah Pentagon?)


"case closed"


(Hawkson)

20 komentar:

  1. vhanz said...:

    Terlalu xtreme ceritanya,hahahha keren

  1. Anonymous said...:

    Pertamax !!!

  1. hawkson said...:

    @Vhanz :
    Haha... Tadinya saya tidak berniat mempostingnya, tapi karena lagi senggang dan cukup menarik kelihatannya, maka saya posting saja... :)

  1. Anonymous said...:

    Buseet,alien beneran ada. Saya percaya alien!

    --

  1. Anonymous said...:

    Ceritanya seperti dibuat-buat.
    Tapi, artikel yg menarik.
    Nice info.

  1. hawkson said...:

    @Anonymous's :
    Haha...
    Mengenai keyakinan&kepercayaan, saya kembalikan pada masing-masing.. :)

  1. antara percaya & tdk...
    ada hal lucu yg mengganjal pikiran saya, mereka ( alien rev ) untuk apa mereka mencuri oxigen dari bumi, melihat dari segi teknologi mereka lebih maju, sedangkan oxigen bisa di buat, dari air, maupun tanaman, jika mereka memang secerdas & secanggih itu, mereka bisa mengarungi angkasa, untuk apa capek2 mencuri oxigen (Alien bodoh haha ^^ )jika mereka punya teknologi mereka bisa membuat Biospere.. membuat sebuah ekosistem buatan didlm pesawat, lengkap dgn tumbuhan & sinar matahari buatan, agar tumbuhan bisa menghasilkan oksigen..jadi agak lucu alasannya...
    tapi saya salut untuk anda bisa mencari bahan2 untuk artikel ini agar bisa di ulas...

  1. hawkson said...:

    @wahyu:
    Isi dari teks dalam kapsul itu tidak semuanya dibeberkan bro..
    Jadi hanya sebatas itu saja yg diketahui..
    Tetapi dari situ juga muncul adanya bukti pro-kontra tentang keberadaan makhluk selain kita di muka bumi.
    Saya pribadi berpendapat bahwa apa yg dialami oleh Frederick murni kecelakaan, dan mengenai pesawatnya yg hilang tak berbekas, seperti kasus Adam Air beberapa waktu yg lalu.. Selat Bass juga dikatakan memiliki arus yg begitu deras, , hanya itu yg saya bisa katakan.. :)

  1. Anonymous said...:

    yaa apa yang belum pernah kita lihat, belum tentu tidak ada..
    nice post.. :)

    apakah menurut anda, dia masih hidup hingga saat ini ??

  1. enigma said...:

    Iya ya. Kayak lagi baca buku science fiction. Dulu kalau nggak salah di indosiar ada film seri yang kisahnya mirip di atas. Tapi lupa judulnya.

  1. hawkson said...:

    @Enigma:
    Wah brother..
    Udah lama g'berkunjung nih.. :)
    Hmm..
    Iya, saya pernah menontonnya, tapi udah lupa, saya sedang mencoba mengingat2 film apa itu.. :)

  1. Arfian said...:

    critanya keren
    diculik alien n disuruh mnjadi seperti mreka
    waduh, gak kebayang

    btw to hawkson
    tukeran link ya
    http://ianfile-memories.blogspot.com/

    link blog ini dah tak pasang

  1. hawkson said...:

    @arfian :
    Haha..
    Ia bro..
    Thanks ya..
    Link anda akan saya pasang di blogroll 'blog misteri sahabat'.. :)

  1. whyu lawliet said...:

    iya bro..gw juga setuju itu kecelakaan, kemungkinan disorientasi visual pada ketinggian tertentu sangat tinggi, di pengaruhi oleh temperatur udara, tekanan angin, kekurangan oxigen pada ketinggian tertentu juga bisa terjadi, kemungkinan pilot kekurangan oxigen, karena mengalami turbulance, saat pesawat tak terkendali dan mengalami stall, pesawat menukik turun & saat pilot tersadar ia tak bisa membedakan antara atas & bawah, hasilnya ia menabrak permukaan air laut dgn kecepatan tinggi, pada kecepatan diatas 60km/h air bagaikan beton, menghancurkan pesawat yg bahan dasarnya adalah alumunium hingga berantakan, lalu arus air menghanyutkan puingnya serta menenggelamkannya di suatu tempat..hasilnya ia hilang tanpa jejak, seperti kasus adam air, saya sudah menduga jika adam air jatuh di laut, karena dlm perhitungan pesawat hanya memiliki cadangan bahan bakar untuk 2 jam, baru skitar 1 jam pesawat sudah kehilangan kontak, berarti itu baru setengah perjalanan yg berarti di tengah laut, dan lagi laut di situ arusnya kencang, alhasil puing sudah terseret arus dan terkubur di dalam pasir hingga sekarang.....

  1. bleh tukeran link ga bro ?

    http://thementalrealm.blogspot.com/

    link anda sdh saya pasang d sna.
    ini blog bru saya bro. blog saya yang lama templatenya rusak.

  1. hawkson said...:

    the mental realm :

    ok bro..
    link anda sudah saya pasang.. :)

  1. hawkson said...:

    @wahyu :
    saya juga sependapat dengan anda bro.. :)
    akan tetapi, kebenaran akhir dari kisah ini yg mengatakan bahwa ditemukannya 'kapsul' dan tentang penculikan oleh alien masih diragukan.

  1. @hawkson

    thx ya bro. sdh psang link saya.

  1. conjurer_almer said...:

    hahaha...ini bagian favorit saya. . .yaitu bgian yang menghubungkan seseorang dan mistery(seperti jack the ripper,the spring heeled jack,etc)dan saya juga penganut teori Extraterris yaitu percaya akan adanya ALIEN,huahaha. . .saya yakin suatu saat nanti kontak resmi antara bumi dan ALIEN akan terjadi(atau emank udah terjadi kali ya?GTW deh... :P )

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends