GERAKAN ANTI MABUK 2012-“Brenti jo bagate”

Thursday, July 26, 2012

Artikel ini sama sekali tidak berkaitan dengan MISTERI dan saya khusus mendedikasikannya sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung GERAKAN ANTI MABUK 2012 dengan Tema “Brenti jo bagate” yang dicanangkan oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Utara dan turut di dukung sepenuhnya oleh TELKOMSEL & KOMUNITAS BLOGGER SULAWESI UTARA (KawanuaBlogger.com). 


Izinkanlah saya agar membahas artikel ini sebagai bentuk partisipasi saya mewakili generasi muda Indonesia  khususnya Sulawesi Utara, yang sangat mendukung GERAKAN ANTI MABUK 2012. 
Sebenarnya bagi kita para generasi muda Indonesia (pada Umumnya) & Sulawesi Utara (pada khususnya) ada banyak cara untuk menjalani kehidupan ini. 
Meskipun berat jalan hidup yang kita alami, alangkah bijaknya kita tidak mengambil jalur yang salah dan hanya membawa kita dalam kenikmatan sesaat yang malah berujung menyesatkan.

Berbicara tentang Minuman Keras tentu saja tidak lepas dari minuman yang mengandung Alkohol. Berikut ini saya sentil sedikit saja mengenai definisi Minuman Keras, serta beberapa Fakta dan Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat.



Minuman Keras
Minuman Keras pada dasarnya adalah bentuk dari minuman yang mengandung Etanol yang bilamana jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berdampak hilangnya kesadaran sebab kandungan bahan psikoaktif terkandung didalamnya.


Berbagai Macam Minuman Beralkohol di Pasaran

Minuman beralkohol dianggap sebagai zat narkotika karena cenderung menimbulkan ketagihan, bisa berbahaya bagi pemakainya karena dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati dan sikap, serta menyebabkan kerusakan fungsii organ tubuh. Memang Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman keras adalah memberikan rangsangan, menenangkan, menghilangkan rasa sakit, membius, serta membuat gembira tetapi ingat itu hanya dalam jangka waktu yang sementara! Out of control seringkali terjadi dalam mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan.

Fakta dan Mitos 

Ada beberapa  fakta dan mitos(anggapan yang salah)  tentang  orang-orang yang mengkonsumsi Minuman Keras(alkohol).

Mitos: ". Hal terburuk yang bisa terjadi adalah bahwa saya akan pingsan dan  mabuk besok" 
Faktanya adalah bahwa kematian bisa cenderung terjadi jika kita mengkonsumsi alkohol terlalu banyak.! Hal ini sebabkan oleh keracunan alkohol atau intoksikasi alkohol akut dan terjadi ketika tingkat alkohol dalam tubuh bertindak sebagai racun, menyebabkan kematian atau overdosis. Contoh lain bahwa alkohol dapat menyebabkan kematian : mengemudi dalam keadaan mabuk, terjatuh, hingga bunuh diri.

Mitos: ". Orang akan pingsan karena minum sepanjang waktu dan Tak ada yang perlu dikhawatirkan." 
Faktanya adalah bahwa Anda pingsan karena ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir jumlah alkohol yang telah Anda masukkan ke dalamnya. Alkohol akan membuat kinerja sistem saraf pusat yang berfungsi untuk memperlambat denyut jantung menjadi terganggu, menurunkan tekanan darah Anda, dan memperlambat laju pernapasan Anda. Setelah otak Anda telah cukup tertekan oleh alkohol, Anda akan kehilangan kesadaran/pingsan. Jumlah alkohol yang dibutuhkan untuk membuat Anda pingsan sama berbahayanya dengan jumlah alkohol yang dibutuhkan untuk membuat Anda mati!

Mitos: ". Hal terbaik yang harus dilakukan bagi seseorang yang mabuk adalah menempatkan mereka ke tempat tidur dan membiarkan mereka tidur." 
Meskipun ini adalah sebagian benar, faktanya adalah bahwa orang yang mabuk dan tidak berdaya harus dirawat. JANGAN TINGGALKAN ORANG (mabuk) dengan membiarkannya begitu saja! Dampingi orang itu, periksa pernapasan mereka, periksa suhu kulit mereka, dan sering untuk mencoba  membangunkan mereka. Sebab jika tidak hal terburuk yang mungkin akan terjadi adalah gagalnya pernapasan sehingga bisa mengakibatkan Kematian.

Mitos: "Jika teman saya mabuk hingga pingsan, saya tidak akan menolongnya.". 
Faktanya adalah bahwa jika Anda tidak meminta bantuan, teman Anda tidak mungkin akan bertahan hidup sampai bisa marah kepadamu karena tidak menolongnya. Ketika seseorang telah mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dan pingsan, Orang tersebut telah menderita keracunan alkohol dan memerlukan perhatian medis.

Alkohol dan Tidur

Kebanyakan orang berpendapat bahwa minum satu atau dua sloki Minuman Keras (alkohol) sebelum tidur bisa membantu mereka tidur lebih cepat dan lelap. Ini mungkin benar. Namun, sebenarnya seperti sifat alkohol dan metabolisme di malam hari, tidur anda bisa menjadi semakin lelap dan juga bisa menjadi terganggu. Sejauh mana kinerja kognitif dan fisik terganggu oleh intensitas tidur secara langsung yang  berkaitan juga dengan sejauh mana seseorang itu akan 'mabuk' pada saat ia tertidur. Umumnya, semakin seseorang itu  mabuk, akan semakin terganggu tidurnya. 

Efek samping yang akan terjadi yaitu gangguan metabolisme dan bisa mengalami mimpi buruk. Gangguan tidur yang terjadi bisa menyebabkan kelelahan dan mengantuk di siang hari. Semakin cepat orang tersebut akan tertidur, maka akan mengalami peningkatan gangguan tidur. Alkohol yang dikonsumsi hingga 6 jam sebelum tidur dapat mempengaruhi pola tidur anda.

Orang dewasa rata-rata tidur selama 8 jam semalam, meskipun orang lain dengan situasi berbeda mungkin membutuhkan jam tidur lebih atau kurang. Orang yang tidak cukup tidur lebih rentan mengalami:

- Depresi
- Penurunan kemampuan berpikir
- Lebih mudah emosi/tersinggung/marah
- Kurang fokus/ penurunan daya konsentrasi
- Gangguan fungsi sosial dan pekerjaan
- Rentan terhadap gangguan kondisi medis seperti penyakit jantung


Kurang tidur dan konsumsi alkohol mungkin adalah kejadian biasa dalam kehidupan seorang mahasiswa perguruan tinggi, seorang pekerja lembur dsb. Dari perspektif psikologis, tidak jarang mereka yang suka mengkonsumsi minuman keras/ alkohol sering mengalami perasaan gelisah, tidak percaya diri, grogi dan cepat lelah, dan lebih mudah tersinggung dari biasanya. Secara fisiologis, kinerja ketahanan fisik tentu saja sangat terganggu.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Anda Mengalami Keracunan Alkohol?

Alkohol akan menekan saraf yang mengontrol tindakan disengaja seperti pernapasan dan refleks muntah (yang mencegah tersedak). Dosis berlebihan dan fatal dari alkohol akhirnya akan menghentikan fungsi tersebut.

Sangat  umum bagi seseorang yang minum alkohol  berlebihan akan muntah hal ini disebabkan karena alkohol menyebabkan iritasi pada perut. 
Ada kasus yang cukup berbahaya yaitu bahaya tersedak muntahan, yang bisa menyebabkan kematian karena sesak napas pada orang yang tidak sadar karena mabuk.

Anda juga harus tahu bahwa alkohol dalam darah seseorang dapat terus meningkat bahkan saat dia sedang pingsan. Bahkan setelah seseorang berhenti minum, alkohol dalam perut dan usus terus memasuki aliran darah dan beredar ke seluruh tubuh. Hal ini berbahaya jika menganggap orang tersebut akan baik-baik saja bila tertidur.

Mengidentifikasi Dan Perawatan Untuk Orang Mabuk

Apabila anda kebetulan berada dalam kondisi yang sulit, misalnya teman anda mabuk. Bagaimana Anda merawat orang ini? Bagaimana Anda mengetahui apakah orang itu mabuk akut/keracunan alkohol? Apa yang harus Anda lakukan? Di bawah ini adalah beberapa tanda dan gejala keracunan, keracunan alkohol, dan langkah-langkah untuk mengambil tindakan yang tepat.

IDENTIFIKASI
Alkohol mempengaruhi setiap individu dan berbeda. Pengaruh alkohol terhadap seseorang akan bervariasi sesuai dengan suasana hati seseorang, jumlah makanan di lambung, seberapa banyak dia minum, hingga campuran apa yang dia gunakan.

Tanda-tanda keracunan:

- Pupil mata melebar
- Muntah.
- Kejang-kejang
- Pernapasan melambat (kurang dari delapan napas per menit).
- Pernapasan tidak teratur (10 detik atau lebih).
- Hipotermia (suhu tubuh rendah), warna kulit kebiruan, pucat.

PEDULI 
Jika anda berada di situasi dan kondisi dengan teman/orang yang mabuk: 
-  Tetap tenang sehingga orang mabuk akan tetap tenang.
-  Selalu bersiaplah untuk hal yang tak terduga.
-  Sadar akan bahaya fisik dan bersiaplah untuk mendapatkan bantuan medis segera jika diperlukan.
- Cobalah untuk membangunkan orang jika mereka tampaknya tertidur. Jika Anda tidak dapat membangunkan orang tersebut, Hubungi Medis dan minta bantuan!

Jika orang mabuk yang telah kehilangan kesadaran, pernapasan melambat, atau dingin, kulit pucat akibat mengalami intoksikasi alkohol akut (keracunan alkohol). Ini adalah keadaan darurat medis dan Anda HARUS mendapatkan bantuan. 

JANGAN: Tertawa, menertawakan, atau memprovokasi orang,
Membiarkan orang itu untuk mengendarai mobil atau kendaraan


Jangan takut untuk mencari bantuan medis untuk seorang teman yang memiliki terlalu banyak minum. Jangan khawatir bahwa teman Anda mungkin menjadi marah atau malu-ingat, Anda cukup peduli untuk membantu.Selalu aman, tidak menyesal.

Alkohol/Minuman Keras = RACUN

Minum alkohol secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan semua orang. Selain berbahaya bagi kesehatan, hal tersebut juga bisa membahayakan orang-orang yang berada disekitar anda. Bayangkan saja saat ini begitu banyak tindak kejahatan kriminal yang terjadi akibat dari MABUK(konsumsi minuman keras).

- Pemerkosaan
- Pembunuhan
- Kecelakaan 

Dan segelintir tindak kriminal lainnya bisa terjadi hanya berawal dari sebotol Minuman Keras. 
Selain itu beberapa orang mungkin menertawakan perilaku orang lain yang mabuk. Mereka pikir itu lucu bahkan ketika melihat orang mabuk itu jatuh pingsan. 

Tapi sebenarnya tidak ada yang lucu sebab sudah banyak sekali kasus dari orang - orang yang menjadi korban akibat dari mengkonsumsi minuman keras, yang berakibat muntah mengalami sesak napas atau keracunan pusat pernapasan di otak hingga berujung pada kematian.

JANGAN SAMPAI HAL ITU TERJADI PADA KELUARGA ANDA TEMAN/SAHABAT ANDA ATAU BAHKAN PADA ANDA SENDIRI.
Rubah pola atau Gaya Hidup Kita menjadi Gaya Hidup yang Bebas dari MINUMAN KERAS !


Muda itu tidak terlalu mengandalkan 'KEBEBASAN'..! Kebebasan yang BERLEBIHAN  justru akan membawa anda pada KESESATAN..! 

“Brenti jo bagate”
SUKSESKAN GERAKAN ANTI MABUK 2012.

I don't need alcohol or drugs to cure my problems, music is all I need. - Hawkson

39 komentar:

  1. emon gundul said...:

    setuju penuh ndan
    sebenarnya kalo mau berpikir jernih, tanpa perlu membaca teks agama, mabu tuh udah ketahuan dampak negatifnya
    daripada minum alkohol, mending minum air putih sama jus.hehehe

  1. Anonymous said...:

    Pertamaxx!!
    Keren nih bang hawkson, selain jago analisis misteri ternyata dia juga berlatar belakang yang beda dari pergaulan anak muda jaman sekarang. bebas alkohol!!! Support fuul


    -cahaya hati

  1. Anonymous said...:

    hello xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com admin found your blog via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramatically increase traffic to your website http://bestwebtrafficservice.com they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my site. Hope this helps :) They offer most cost effective services to increase website traffic Take care. Mike

  1. Anonymous said...:

    wah bagus ni postingannya, semoga bisa membuka mata orang yg suka minum miras agar sadar :) @yudante_19

  1. Anonymous said...:

    Gerakan ini sangatlah bermanfaat. semoga gerakan ini bukan hanya ada di Sulawesi utara, tp bisa menjadi Gerakan nasional.
    Semoga orang-orang yang sering mabuk-mabukan minimal bisa berkurang dan tidak menutup kemungkinan Pemabuk-pemabuk di Indonesia bisa terhapuskan. Ini adalah sebuah langkah awal menuju perubahan yang sangatlah bagus :)
    SUKSESKAN GERAKAN ANTI MABUK 2012...!!!
    Twitter: @Yusril_TheLucky

  1. Anonymous said...:

    Setuju bgt untuk membuat gerakan anti mabuk 2012. Dan dripda membeli dan meminum minuman keras (Racun/Alkohol) lbih baik uangnya dpke buat Bersedekah, gk merugikan kok mlh dpt Pahala dan uang itu akan dikembalikan oleh Allah 10x lipatnya. Dan lbih baik kita selalu mengingat Allah, asalkan kita tdk lupa dgn Allah psti kita akan ingat selalu larangan2nya dan selalu dlm jalur yg benar. Sukseskan Anti Mabuk 2012.

    Twitter: @amatsantoso

  1. Artikel GERAKAN ANTI MABUK 2012-“Brenti jo bagate” itu sangat bermanfaat sekali bagi pembaca yang kurang paham akan akibat dari minuman keras.
    Dan Saya sendiri sangat mendukung sekali dengan diadakannya Gerakan Anti Mabuk 2012, supaya generasi muda Indonesia sekarang ini bisa lebih menghargai arti kehidupan, kesehatan, dan bukan hanya memikirkan kesenangan semata tetapi memikirkan juga akibat dan dampak dari minum-minuman keras. Semoga Gerakan Anti Mabuk 2012 yang di dukung oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Utara dan TELKOMSEL serta KOMUNITAS BLOGGER SULAWESI UTARA (KawanuaBlogger.com)itu bisa membawa para generasi muda Indonesia ke arah yang lebih baik. Amien
    @vhia_ovie

  1. Anonymous said...:

    Gerakan ini sangatlah bermanfaat. semoga gerakan ini bukan hanya ada di Sulawesi utara, tp bisa menjadi Gerakan nasional.
    Semoga orang-orang yang sering mabuk-mabukan minimal bisa berkurang dan tidak menutup kemungkinan Pemabuk-pemabuk di Indonesia bisa terhapuskan. Ini adalah sebuah langkah awal menuju perubahan yang sangatlah bagus :)
    SUKSESKAN GERAKAN ANTI MABUK 2012...!!!
    Twitter: @Yusril_TheLucky

