Fenomena Lingkaran Misterius Fairy Circles Namibia, Afrika

Sunday, July 1, 2012

Salah satu fenomena paling misterius di Afrika masih tidak dapat dijelaskan meskipun telah 25 tahun lebih para ilmuwan melakukan penelitian untuk mengungkapnya.

Lingkaran-lingkaran yang terbentuk di padang rumput ini dapat ditemukan sekitar 100 mil ke pedalaman, di sebuah gurun yang membentang 1.500 km sebelah selatan dari Angola. Wilayah itu termasuk yang paling terpencil dan termasuk kategori wilayah yang tidak ramah di planet ini. Para peneliti selama 22 tahun rela menghabiskan waktunya di padang ini demi mencari tahu penyebab yang terjadi. 

Fairy Circle
Di Namibia barat daya Afrika, padang rumput 'jarang' yang tumbuh di tanah berpasir dan dibawah curah hujan antara 50 dan 100 mm per tahun yang diselingi oleh ribuan rumput yang melingkari tempat/tanah kosong, dan biasanya dikelilingi oleh  rumput tinggi sehingga berbentuk seperti cincin. Fenomena ini disebut "Fairy Circle" karena menurut penduduk setempat disebabkan  oleh para dewa alam, roh atau peri.  Tapi dengan penyebab ilmiah yang tidak diketahui, walaupun sejumlah hipotesis telah diajukan.

Fairy Circle

Fairy Circle

Fenomena ini sekilas hampir mirip dengan Crop Circle, tapi sangat berbeda. Pada crop circle, tumbuhan/rumput yang berbentuk pola, itu memiliki karakteristik rumput yang bengkok seperti di rebahkan.
Baca postingan-postingan terdahulu tentang Crop Circle : 



Pada Fairy Circle, pola-pola ini terbentuk seolah-olah tanah yang ada membentuk lingkaran dan tidak bisa ditumbuhi rerumputan. Selama penelitian, para ilmuwan telah mengeluarkan hipotesis, seperti  benih dari tanaman beracun yang mengakibatkan kerusakan pada tanah. Akan tetapi dari percobaan yang dilakukan, tidak ada satupun yang bisa mendukung untuk memperkuat hipotesis yang ada. 


Iklim di Namibia sangat kering, dengan musim dingin ringan dan musim panas yang sangat panas (suhu rata-rata bulanan: musim dingin ~ 11 ° C, musim panas ~ 25 ° C). Curah hujan tahunan rata-rata adalah 70-80 mm, terutama pada saat terjadi badai konvektif selama musim panas (Desember-Mei) yang berasal uap air dari Samudra Hindia. Pada tahun 2011, tahun yang sangat basah, curah hujan mencapai 335 mm akibat hujan luar biasa berat selama Januari sampai Maret. Hampir tidak ada hujan jatuh antara bulan Mei dan Januari.


Foto-foto Satelit 
Citra Satelit


Menurut para peneliti, lingkaran-lingkaran ini juga tercipta dengan sendirinya dan alami terjadi yang di awali dari rumput yang tumbuh, beberapa waktu kemudian area rumput yang berada di tengah-tengah akan mati. Proses terciptanya Fairy Circle bisa dilihat pada gambar.


Dr. Walter R. Tschinkel
 
Dr. Walter R. Tschinkel Professor of Biological Science dari Florida State University mencoba memberikan penjelasan tentang fenomena ini. Dia berkata bahwa apa yang menyebabkan pola seperti bercak-bercak pada tanah ini disebabkan oleh RAYAP. Adanya gas  tertentu yang terdapat dalam rayap tanah, bisa menyebabkan rumput-rumput mati secara misterius karena dibawah tanah tempat terjadinya bercak fairy circles merupakan koloni dari para rayap. Akan tetapi, lagi-lagi beliau tidak bisa membuktikan fenomena sebenarnya yang terjadi. 

.




Sesungguhnya Walter Tschinkel tidak mungkin telah memecahkan misteri 
 Fairy Circle , tetapi ia dapat memberitahu fakta mengejutkan bahwa lingkaran-lingkaran tanaman ini hidup (artinya bisa berjangkit ke rumput-rumput yang lain). Puluhan ribu formasi berupa bercak-bercak tanah, dengan diameter 2 sampai 12 meter padang rumput dari bagian selatan Angola ke utara Afrika Selatan, batas-batas mereka sering ditandai dengan pinggiran tinggi rumput. 


Fairy Ring
Selain  Fairy Circle, ada juga yang disebut Fairy ring. Fairy Ring adalah sebuah formasi lingkaran berbentuk cincin yang terjadi secara alami dari tumbuhan  jamur


Fairy ring  atau Cincin Peri  juga menempati tempat yang menonjol dalam cerita rakyat Eropa sebagai lokasi gerbang ke kerajaan peri, atau tempat dimana para  elf berkumpul dan menari. Menurut cerita rakyat, sebuah cincin peri muncul ketika peri-peri, atau elf muncul. Dan fenomena Ini akan menghilang tanpa jejak dalam waktu kurang dari lima hari.




Jika benar Fairy Ring adalah gerbang/gateaway dari dunia peri, saya minta izin anda para pembaca untuk tidur dan bermimpi sebentar agar bisa bertemu dengan Tinkerbell. 


(hawkson)



18 komentar:

  1. Anonymous said...:

    misterius. Penjelasannya kurang bro.

  1. Anonymous said...:

    Pertamaaaxx.. Baca dulu..

  1. Anonymous said...:

    mungkin dibawahnya dulu bekas jatuhan meteorit, sehingga tidak bisa ditumbuhi rumput karena zat kimia asing

  1. Anonymous said...:

    gambar no 2 dr bawah kayaknya bikinan manusia.

  1. Anonymous said...:

    Member baru.


    Msh sepi y.

  1. Anonymous said...:

    Nice info gan

  1. Unknown said...:

    penyebabnya memang jamur..lihat di wild case file acara tv di national geo tv.

  1. pernah dibahas dinational geo, klo kaga salah penyebabnya musim panas yg mendukung jamur melakukan hal trsbt...

  1. Anonymous said...:

    IJIN COPAST BOLEH BANG?

  1. info game said...:

    Bung hawkson

    Sebelumnya saya mohon Maaf karena pertanyaan saya out of topic serta salah sasaran, tpi sya sgt penasaran ttg postingan blog enigma yg terhenti sejak 2011...

    Kurasa Anda beserta keluarga 'my' memiliki koneksi dgn bung enigma

    Lalu Mengapa berhenti posting ?

  1. Bagus bagus semua postingannya.lanjut terus bro...

  1. Anonymous said...:

    Amazing gan....
    Emang sih penyebab nya belum jelas, ada yg bilang UFO ada pula yg bilang hanya fenomena alam..
    kalo ane sih gak percaya sama UFO gan.... hihi

    @ivan_osd

  1. Unknown said...:

    Good, dikupas ampe foto2 satelit, kerenn bgd jadi tau emg bener ada yaa... bagi yang ragu jadi jelaasss,,, llanjuttkaaannnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  1. Unknown said...:

    Bagusssss jelas banget posting-annya^^ Dari pertama liat blog nya mata udah tertuju sama judulnya hehe :D Lanjut kan posting nya bro^^9

  1. Oktavia @Oktaviayinzz said...:

    Luar biasa Kuasa Tuhan, Di pedalaman masih banyak rahasia-rahasia Tuhan yang belum terpecahkan oleh manusia. :)

  1. Aldo Ryu said...:

    Mungkin hasil dari zat kimia dari lelehan meteorit beribu tahun yang lalu, mungkin itu juga bisa di uji dengan menanam tumbuhan di tempat fairy circle atau tepatnya di lingkaran tersebut, sehingga bisa dibuktikan itu hasil dari zat kimia atau bukan, atau orang yang hanya iseng membuat lingkaran tersebut. :D CMIIW

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Friends