X-News: Fenomena Penampakan Orbs 100% Bukan Fenomena Mistis, Penjelasan....!!

Wednesday, May 5, 2010

Beberapa waktu yang lalu saya sempat tertarik dengan sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta yang menampilkan foto-foto penampakan orb yang katanya merupakan fenomena mistis. Dimana orb tersebut dikatakan adalah jiwa/arwah(disebut juga 'sesuatu' yang memiliki energi negatif) yang tak sengaja tertangkap kamera dengan bentuk bulat/bundar. Masih ingat dengan foto penampakan  ufo berbentuk bulat disamping bulan yang kemudian diklaim oleh paranormal bahwa penampakan tersebut adalah fenomena orbs?Apakah penampakan orb pada hasil jepretan foto-foto, murni adalah penampakan mistis.....?


Foto di bawah ini awalnya diklaim adalah penampakan UFO. Foto ini diambil di wilayah Evans Head oleh seorang perempuan bernama Korrine Stewart. Sekitar pukul 22.30 malam, tiba-tiba sebuah benda aneh terlihat muncul di sebelah Bulan.
Anehnya, Stewart mengaku hanya bisa melihat benda yang terlihat bulat ungu itu melalui kameranya. Meski yakin tentang keberadaan UFO, Stewart tak yakin benda yang dipotretnya itu adalah UFO. "Waktu itu saya pikir hanya bayangan," kata dia, seperti dimuat laman Northernstar.com.au, Jumat 9 April 2010.


Para ahli supranatural /paranormal berkata lain. Mereka berkata bahwa objek yang tertangkap itu adalah Orb (bola energi), yang merupakan sebuah penampakan aktifitas supranatural .


Berikut ini contoh foto  fenomena orb yang diklaim berkaitan dengan mistis/supranatural.




Kemunculan Orb
Evolusi digital imaging yang dimulai pada akhir 1990-an menyebabkan revolusi dalam penelitian paranormal./ahli suprnatural. Peneliti mulai melaporkan adanya fenomena yang sebelumnya tak terlihat pada kamera yang diambil menggunakan kamera konvensional berbasis film.


Dengan persetujuan bersama, tampaknya fenomena paranormal ini dijuluki sebagai 'Orb'. Orb umumnya berbentuk anomali lingkaran yang terang (seolah-olah bercahaya) didalam foto, walaupun bentuk-bentuk lain seperti bersudut dan memanjang, anomali bulat/bundar, lebih sering muncul dengan berbagai warna dan jumlah...

Interpretasi Paranormal

Selain diartikan sebagai sebuah efek optik, orb terkadang juga dianggap sebagai sebuah fenomena paranormal seperti makhluk bercahaya, makhluk luar angkasa, pesawat luar angkasa, hantu, atau makhluk elemental lainnya.

Meskipun ada penjelasan ilmiah berkenaan dengan kemunculan orb, teori-teori ilmiah yang ada tidak dapat menjelaskan semua penampakan tersebut. Salah satu contoh penampakan yang berlangsung secara konsisten adalah kemunculan orb atau gejala cahaya bergerak lainnya pada hasil foto di lokasi-lokasi tertentu seperti ECETI ranch di negara bagian Washington bagian selatan di dekat Gunung Adam. Orb-orb secara konsisten muncul dalam jumlah besar pada foto tidak peduli jenis kamera yang dipakai, dan tidak peduli waktu pengambilan fotonya. 
Hingga saat ini, ribuan gambar Orb telah tersebar dan tertangkap dalam hasil foto kamera.
Kontroversi tentang kemunculan orbs sangat bervariasi misalnya banyak peneliti percaya bahwa anomali tersebut adalah bukti, dari aktivitas supranatural/makhuk halus. Lainnya menganggap orbs merupakan emisi energi yang dikeluarkan oleh makhluk lain '.

Internet dipenuhi dengan gambar-gambar yang mengandung orbs dan sampai saat ini mereka masih menganggap hal ini disebabkan dari aktivitas mistis. Forum-forum diskusi di internet juga ada yang membahas fenomena ini. Koran dan majalah mempublikasikan foto-foto orbs, meyakinkan klaim dari paranormal dan ahli spiritual. Dan kadang-kadang menambahkan dukungan selebriti untuk membuktikannya seperti pada kasus bintang TV Noel Edmonds. Yang mengatakan bahwa 2 buah orbs yang pernah tertangkap di kamera nya adalah arwah dari almarhum orang tuanya yang telah meninggal. Anda bisa melihat beritanya disini : dailymail

Ada juga beberapa buku yang ditulis dengan menggambarkan sifat supernatural dari orbs hingga sampai bagaimana cara berinteraksi dengan orbs sehingga orang bisa mendapatkan pencerahan spiritual 'Melalui Orbs Ascension ' [Diana Cooper dan Kathy Crosswell, Findhorn Press].


Penjelasan 'Orb'

Istilah “orb” mengacu kepada objek tidak diduga yang muncul dalam foto dan umumnya berbentuk lingkaran. Terkadang, objek ini memiliki ekor, yang menandakan bahwa ia bergerak.

Istilah teknis fotografi untuk kemunculan orb, khususnya yang muncul menyolok pada kamera-kamera kompak, adalah “backscatter”, orb backscatter, atau pantulan di dekat kamera.

Dengan keterbatasan ukuran pada kamera kompak dan ultra-kompak, khususnya kamera digital, jarak antara lensa dengan lampu kilat pun sangat dekat, sehingga mengurangi sudut pantulan cahaya ke lensa dan meningkatkan peluang terjadinya pantulan cahaya dari partikel-partikel yang tidak dapat terlihat dalam kondisi normal. Karenanya, orb lazim ditemukan pada foto-foto yang dihasilkan pada kamera digital maupun film yang berukuran kecil.

Orb dapat muncul dari pantulan cahaya partikel-partikel padat (misal debu), cair (titik-titik air, khususnya hujan), atau benda asing lainnya di dalam lensa kamera.

Orb yang diambil selama kasus cahaya rendah di mana lampu kilat kamera diimplementasikan, seperti pada malam hari atau di bawah air. Benda yang diambil dengan kamera kompak atau ultra-kompak, di mana jarak pendek antara lensa dan yang built-in flash menurunkan sudut refleksi cahaya ke lensa, langsung menerangi aspek partikel menghadap lensa dan meningkatkan kemampuan kamera untuk menangkap cahaya yang tercermin dari partikel - partikel yang terlihat.

Orb yang sempurna biasanya berbentuk lingkaran putih atau semi-transparan, meskipun mungkin juga terjadi dengan spektrum warna dari keseluruhan atau sebagiannya. Dengan tetesan hujan, gambar dapat menangkap cahaya yang melewati tetesan menciptakan efek pelangi kecil.


Dalam kondisi di bawah air, partikel seperti pasir atau kehidupan laut kecil dekat dengan lensa, tak terlihat untuk penyelam, memantulkan cahaya dari flash menyebabkan artefak bola dalam gambar. Sebuah flash strobe, yang jarak dari lampu kilat lensa, menghilangkan artefak.

Berikut adalah dua diagram dari contoh  hipotesis air. Dalam Diagram A, wajah langsung partikel selaras dengan lensa kamera yang diterangi oleh lampu kilat, dan dengan demikian kamera akan merekam lebih mungkin pembentukan orbs. Dalam Diagram B,  partikel diterangi oleh lampu kilat didepan wajah lensa dan karena itu tetap terekam.


Sebuah contoh hipotesis bawah air dengan dua kondisi di mana orbs adalah (A) mungkin atau (B) tidak mungkin.


Dari 2001 - 2003, Para.Science melakukan serangkaian penelitian untuk menentukan sifat orbs dan juga mengapa mereka hanya muncul pada kamera digital. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan probabilitas bahwa orbs hanyalah hasil dari debu udara, kelembaban dan partikulat yang mencerminkan cahaya dari kamera flash kembali ke chip imaging, sehingga menghasilkan karakteristik anomali cerah.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa untuk menghasilkan anomali orbs dalam gambar harus memenuhi beberapa kondisi yang harus terpenuhi; yaitu flash harus Kamera telah digunakan pada saat pengambilan gambar. Materi udara harus berada dalam beberapa sentimeter dari lensa kamera dan materi juga harus dalam kisaran sempit sudut relatif terhadap pusat sumbu lensa material yang dapat memantulkan cahaya dari flash ke dalam lensa.

Penelitian ini mengakibatkan banyak orang mempertanyakan sifat sejati orbs dan menuntun orang-orang lain untuk melakukan eksperimen mereka sendiri dengan hasil  probabilitas bahwa orbs adalah hasil dari debu udara dan bahan lainnya telah banyak diakui. Namun ketidakmampuan dari studi sebelumnya oleh Para.Science dan orang lain untuk meyakinkan menunjukkan bahwa masalah kelembaban udara yang membentuk anomali orbs ini telah melahirkan perdebatan antara ahli-ahli supranatural, pendapat skeptis dengan ahli sains.

Sebuah eksperimen  beberapa waktu yang lalu dilakukan oleh Para.Science adalah dengan penggunaan stereo (kiri & kanan) fotografi untuk mengeksplorasi fenomena orbs. Dengan menggunakan teknik ini  memungkinkan untuk menguji hipotesis bahwa udara dan orbs adalah masalah fisik yang dekat dengan kamera. Jadi, jika sebuah orbs ditemukan hadir pada satu gambar dari sepasang stereo gambar yang diambil secara simultan dan tidak ada pada yang lain, kemudian sumber asli yang anomali harus berada dalam sudut pandang yang terbentuk antara flash dan lensa agar pencahayaan flash ini tercermin dari sumber menyebabkan anomali terang muncul pada gambar akhir.
Juga, seperti objek yang hanya muncul pada salah satu gambar stereo harus secara fisik dekat dengan kamera. Ia akan muncul pada kedua gambar stereo jika terletak lebih dari jauh dari kamera (biasanya kurang dari 2-3cm), sebagaimana ditentukan oleh pemisahan dua sumbu lensa.



Kesulitan ini termasuk; menemukan cara untuk memastikan bahwa kedua gambar diambil secara bersamaan, bahwa kedua gambar telah fokus pengaturan fotografi yang identik yaitu & exposure dan bahwa kedua gambar itu pengolahan pasca adegan gambar sama diterapkan seperti pra-set, keseimbangan warna, file kompresi dll Penggunaan lensa stereo dipasang ke kamera digital juga melihat potongan seperti terlebih dahulu sebagian diblokir cahaya dari kamera built in flash dan kedua penggunaan lensa tunggal / CCD berarti bahwa tidak akan mungkin untuk sepenuhnya mengecualikan setiap anomali dan kesalahan yang disebabkan oleh lensa / CCD yang lain diketahui penyebab dari beberapa orbs seperti anomali fotografi.

Parascience melakukan penelitian dengan meggunakan kamera Fujifilm W1 3D. Kamera digital saat ini yang   terdiri dari sepasang lensa dan chip gambar resolusi tinggi membentuk sepasang gambar yang  mengambil sistem dengan terintegrasi didalam tubuh kamera yang sama. Kedua gambar mengambil sistem berbagi flash tunggal umum diposisikan berjarak sama antara dua lensa. Penting, baik foto cocok mengambil sistem yang diaktifkan dengan tombol rana yang sama dan menggunakan fokus yang sama, eksposur dan pengaturan flash, sehingga memastikan bahwa dua gambar yang dihasilkan dihasilkan untuk setiap pers rana adalah identik dalam segala hal kecuali untuk pemisahan antara kiri dan kanan gambar. Kamera ini telah membuktikan hipotesis bahwa orbs adalah hasil dari materi udara sekitar yang tercermin dari  lampu flash sehingga menciptakan anomali orbs.

Kamera telah digunakan dalam rangkaian percobaan dilakukan di lebih dari dua puluh lokasi luas tersebar di seluruh Inggris dan Eire selama 2009 dan 2010. Lokasi terpilih untuk mencakup perwakilan luas tempat berhantu misalnya diduga istana, lokasi industri, bangunan ritel modern dan juga termasuk lokasi dalam dan luar ruangan.

Foto-foto itu diambil di beberapa lokasi diketahui dengan baik juga, seperti Maria King's Close, Edinburgh; Margam Castle, Wales Barat, dan Yogyakarta Gaol di Eire. 
Dalam kebanyakan kasus fotografi itu dilakukan peneliti sedangkan paranormal & anggota, masyarakat tidak menyadari sifat tertentu dari kamera atau percobaan yang dilakukan dilakukan beberapa bentuk investigasi paranormal. Ini menjurus pada satu kesempatan untuk suatu kejadian lucu saat Menengah psikis pada satu lokasi melihat sebuah bola '' pada layar LCD kamera dan menyatakan foto yang akan 'Bukti' semangat seorang gadis muda yang menghantui lokasi itu!

Dalam rangka untuk meniru titik "dan menembak" teknik fotografi digital yang paling dilakukan selama investigasi paranormal amatir kamera itu hanya digunakan dalam eksposur otomatis dan modus fokus. Penggunaan modus otomatis juga memastikan bahwa pasangan stereo resultan dari gambar yang identik dalam hal apapun Software pengolah gambar yang digunakan dalam kamera yaitu yang mempengaruhi keseimbangan warna, adegan pra-set, file kompresi  gambar pasangan ini . 
Tidak ada peningkatan atau manipulasi gambar yang  dilakukan. Setiap pasangan secara bersamaan diambil gambar stereo kemudian dilihat berdampingan dan hanya secara visual untuk dibandingkan keberadaan anomali bola pada salah satu dari pasangan.

Survei komprehensif ini sangat mendukung hipotesis bahwa orbs hanyalah hasil dari debu dan bahan lainnya yang melayang di udara dan dekat dengan kamera , dan sama sekali tidak berkaitan dengan fenomena spiritual.

Berikut ini foto-foto yang diambil oleh Para.science yang berlokasi di Maria King's Close, Edinburgh; Margam Castle, Wales Barat, dan Yogyakarta Gaol di Eire yang diambil dari kamera yang sama dengan objek yang sama, ( Kiri dengan menggunakan flash, Kanan tidak )
 













Kenapa foto-foto orbs kebanyakan tertangkap pada malam hari...?Saya yakin karena orang yang mengambilnya menggunakan kamera flash. Foto-foto yang menghasilkan anomali orbs, kebanyakan menggunakan kamera yang memiliki  lampu flash.

Apakah penampakan orbs  ini  berkaitan dengan fenomena mistis dan supranatural...?
Setiap orang punya pendapat menurut kepercayaan masing-masing...

(wikipedia,Northernstar.com.au,dailymail, para.science)

(hawkson)

36 komentar:

  1. Reyhans said...:

    pertamaxx
    baca dlu ah...

  1. jaguar said...:

    nice menambah wawasan :), bro request yang agak seram dikit dong, seperti kenapa penampakan kunti itu kok sama semua dari rambut yang acak-acakan dan seragam putih dekil itu, emangnya dress code di sana seperti itu?

    Thanks

  1. hawkson said...:

    wah, sebenarnya saya kurang tertarik mengenai fenomena dunia mistis..

    jawaban yang sederhana adalah, mungkin setelah meninggal lalu dikuburkan dengan menggunakan pakaian putih...

    kita tidak bisa mengklaim apa-apa karena dunia manusia dengan alam roh(orang yang sudah meninggal) sangat berbeda dan bertolak belakang, dan terkadang sulit diterima dengan logika..

  1. uny said...:

    keren bang ......

  1. rendy said...:

    wah sy tidak takut lg memotret di t4 gelap stlh mmbc artikel ini..
    jk ad yg muncul, sy rs sprti yg di jlskn oleh bro hwkson...
    keep posting bro..

  1. chezm0th said...:

    tapi kebanyakan kata paranormal bilang
    orb itu aktivitas mistis ,visualisasi dari reaksi aura kita dengan energi makhluk halus,yang ga sengaja ketangkep kamera...

  1. Anonymous said...:

    First comment
    Ћα˘°ћα˘°ћα

    ªќǚ pernah ngalamin kejadian kek gini..
    Malem dan menggunakan kamera flash..
    Pas liat jadinya tuh poto ada buletan gt..
    Jd langsung keinget kejadian orb.. Persiss..
    ªќǚ rasa sih bukan aktivitas mistis gt.. Hihihi..

    Keep posting yaa :)
    -L8

  1. bedu said...:

    menarik juga penjelasannya. thanks banget.

  1. zidny said...:

    nice article gan. gue punya pengalaman pribadi baru2 ini. kl itu emang debu yg sangan deket dgn lensa kamera. knp koq pas w coba pake lampu flash,, w bisa melihat orbs itu tanpa menunggu di kamera. ketika flash terpancarkan di tempat pohon yg sangat gelap,, itu seperti bintang bertebaran dekat pohon itu yg terkena lampu flash. dan dikamera pun ada. jadi kl orbs itu debu yg sangat deket kamera,, mustahil banget gan?? gymana???

  1. haduuh agaan, aku malah punya foto kayak gtu banyak bgt foto waktu acara band band an HC di kota ane

  1. Saya setuju.. menurut saya orbs adalah pantulan debu n benda2 kecil lainnya :)

  1. Saya setuju, menurut saya orbs dll itu hanya sebuah pantulan cahaya dari debu n benda2 kecil lainnya :)

  1. Anonymous said...:

    kalau anda menganggap itu segumpalan debu,itu sangat amat benar
    tapi kepercayaan anda bahwa itu debu,juga membuat anda percaya bahwa itu adalah makhluk halus
    karena saat makhluk halus berinteraksi dg manusia akan terjadi suatu residual energi yang sangat kuat dan akan menyebabkan udara disekitar panas dan akan membakar kelembaban udara disekitar kita jadi akan terbentuk venomena orbs
    kurang lebihnya seperti itu..

    terimakasih
    kalau mau tanya lebih lanjut sms saya aja
    no HP 08988196961
    tq

  1. Anonymous said...:

    saya akan melanjutkan yang diatas soalnya kuurang sedikit

    debu yang disebabkan oleh pembakaran kelembapan udara tsb akan dipantulkan oleh lensa flash
    dan walaupun tidak menggunakan lensa flash seharusnya akan tetap trlihat tetapi akan gelap apalagi bila memotret pada malam hari


    tq
    jgan lpa sms aku ya
    nomornya diatas tuh

  1. Anonymous said...:

    no comment, karena masih banyak pembahasan dan cara berfikis logis yang bisa memjelaskan bagaimana orb terbentuk. saya simpan dlu artikel ini

  1. Anonymous said...:

    Artikelnya bagus, tp klo orbs yg tiba tiba muncul dan bergerak di video padahal kameranya lagi diem, penyebabnya apa ya

  1. Anonymous said...:

    Tremendous issues here. I'm very satisfied to look your article.
    Thanks so much and I'm having a look forward to contact you.
    Will you please drop me a mail?

    Here is my page: advertising service

  1. Hakim said...:

    Sementara dari kacamata ilmiah, Orbs diduga merupakan partikel debu, uap dan tetesan air yang tertangkap kamera. Menurut pengamatan Mark Kimura Ph.D, peneliti dari Paranormal Research Investigation, Orbs akan sangat jelas terlihat saat kita menggunakan sinar flash ketika memotret, khususnya saat berada di daratan. Pantulan debu dan kawan-kawannya tadi akan membentuk bulatan dan terlihat seperti Orbs.

    Namun, dugaan tadi kembali diragukan oleh penemuan foto bawah laut milik Joan Ocean, seorang ilmuwan yang peduli tentang kehidupan laut. Dalam foto tersebut, Orbs tetap muncul, padahal foto itu diambil di bawah laut. Penjelasan lain yang cukup menguatkan adalah posisi Orbs yang selalu berubah-ubah setiap waktu dan menghilang kapan saja. Sementara kenyataannya, debu dan partikel halus sifatnya menempel dan baru menghilang apabila dibersihkan. Makanya, seringkali penampakan Orbs sering diartikan sebagai adanya makhluk halus di tempat mengambil foto tersebut.

  1. Hakim said...:

    Sementara dari kacamata ilmiah, Orbs diduga merupakan partikel debu, uap dan tetesan air yang tertangkap kamera. Menurut pengamatan Mark Kimura Ph.D, peneliti dari Paranormal Research Investigation, Orbs akan sangat jelas terlihat saat kita menggunakan sinar flash ketika memotret, khususnya saat berada di daratan. Pantulan debu dan kawan-kawannya tadi akan membentuk bulatan dan terlihat seperti Orbs.

    Namun, dugaan tadi kembali diragukan oleh penemuan foto bawah laut milik Joan Ocean, seorang ilmuwan yang peduli tentang kehidupan laut. Dalam foto tersebut, Orbs tetap muncul, padahal foto itu diambil di bawah laut. Penjelasan lain yang cukup menguatkan adalah posisi Orbs yang selalu berubah-ubah setiap waktu dan menghilang kapan saja. Sementara kenyataannya, debu dan partikel halus sifatnya menempel dan baru menghilang apabila dibersihkan. Makanya, seringkali penampakan Orbs sering diartikan sebagai adanya makhluk halus di tempat mengambil foto tersebut.

  1. Unknown said...:

    kali emang kudu pake flash mungkin biar dapet :D hahaaa

  1. Unknown said...:

    pengalaman pribadi saya tp pernah sama2 pake flash tp beda waktu beberapa detik ditempat yg sama kamera sama pengaturan sama . itu flash ada yg bisa nangkep orb ada yg sama sekali g , sampe penasaran beberapa kali tak coba . tetep hasilnya kadang ada kadang g ada . yah kurang taulah itu apa , hehehee

  1. Unknown said...:

    Seperti dalam video ini :
    Video Penampakan ORBS Saat Pawai Obor 22 Juni 2014
    http://youtu.be/ZNrtisLuk1c

  1. sedotmusik said...:

    terlalu dini mengatakan orbs itu debu.. terlalu dini juga mengatakan itu supranatural, masih harus diteliti lagi dengan seksama..

    sementara itu saya sudah baca artikel ini di 9 blog dan smeuanya sama saja tidak mejelaskan kenapa bisa debu dsb dsb..

  1. andre said...:

    mohon nimbrung sejenak,
    beberapa waktu lalu saya ambil foto di depan rumah perkiraan saat pengambilan foto tersebut pukul 19:-- wib. saya tertarik dalam artikel ini dikatakan bahwa kemungkinan objek yang disebut Orb tersebut adalah kemungkinan debu,
    pertanyaan saya adalah, kenapa tidak semua foto yang di ambil tidak selalu ada debu tersebut, ? soalnya saya dan saudara saya penasaran, kenapa hanya saat saudara saya yang menjadi objek saja debu tersebut muncul, kenapa disaat saya yang menjadi objek debu tersebut tidak muncul?
    jedah saya bergantian menjadi objek sangat singkat hanya dalam hitungan detik. seharusnya setiap foto yang di ambil tidak perduli apa yang menjadi objek
    pasti akan ditemukan debu tersebut.
    foto2 tersebut masih saya simpan.
    terima kasih
    salam

  1. Anonymous said...:

    Sy jg serg meliht penampkn brupa sinar/cahaya wlopn tidak setiap saat/waktu.penampakn sinar trsebut kadang muncul/terlihat di dalam ruangan, di luar ruangan,di dekat orang lain dan waktux jg tdk tntu bs siang,sore ato malam...dn ketika cahaya tsb menampakan diri itu berlangsung hanya beberapa detik saja bahkan bisa lebh dr itu dan ukuranx tdk menentu yg plg kecl hanya seukuran tanda "titik". Wrna yg sy ktahui hanya biru( tua,muda),ungu,indigo,putih,oranye,merah dan hitam.
    Itu yg sy liht dgn mata telanjg sy brupa orbs/cahaya.sbnrx msh ada lbh dr itu tp krn yg d bhs cuma orbs/chaya mk sy bg pengalamn sy ttg hal tsb

  1. Anonymous said...:

    Apa bnr orbs hanya nmpk ktk mlm hari dn mggunkn kamera flash? Terus bgmn dgn orbs/chya yg tmpk di sekitr tubh temn sy sj pd saat acara pesta di siang hari di dalam ruangan yang terang dan orbs itu brwrna putih dn hanya 1 brwrna oranye.dan orbs itu hanya muncl di tpt tmn sy brada sedgkn yg lain tidk...

  1. Anonymous said...:

    Apa betul spt itu trs bgmn jk foto pnmpkn orbs di ambl wktu siang hari tanpa kamera flash(kmera jadul). Ato bgmn dgn org yg serg meliht dgn mata telanjang dan tak tentu waktunya :-)

  1. Anonymous said...:

    Kita memang tidak akan percaya suatu hal sebelum merasakan dan membuktikannya sendiri spt cnthx org miskn tdk tau bgmn rasax jd org kaya dan org kaya tidak tau bgmn rsx jd org miskn. Org seht tdk bs mrasakn bgmn mnjd org yg sakt.dll
    Krn brhubg sy meliht pnmpkn orbs/cahaya,asap berwarna didlm ruangan,dsb dgn mata telanjg mk sy prcaya bhwa dunia ghaib itu ada. Prcaya akn dunia ghaib itu bkn brarti kt hrs mnduakn allah ato brbuat hal yg syirik/musrk tp prcaya hal ghaib hanya dgn niat krn allah dn sbg bkti kbsrn allah

  1. Nugie said...:

    Saya ada cctv yg bisa mnangkap orb,stlh saya pelajari ttg orb saya ambil sdikiy experiment.
    1. Cctv on : saya nonton tv di ruang tengah 15 mnt tanpa aktifitas.
    2. Di jam yg sama esok harinya saya melakukan kegiatan yg menimbulkan debu, nyapu..pukul" sofa bersih" selama 15mnt.
    3. Saya ulangi setiap hari di jam yg sama kegiatan no.1 dan no.2 selama 7hari.
    Kemudian minggu kedua kegiatan saya di jam yg sama dan selama 15mnt saya berdoa.. selama 1 minggu setiap hari dijam yg sama.

    Kesimpulan:
    1. Nonton tv 15mnt : orb sekitar 20-35% : pergerakan ke atas dan samping.
    2. Bersih" selama 15mnt: orb nampak dg persentase 8-15% arah gerak tdk menentu trkadang 2-3 orb bergerak bersama kadang mencar jalan sendiri.
    3. Berdoa 15mnt : orb muncul sekitar 60-75% dan arahnya berputar kemudian menghilang.

    Silahkan simpulkan sendiri..dan silahkan coba dirumah jika ada cctv. (Jam experiment : 18.30 s/d 18.45)

  1. Anonymous said...:

    Hi everybody, here every peron iss sharing these knowledge, so
    it's pleasant to read this blog, and I used to pay a quck visit this webpage every day.

  1. Anonymous said...:

    I love your blog.. very nice colors & theme.
    Did you make this website yourself or did you hire someone
    to do itt for you? Plz answer bak ass I'm looking to create my own blog and would
    likee to find out where u gott this from. appreciate it

  1. Anonymous said...:

    Hello! I just want to give you a huge thumbs up for the gredat info you've got right here on this post.
    I am returning to yourr site for more soon.

  1. Anonymous said...:

    I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to doo it for
    you? Plz respond as I'm looking to construct my own blog and would like
    to find oout where u got this from. thanks a lot

  1. Anonymous said...:

    Hey there wouldd you mind letting me know which web host you're
    utilizing? I've loaded your blog in 3 completely different browsers andd I
    must say this blog loqds a lot quicker tjen most. Can you recommend
    a good internet hosting provider aat a fair price? Cheers,
    I apprecite it!

  1. Anonymous said...:

    Asking questions are gednuinely nice thing if you are not understanding anything
    entirely, however this paragraph offers fastidious understanding yet.

  1. Anonymous said...:

    I for all time emailed this website post age to all my friends, because if like to read
    iit next my contacts will too.

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Friends