  1. Anonymous said...:

    setuju banget deh sama artikel ini. Di kampung saya pun kebanyakan pemudanya adalah ahli minum (saya nggak loh) padahal desa tmpat saya tinggal terkenal dg pesantrennya. Sungguh memprihatinkan. perlu penanganan khusus bagi pemuda pemuda tersebut karna berkaitan dengan perilaku generasi selanjutnya. Dan ketika tutur kata para alim tak lagi di gubris, artikel seperti ini sangat diperlukan. Ijin share ya gan..
    @faerixx

  1. Anonymous said...:

    Setuju banget sama blog ini !
    Kita emang harus mencegah penggunaan narkoba/alkohol/atau sbgnya karna selain berdampak buruk dengan kesehatan juga dapat berdampak buruk pada dunia akhirat nanti dan kelakuan juga berubah tidak hanya pembunuhan,pemerkosaan dan kecelakaan tetapi juga kematian bagi sipengguna.tapi tidak hanya di Sulawesi Utara di Seluruh Indonesia juga harus ANTI MABOK ! Akibat pergaulan bebas terjadilah penggunaan narkoba/alkohol.semoga aja generasi penerus engga kaya yang sekarang ! Oia mitos dan faktanya benar banget! semoga generasi penerus membaca blog ini dan berfikir untuk tidak memakai narkoba ! dan terpikir diotak kita semua

    Re-Quis @TeenFeelLove
    My Uname twitter : @Enchancers99

  1. Anonymous said...:

    Hianry;
    Jngan memperhitungkan beberapa kali teman/kerabat kita mengecewakan kita, TETAPI perhitungkanlah berapa kali KAMU mengecewakan Tuhan dengan hal-hal duniawi seperti mabuk-mabukkan/miras. Jadilah orang yang sukses sobat. Sukses adalah KUNCI PINTU KEBAHAGIAAN Bagi semua orang. Tolaklah Mabuk-mabukkan karena akan merusak citra bangsa Indonesia.

  1. Artikel GERAKAN ANTI MABUK 2012-“Brenti jo bagate” itu sangat bermanfaat sekali bagi pembaca yang kurang paham akan akibat dari minuman keras.
    dan saya dan temen2mendukung sekali dengan diadakannya Gerakan Anti Mabuk 2012 jangan hanya 2012 tapi sampai akhir zaman

    Mabok dapat merusak generasi muda inodonesiaSemoga Gerakan Anti Mabuk 2012 yang di dukung oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Utara dan TELKOMSEL serta KOMUNITAS BLOGGER SULAWESI UTARA (KawanuaBlogger.com)itu bisa membawa para generasi muda Indonesia ke arah yang lebih baik. Amien

    @Okke_Jakmania

  1. Artikel GERAKAN ANTI MABUK 2012-“Brenti jo bagate” itu sangat bermanfaat sekali bagi pembaca yang kurang paham akan akibat dari minuman keras.
    Saya dan temen2 sangat mendukung sekali dengan diadakannya Gerakan Anti Mabuk 2012 tapi jangan sampai 2012 tapi sampai kiamat dukung anti mabok


    Semoga Gerakan Anti Mabuk 2012 yang di dukung oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Utara dan TELKOMSEL serta KOMUNITAS BLOGGER SULAWESI UTARA (KawanuaBlogger.com)itu bisa membawa para generasi muda Indonesia ke arah yang lebih baik. Amien

  1. Anonymous said...:

    Wow..,postingan bagus br0..., jauhi minuman keras, jgn c0ba" tar ketagihan :>

  1. ikadesiska said...:

    Bermanfaat banget ni artikel,sekali baca langsung ga ragu buat nge-share biar ga banyak korban si MIRAS !
    @ikadesiska

  1. ikadesiska said...:

    Bermanfaat,sekali baca langusng ga ragu buat nge-share,biar ga makin banyak ni korban si MIRAS,apalagi buat anak-anak yg baru gede,wajib banget nih di kasih tau..
    id twitter @ikadesiska

  1. Adi Soelistiyo said...:

    selamat pagi sob..
    walau pun ada beberapa bahasa yang gak saya mengerti (maklum jakarta), tapi artikel ini cukup berguna buat kita yang masih muda untuk menyadari arti pentingnya kehidupan, dgn kata lain gunakan hidup ini dgn tidak melakukan perbuatan yang kurang berguna seperti mabuk-mabukan. Saya sangat setuju dgn tulisan yang ada di artikel ini. Terimakasih.
    ID Twitter: @adidroider

  1. Arvin Febrian said...:

    Siang semua :) artikel dan gerakan ini memang sangat berguna untuk siapa saja yg membacanya buat apa kita minum minuman keras? Tidak ada bagusnya sama sekali untuk tubuh beserta organ2 dalamnya :) ditambah sekarang sedang bulan ramadhan gerakan ini amat sangat dibutuhkan pastinya.. Bukan hanya miras saja, begitupun alkohol,narkoba,dan obat2an terlarang lainnya. Saya, teman2 beserta keluarga sayapun sangat mendukung adanya gerakan ini. Apalagi untuk yang muslim, alkohol,narkoba, dan sebagainya itu diharamkan. Akan merusak syaraf2 yang ada diotak kita. So, ayo kita dukung gerakan ini. Maju terus GERAKAN ANTI MABUK 2012-“Brenti jo bagate” !!! Tuhan memberkati kalian yang mendukung gerakan ini :D

    @ArvinFLP

  1. Jefry Fernando said...:

    Selamat siang...

    Menurut saya minuman keras dan alkohol sangat tidak baik untuk tubuh...
    Banyak sekali nampak negatif yang ditimbulkan oleh kedua benda tersebut...

    Daripada kita mengkonsumsi benda tersebut lebih baik kita berkarya untuk bangsa negara kita...
    Dimana generasi muda merupakan penerus bangsa kita...
    Jika generasi muda hancur maka tidak ada lagi yang menjadi penerus bangsa ini...

    @jefrilicious

  1. Anonymous said...:

    Keren gan postingannya dan gua amat sangat setuju untuk isi postingan ini... jaga kesehatan untuk tidak mengkonsumsi barang itu dan teruslah berkarya....

    twitter: @denhatake

  1. LamserMs said...:

    Bagus Banget Infonya...Thanks Yaa...Soalnya Baru Tahu..Saya Anak Indonesia Yang Mempunyai Prinsip..No Alcohol And Say No To Narkoba..No Smoking..karna Muda Itu Selalu Hidup Sehat



    ID Twitter : @Lsiregar_45

  1. Anonymous said...:

    pernah keluar perda anti mabuk kan. Ditinjau dari segi makna,mabuk berkolerasi dengan peristiwa sudah minum dan menimbulkan gangguan pada tingkat kesadaran dan respon manusia di lingkungan sekitar dengan efek negatif yg lebih dominan. Nah yang sekarang 'Stop Bagate' menekannkan pada pencegahan agar tidak mulai dan atau terus meminum banyak alkohol.

    Menilik peribahasa, mencegah lebih baik dari mengobati. Gerakan 'Stop Bagate' ini semoga nantinya bisa membantu bukan hanya menurunkan angka kemabukan tapi juga menurunkan peristiwa kriminal akibat konsumsi alkohol yang berlebih. Pemerintah tenang, rakyat senang....

    Salam
    @kurisutofuru

  1. Anonymous said...:

    Untuk bisa menerapkannya dimasyarakat aparat terkait harusnya sdh mulai melakukan pembinaan di sklh2 ato di kmps2, krn alkohol bisa sama berbahanya dgn narkoba krn selain merugikan diri sendiri alkohol dapat memicu tindak kriminalitas yg dapat merugikan org lain.. Maka disarankan untuk dilakukan penyuluhan terhadap bhya alkohol yg melebihi batas dan konsekuensinya dimasyarakat, dengan menyadarkan masyarakat itu sendiri ... Thx ;)

    @call_tony

  1. Anonymous said...:

    Artikel yg sangat bagus. Semoga org2 yg suka bermabuk-mabukkan cepat sadar. Bahwa dgn meminum alkohol bukan hanya berdampak negatif buat dirinya sendiri tp jg buat org lain. Semoga artikel ini bermanfaat buat semua org bkn hanya masyarakat SULUT tp buat semua org. Agar org yg blm terjebak di dlmnya bs mghndr dampak buruknya. "Say No To Alkohol"


    @Fanny_Oktaviana

  1. Anonymous said...:

    Artikel yg sangat bagus n bermanfaat bagi semua org. Semoga dengan membaca artikel ini. Semua org tahu bahwa alkohol bukan hanya berdampak buruk bagi dirinya sendiri tapi juga buat orang lain. Dan semoga dengan adanya gerakan ini, bukan hanya masyarakat SULUT tapi seluruh masyarakat Indonesia tahu bahwa alkohol itu sangat sangat tidaklah baik buat dirinya n buat org lain. N bagi org yg blm terjebak di dalamnya pandai2lah memilih sesuatu apakah itu baik buat diri anda, atau malah merusak diri anda n bahkan merugikan org lain. "Say No To Alkohol"


    @Fanny_Oktaviana

  1. mas pras said...:

    Wiiiihhh bagus banget postnya! Suka bangettttt 100 jempol deh... Cocok nih dishare di semua socmed agar semua orang baca bahwa miras itu berbahaya karena sama saja kita meminum racun. Saya sbagai generasi mudah turut sedih kalau bnyak generasi tua yg suka minum2an keras karena menimbulkan dampak tdk baik ke generasi muda tapi saya sebagai generasi muda yg baik tidak mau dan tidak akan mencoba minuman keras, obat2an ,narkoba dan jg merokok. Smoga generasi muda seperti saya bisa lebih baik lg dari sebelumnya! Amin O:)

    @StevanusDimass

  1. Anonymous said...:

    Nah info ya yang kaya gini! Membangun... Smua yang bikin mabuk emang ga baik, ngga ada khasiatnya buat tubuh. Semoga yang suka mabuk"an jadi kebuka matanya dan ngga mabuk"an lagi... Rokok juga dibahas dong :D biar smoker berkurang @ntnl_hogan

  1. LamserMs said...:

    Maju Terus Generasi Muda..Jauhi Yang Berbaur Negatif Demi Kesehatan Kita Jugakan..Hidup Sehat Tanpa..Miras, Narkoba, Rokok Dll..Muda Itu Cerdas Memilih Yg Terbaik.

    @Lsiregar_45

  1. zai niati said...:

    artikel yang bagus dan seharusnya lebih di sosialisasi kepada anak-anak muda. Agar lebih mengetahui dampak negatif dan posif dari Mabuk dan kawan-kawannya..
    mari generasi muda kita bangkit dari keterpurakkan..

  1. zai niati said...:

    AREIKEL INI SUDAH SANGAT BAGUS, TETAPI LEBIH BAGUS LAGI JIKA INI DI SOSIALISASIKAN KEPADA ANAK MUDA INDONESIA. AGAR MEREKA MENGETAHUI DAMPAK-DAMPAK DARI MABUK DAN KAWAN-KAWANNYA. MARI KITA ANAK MUDA INDONESIA BANGKIT DARI KETERPURUKKAN.

