Fenomena Aneh? Bayangan Di Balik Awan, Texas, 24 Agustus 2011

Sunday, August 28, 2011

Ketika kita menatap langit, biasanya kita menemukan berbagai bentuk awan. Dan tentu juga kita akan melihat awan - awan itu seolah membentuk bentuk yang ada dalam imajinasi kita. Hal ini dinamakan dengan Pareidolia yaitu fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. 



Dan biasanya juga bisa menimbulkan persepsi yang berbeda-beda pada orang yang melihat/ mengalaminya. Contoh umum selain melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, juga pria  atau kelinci Bulan, hingga pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik. 

Nah kali ini kita tidak akan berbicara tentang fenomena bentuk awan, melainkan fenomena dimana terciptanya bayangan di balik awan.

(Saya klarifikasi dulu sebelumnya, bahwa isi artikel ini tidak ada kaitannya dengan lagu Di balik Awan miliknya group band Peterpan.)




Shadow Behind The Clouds
Di Rowlett Texas, ada laporan dan rekaman video penampakan bayangan di balik awan yang dikutip dari WFAA.COM






Saya juga menemukan update'annya yang menjelaskan keaslian rekaman yang diambil.





Penjelasan yang mungkin kenapa hingga terbentuknya bayangan itu adalah karena itu adalah awan cumolonimbus yang berada 35.000-40.000 kaki dan terdapat lapisan tipis awan cirrus dibawahnya. Dan akibat sudut pandang mata manusia, maka tampak seperti bayanyangan di baliknya.



Awan cumolonimbus adalah awan kumulus yang sangat besar dan mungkin terdiri beberapa awan kumulus(awan yang terjadi akibat proses konveksi) yang bergabung menjadi satu.


Sedangkan awan cirrus adalah awan tinggi dengan ciri-ciri tipis, berserat seperti bulu burung. Pada awan ini terdapat kristal-kristal es. Terkadang puncak awan sirus bergerak dengan cepat. Arah anginnya juga dapat bervariasi. Awan sirus terbentuk ketika uap air membeku menjadi kristal es pada ketinggian diatas 8000 meter. Dan tampak seperti bayangan, akibat dari perbendaran cahaya matahari.



Nah bayangan di balik awan juga diabadikan oleh salah seorang anak bangsa yang hobi fotografi. Lihatlah bentuk bayangan unik yang muncul di balik awan dibawah ini.



Tampak seperti hati / Love. Unik bukan ?


Kalau bentuk awan yang satu ini pasti akan membuat anda takjub. Sebuah citra awan raksasa yang berbentuk wajah manusia yang dikutip dari thesun.co.uk.



Saya sarankan anda tidak sekedar melihat gambar screen shotnya saja, tapi simak juga rekaman videonya dibawah ini dengan seksama.



Citra berwujud sosok wajah manusia misterius tersebut  direkam oleh seorang warga, Denis Farmer dari halaman belakang rumahnya di Kota Grand Falls, New Brunswick. Dalam video itu, Farmer terdengar takjub sambil terus merekam fenomena aneh tersebut. Farmer kemudian mengunggah video tersebut di YouTube yang telah disaksikan oleh sedikitnya 262.170 orang sejak diupload. Sejumlah pertanyaan muncul atas kemunculan citra aneh tersebut. Apakah hasil editan atau tidak, bagaimana menurut anda ?


(hawkson)



2 komentar:

  1. Anonymous said...:

    keren bang..

  1. Anonymous said...:

    Saya rasa ini hoax bang
    mengapa?karena si perekam video seperti sudah tau bahwa ia akan merekam awan yg berbentuk wajah dengan menyebut "face"
    kalau saya sih langsung manggilin orang deh...

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends