Laporan Penampakan Formasi Misterius Tampak di Langit Manado, Sulawesi Utara

Wednesday, August 31, 2011

Kali ini tampaknya saya harus benar-benar menyelidiki dan membagi informasi ini kepada anda tentang kasus-kasus penampakan formasi misterius yang beberapa waktu lalu tampak menghiasi media. Awalnya saya sama sekali tidak begitu serius untuk menanggapi informasi tersebut, sampai terjadi di daerah dimana tempat saya berdomisili.


Pada tanggal 31 July 2011 yang lalu sekitar pkl 21.00wita, saya menerima sebuah pesan singkat dari teman saya yang kebetulan pada saat itu, dia tengah berada di seputaran jalan toar manado.


Pesan singkat itu berbunyi : "....dimana? coba keluar & liat ke langit"


Sialnya karena pada saat itu saya baru pulang di rumah dengan kondisi yang agak lelah, saya tidak mengindahkan pesan singkat yang dikirim teman saya tersebut.



Karena sibuk dengan aktifitas, saya pun melupakan informasi yang diberitahukan oleh dia. Hingga pada tanggal 31 agustus 2011, saya kemudian bertemu dengan teman saya yang mengirimkan pesan singkat akhir bulan july lalu. Alasan kenapa baru sekarang ada kesempatan bertemu, dikarenakan kesibukan dan pekerjaan kami masing-masing yang mengakibatkan kami kurang punya waktu untuk bertemu.


Nah, menurut kesaksian beliau di malam tanggal 31 July 2011 itu saat dia tengah berada di jalan toar manado, dia dan orang - orang di sekitar melihat penampakan cahaya-cahaya yang cukup aneh tiba-tiba terlihat melayang di langit, membentuk formasi dan kemudian dengan perlahan tiba-tiba menghilang. 

 Agar bahasanya bisa dipahami, sebab bahasa manado mungkin agak kurang dimengerti, maka saya mengutipnya dengan menggunakan bahasa indonesia.

"waktu di lihat, cahaya itu awalnya cuma 1, terangnya lebih terang dari bintang & sama dengan lampu neon putih, bentuknya bulat dan melayang. Begitu 1 cahaya muncul, cahaya - cahaya yang lain pun tiba-tiba bermunculan. Sekitar 10 cahaya aneh tersebut muncul, membentuk formasi dan tiba-tiba menghilang"


Banyak orang yang melihat cahaya itu, namun tak satupun dari mereka yang berhasil mengabadikan gambarnya secara jelas. Foto yang diambil teman saya juga tidak tampak apa-apa, yang terlihat hanya langit malam yang gelap.


Disini saya ingin mengklarifikasi dulu bahwa teman saya ini sama sekali tidak mengetahui bahwa saya adalah seorang penulis blog misteri.


Satu lagi, teman saya ini juga tidak mungkin berbohong, sebab dia orangnya kurang tertarik dengan ufo atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan fenomena-fenomena yang sering diberitakan di dunia maya.


Kemudian, pada tanggal 4 Agustus 2011, detik.com mendapatkan informasi adanya penampakan formasi misterius yang sama persis dengan apa yang di saksikan oleh teman saya yang terjadi di akhir july lalu, namun penampakan tersebut terlihat di Tangerang , Jakarta.

8 Cahaya Misterius di Langit Tangerang dan Jakarta




Jakarta - Anda menemukan cahaya misterius pada Minggu (3/8/2008) dini hari? Cahaya itu terdiri dari delapan titik dan bergerak-bergerak di atas kawasan Ciledug, Tangerang dan Jakarta.

Marcus Ngarbingan, warga Jalan Pondok Raya Pesanggrahan, Jakarta Selatan menceritakan, dirinya saat itu mengetahui adanya cahaya itu setelah dibangunkan anaknya, Calvin.

Dalam surat elektroniknya yang diterima detikcom, cahaya itu mulai terlihat sekitar pukul 01.00 WIB. "Sekitar jam 1 tengah malam, saya dikejutkan dan dibangunkan oleh putra saya Calvin ingin masuk kamar untuk mengambil kamera. Katanya dia dan teman-temannya melihat penampakan di udara," kata Marcus.

Lantas, Calvin mengajak Marcus ke lantai atas untuk melihat penampakan 8 cahaya terbang seperti bintang kecil-kecil, kelap-kelip. "Cahaya itu terang sekali. Diperkirakan jarak penampakan pada waktu pertama anak saya melihat sekitar 100-500 meter ke arah selatan. Berada diatas wilayah sekitar Deplu Ciledug, Tangerang," ujar dia.

Saat Marcus menyaksikan ke langit,  cahaya tersebut berada dalam formasi dua-dua. Total ada 8 titik cahaya. Kedelapan cahaya itu bergerak-gerak, kadang menjauh, kadang mendekat. "Saat saya lihat, delapan titik cahaya itu sedang menjauh dan mulai meredup cahayanya dengan kekuatan cahaya 2-5 Watt. Kami melihat cahaya nya sekitar 2-3 menit kemudian lenyap," cerita Marcus.

"Anak saya girang sekali setelah ketegangannya hilang dapat menyaksikan penampakan tersebut karena sesuatu yang indah baru saja dia saksikan," tulis Marcus di akhir emailnya.

Tidak hanya Marcus yang melihat penampakan cahaya itu. Seorang warga juga melihat 8 cahaya itu dan telah memposting kesaksiannya di sebuah forum. "Terlihat 6-8 cahaya tak dikenal di langit Jakarta, melayang dalam satu kelompok. Beberapa berkelip, yang lain tidak," tulis dia.

Dia memperkirakan penampakan cahaya itu sekitar pukul 00.45 WIB, Minggu (3/8/2008) di atas Kompleks Bumi Pesanggrahan Mas, Ciledug. Dia sempat merekam penampakan cahaya itu dengan HP Sony Ericsson K850i dan telah mempostingnya di youtube.

Belum diketahui sumber cahaya-cahaya itu. Apakah delapan titik cahaya ini berasal dari layang-layang elektronik seperti halnya yang menghebohkan Surabaya beberapa waktu lalu?
Anda punya kesaksian yang sama? Silakan kirim email ke: redaksi@staff.detik.com.


Detik.com juga masih belum menemukan adanya kejelasan apa sebenarnya sumber cahaya dari informasi laporan yang mereka dapatkan. 
Untuk asumsi bahwa sumber cahaya itu dari layang-layang elektronik, seperti kasus penampakan di Juanda yang terungkap, maka hal itu sangat tidak masuk akal jika saya mendengar kesaksian tentang penampakan formasi cahaya aneh itu di manado sendiri. 

Saat ini saya sedang berpikir keras untuk mencoba mencari-cari penjelasaan yang masuk akal atas fenomena ini. Sebab, awalnya saya tidak percaya dengan media, hingga saya mendengar kesaksian langsung dari teman saya, dan di daerah saya sendiri.


Jika benar demikian, apakah penampakan-penampakan cahaya misterius yang membentuk formasi tersebut memiliki hubungan? Sebab, jika anda mengetikkan keyword itu ke google, anda akan disuguhkan berita-berita yang isinya memang banyak dilaporkan hal yang sama dan dialami di daerah saya ini. 


  • Cahaya aneh saling kejar di langit Simeulue, Aceh, 2008
  • Benda terbang misterius di Pulau Serangan, Agustus, 2010
  • Cahaya misterius terlihat dari Batam, Nov 2007
  • Benda terbang misterius di langit Rumbai, Riau, 2007
  • Cahaya berjalan serupa bintang di langit Surabaya, Desember 1998
  • Formasi cahaya misterius di Lepas Pantai Tuban, 2008

Apakah semua itu benar adanya? Kenapa sama persis dengan apa yang terjadi di manado menurut kesaksian orang - orang?


Objek apa sebenarnya itu?


Disini saya akan memberikan foto penampakan cahaya misterius itu yang juga sama persis dengan yang dilihat orang-orang di daerah saya.


 Depok, Jakarta, 30 April 2007






Gambar ini diambil dengan kamera Nokia 9500 Night Mode. Jadi, bintik-bintik seperti cahaya itu sebenarnya distorsi kamera, bukan bintang-bintang. Yang terlihat hanyalah 2 cahaya obyek tersebut. Tidak ada bintang yang tampak karena tertutup awan! Jalur lintasan udara di atas (diambil di daerah Kukusan Beji UI Depok) ini sebenarnya jarang dilintasi oleh pesawat. Inilah yang membangkitkan rasa penasaran. Kejadian awalnya sebenarnya ditangkap oleh seorang penjaga warung.
Menurutnya, dia melihat 3 obyek terbang yang sepertinya terbang berputar. Kemudian, satu obyek (obyek ke-3 dalam gambar) sudah terbang tinggi, 2 sisanya masih terbang rendah dengan cahaya lampu yang tidak lazim warnanya dan terang. Di sinilah langsung gambar dipotret. Belum pernah terlihat ada pesawat dengan besar cahaya seperti itu sebelumnya dan cahayanya tidak berkedip.



Anehnya lagi, tidak terdengar suara apapun, padahal gerak obyek terlihat relatif cepat karena obyek menghilang hanya dalam 1-2 menit. Sebelum menghilang, obyek terlihat terhenti, dan kemudian cahayanya makin kecil dan menghilang. Apakah ada pesawat Indonesia yang seperti itu? Ini yang menjadi pertanyaan dan masih menjadi teka-teki. Kedua obyek yang tertangkap kamera sebenarnya terhitung dekat, karena posisinya di bawah awan. Artinya, bila obyek tersebut pesawat dunia, suaranya pasti terdengar. Atau ada yang tidak bersuara sama sekali?




Sekali lagi apa yang terjadi di Depok 2007 silam juga sama persis dengan pemaparan dari saksi mata yang melihat langsung objek tersebut di daerah saya. 

Tulisan ini saya anggap belum selesai. Jika ada dari anda yang berdomisili di manado atau dimanapun anda dan sempat melihat / mengabadikan fenomena penampakan formasi cahaya misterius , maka informasi anda akan sangat membantu.

BACA JUGA : Formasi Cahaya Misterius Kembali Terekam Kamera, Bronx New York - 26 Agustus 2011


(hawkson)


(sumber tulisan telah saya sertakan dalam postingan)

10 komentar:

  1. Anonymous said...:

    fenomena ini juga sering terjadi dimana-mana bro.

  1. Anonymous said...:

    kita tidak pernah tau kalau cahaya itu sebenarnya adalah apa. ufo?

  1. budi said...:

    klo di jakarta itu lampion masbro....

  1. Anonymous said...:

    Bos wira "changchutarch 08" :


    bro..pas kita da di kopdar hmc manado qt dalia le tu bgtu,qt pertama kage,qt bilang ufo tudia,mar tape taman bilaang itu kata lampion org cina punya,da se lapas di langit kata..mdel balon gas mar di dalam ada lilin.

  1. hawkson said...:

    @wira : thnks atas informasinya..

  1. oke broo :)

    sori baru balas....

    tukar link dang :p

    kita pe blog : belatungkubur666.blogspot.com

  1. Zinchester said...:

    Hoax kali tu sob, gw tinggal d Manado tapi ga ada keheboan seputar cerita d atas.
    Jl.Toar ada sekitar 3 km dari tpt gw tinggal.
    Klo pun benar pasti Jadi buah bibir pada wktu itu juga kejadiannya jam 9 malam, wah... Manado msh rame2nya tuch apalagi Jln.Toar dekat Pusat kota manado.
    Mungkin kembang api kali tuch.

  1. tommy damima said...:

    saya orang manado,., tapi baru tau ada kisah aneh seperti ini sob,., anyway thanks for infonya.
    tape blog tanawangkobigland.blogspot.com

  1. Anonymous said...:

    Pengalaman saya pernah melihat kurang lebih 4 cahaya di langit pada malam hari sekitar pukul 8 di daerah cirebon tepatnya kota sumber. Cahaya yang terlihat tidak berputar2 melainkan jalan lurus dengan kecepatan yang tidak wajar. Cahaya yang terlihat tidak kelap kelip seperti pesawat pada umumnya.warna cahaya nya ke-kuning2an seperti bintang. Cahaya itu berjalan dari arah selatan ke utara, yang terlihat oleh mata saya kecepatan cahaya itu menyerupai kecepatan bintang jatuh di film2 kartun

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, tetapi jika anda tidak keberatan.. Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Apakah Blog Misteri Hawkson salah satu Blog Misteri Favorite Anda?

Friends