  1. selvi risma said...:

    Alhamdulillah dapat tambahan ilmu pengetahuan dari membaca artikel ini...
    Artikel yang bagus, dimana dapat menyadarkan orang-orang disekitar kita khususnya anak-anak muda betapa bahayanya alkohol dan sejenisnya bagi kesehatan tubuh, selain itu cara untuk mengantisipasinya juga sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh orang pada umumnya...
    Maju terus generasi muda Indonesia!!

    @chielpy_risma

  1. EnDah Rezeki said...:

    Setuju banget.... suatu gerakan yg menginspirasi genarasi muda dipelosok negeri jg nih.. biar generasi muda kita ga terbawa kedalam gaya hidup yg merusak dirinya sendiri,keluarga dan juga generasi bangsa. Nice Article...
    @SheRiz_

  1. LamserMs said...:

    Saya Mendukung Banget Gerakan Ini..Supaya Seluruh Penerus Bangsa ( Anak Bangsa ) Bebas Dari Hal Negatif, Dan Tentunya Dari Diri Sendiri Juga Harus Sadar Dan Berani Menjahui Hal" Negatif, Tak Hanya Diri Sendiri Yang Selamat Keluarga Dan Orang Sekitar Juga Pasti Lebih Aman Berada Didekat Kita..Jauhi Hal Negatif Dan Tak Perlu Malu.. -@Lsiregar45_-

  1. artikel ini sangat bagus dan bermanfaat untuk dijadikan bahan bacaan dan juga dapat dijadikan reminder khususnya untuk diri kita sendiri mengenai dampak yang ditimbulkan jika mengonsumsi minuman keras. terlebih lagi GERAKAN ANTI MABUK 2012 ini sangat menarik, saya sangat setuju dan mendukung penuh dengan gerakan ini. seharusnya gerakan seperti ini juga diadakan di daerah lain di Indonesia, bukan hanya di Sulawesi Utara karena sungguh sangat bermanfaat dan tentu pasti akan memberi kesadaran dini terutama untuk pemuda pemudi Indonesia akan bahaya minuman keras sehingga bisa mengurangi tingkat kejahatan dan kriminal yang mungkin didasari dari mabuk mabukan. sungguh, artikel nya bagus. menambah pengetahuan. good job ! keep inspiring :)
    @WidiaAriyunita

  1. Farisa Amo said...:

    Annyeong Haseo

    Gerakan anti mabuk.... alangkah baiknya mulai disosialisasikan pd teman dekat, pengaruhi keluarga, beritahu sahabat, ngelarang Pacar, dan diMULAI dr diri sendiri.
    Krn tdk akan mampu kita menegur org lain jika diri sendiri tdk.
    Lagipula, Miraa merupakan hal yg nntinya merugikan diri sendiri.....mnmbulkan suasana tdk aman bagi org lain. bukankah manusia yg baik adalah yg kehadirannya membwa kenyamanan dan kedamaian bg org lain ?.

    Farisa Amo.

  1. Farisa Amo said...:

    Gerakan anti mabuk.
    Alangkah baiknya dilakukan dlm bentuk nyata. mulai baca ttg artikel pendukung sprti ini ditunjang dgn sosialisasi rutin. tp sosialisasi nyata mulai dr beritahu teman, pengaruhi org lain, kasi tau keluarga, ngelarang Pacar, dan di MULAI dr diri sendiri.
    Agar sgala bentuk sosialisasi menjadi efektif sllu didukung dgn kemauan dan keyakinan kuat.
    Kota manado juga perlu merencanakan infrastruktur dan kegiatan2 pendukung yg bsa meminimalisir aktifitas mabuk-mabukan.

  1. hermantan said...:

    gunakan domain sendiri bro..
    sayang hanya bergantung dari blogspot terus..
    salam blogger manado

  1. kita juga punya nih artikel mengenai dampak meminum alkohol, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3566/1/Jurnal.pdf

  1. vero acap said...:

    waah,,artikelnya bagus ijin copy ya kka.. (y)

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends