UPDATE : Titik Terang Menghilangnya Enigma, Kemunculan Poppy dan Tulisan Terakhir Yang Belum Sempat DiPosting - Case Closed

Saturday, February 4, 2012

Berawal dari sebuah pengakuan mengejutkan yang sungguh diluar dugaan yang dimuat di salah satu blog dan menyatakan bahwa penulis blog misteri enigma telah meninggal. Pengakuan itu diklaim oleh seseorang yang bernama popy yang mengaku bahwa dia adalah adik/saudara dari penulis blog misteri enigma. Bahkan popy menunjukkan bukti catatan tulisan enigma, tulisan terakhir yang belum sempat diposting dan foto-foto yang juga diklaim adalah foto dari identitas enigma.


Saya kutip isi dari artikel pengakuan mengejutkan tersebut :


Enigma…. Satu sosok blogger misterius yang cukup ternama di Indonesia, ia begitu dikagumi banyak orang. Tak hanya karena analisanya yang sangat mendalam mengenai hal-hal misteri tetapi juga karena kepribadiannya yang perhatian terhadap para penggemar. Dengan mudah kita dapat berinteraksi lewat e-mailnya yang beralamat di kingdom.enigma@gmail.com. Namun beberapa Bulan ini ia menghilang dengan misterius pula.

Tentu hal ini membuat banyak orang kehilangan, salah satunya adalah saya. Jujur, saya bukan seorang blogger melainkan hanya seseorang yang tak bisa tidur sebelum membaca, dan Blog Enigma inilah yang menjadi langganan pengantar mimpi saya.


Sejak 2010 lalu, hampir setiap malam saya membaca postingannya dan kadang saya juga melaporkan kejadian/berita aneh ke email tersebut. Terakhir kali saya melaporkan sebuah kasus yaitu mengenai episode Red Mist Spongebob bulan Agustus lalu. Namun sejak itu tak pernah saya menemukan postingan baru yang ia buat, bahkan email balasan pun tak pernah, ia seolah menghilang. Namun yang membuat saya heran adalah setiap komentar yang diberikan pembaca selalu ditampilkan setelah ia tidak aktif, Ada apa dengan Bung Enigma? Kemana ia? Pertanyaan tersebut sudah pasti menjadi isi kepala banyak orang, namun akhirnya ada satu titik terang tentang hal itu ketika Tanggal 04 Oktober 2011 saya mendapat email balasan dari seseorang yang mengatasnamakan adiknya. Ia bernama Poppy seorang Gadis berusia 20 Tahun yang masih kuliah semester 4 di salah satu Univ. Swasta di Jakarta. Awalnya saya amat sangat tidak percaya sekali, tetapi melalui berbagai hal yang saya temukan, Sosok Poppy bisa jadi benar merupakan pewaris takhta dari Kerajaan Enigma namun masih ada keraguan di hati saya dan saya benar-benar butuh pendapat atau masukkan dari anda para fans Enigma. Untuk itu dalam postingan ini saya berikan seluruh percakapan di email kami beserta kronologisnya, agar anda bisa membantu saya apakah dia (POPPY) adalah benar atau hanya seseorang yang ingin mencari ketenaran.


(Sore hari Tanggal 04 Oktober 2011 sepulang saya kerja, saya membuka email dan saya pun agak terkejut ketika membaca salah satu email) 


“Siang pak, mungkin bapak gak kenal saya tapi pasti kenal kakak saya, saya adik dari yang Bapak sebut Bung E (enigma), ada sesuatu yang mau saya sampaikan pak. Tapi please dengerin dulu, jangan kayak yg laen saya malah dianggap cari sensasi”


(saya terdiam dan dalam hati berkata Apa mungkin? Akh paling juga temen yang iseng, itu pikir saya. Ahirnya saya pun membalas dengan kurang serius)


Non…. Saya gak kenal Enigma, saya cuma sering ngirim email ke dia aja. Dan lagian saya bukan bapak-bapak banget, kok malah dipanggil bapak. Emangnya apa yang mau disampaikan?


(cukup lama saya terdiam memikirkan hal itu, Apa benar dari adiknya Bung E? Yang tahu bahwa saya adalah fans Enigma cuma 1 orang teman, mungkin teman saya iseng karena saya sering ngomong bahwa saya kehilangan bahan bacaan terbaik di internet apalagi pengirim memanggil saya dengan sebutan Bapak. Malam harinya sekitar jam 8 saya kembali membuka email, ternyata email yang tadi sore sudah dibalas. Dan di sinilah percakapan cukup panjang terjadi)


Saya serius mas, mas Enigma udah gak ada, yg mau saya katakan itu tolong sampaikan ke para Fans tentang kematian mas Enigma juga tentang artikel terakhirnya yang belum sempat diposting, caranya ya terserah mas. 


Kalau benar Bung Enigma sudah wafat, terus yang nerima komen di postingan siapa?


Demi Tuhan Saya serius. Mas enigma udah meninggal bln Agustus lalu, saya udah umumin itu di komen tapi gak pernah di gubris. Mungkin gara2 sya pake profil anonymous. Yang acc komen itu saya, tapi cuma lewat Opera Mini di HP bekas mas Enigma saya juga nemu gak sengaja di history ada dashboard blogger. Awalnya sih bisa, Cuma sekarang gak bisa masuk lagi, gara2 HP nya kerestart.


(saya mulai tertarik dengan orang ini, sebab saya pernah membaca komentar dari Anonymous di postingannya yang isinya menyampaikan bahwa Enigma telah meninggal)


Kenapa malah pake Anonymous kalo mbak benar bisa buka punya si abang?


Saya gak berhak pake profil dia, selama ini dia menjaga privasinya.Kenapa harus saya rusak dengan tiba2 ngomong bahwa “Mohon maaf saya sudah meninggal”??? Ini kan jelas pasti ngundang kontroversi dan kekecewaan buat fansnya, kemungkinan blog enigma hanya jadi selingan dan bisa2 artikel terakhirnya gak akan pernah kebaca fans padahal itu yang jadi beban utama saya dan kalo misalnya bgitu lagi2 saya yg ngerusak prinsip dia yg slalu perhatian sama fans karna saya ingkar amanat.


Terus kenapa Mbak malah email ke saya bukan ke fans yang lain?Dari mana mbak bisa tahu alamat email saya? Kenapa baru sekarang mbak ngasi tau saya?


Saya baru ngasi tahu sekarang karena baru nemu, saya ngirim email gak ke mas doang kok..... Gini ni saya ceritain. setelah Mas E meninggal laptopnya saya yg pegang. Udah lama saya tahu dia blogger yg namanya enigma, saya juga yang bikin akun facebooknya soalnya dia gak mau dipromosiin. Saya penasaran banget tentang isi laptopnya, semua folder saya buka kebanyakan isinya file kerjanya, selain itu saya coba buka akun2 internetnya tapi ternyata masih terkunci. Akhirnya saya cuma pake laptopnya dia seperlunya krna saya juga megang laptop pribadi. Terus suatu hari saya iseng ngotak ngatik HP peninggalannya, saya masuk opera mini nah disitu saya nemu dashboard blogger dan mulai suka milih2 komen buat dimunculin ke postingan. Cuma blum pernah buka email, baru pas hari rabu saya buka email ternyata langsung masuk ke kingdom enigma. Disana banyak banget Inbox. yang bikin saya penasaran ada 11 pesan yg dia simpen. Mungkin disimpan karena emailnya menarik atau mungkin bahan buat artikel. Disitu ada 11 email yg salah satunya dari Mas ini. Semua email tadi saya kirim lagi ke email saya soalnya saya penasaran dan pengen buka di laptop. Saya baca yg 11 itu terus saya kirim email juga ke pengirimnya dan mas ini baru yg ke 7. Email saya ke yg lain ada yg gak dibalas, malah 3 orang anggap saya cari sensasi. Mudah-mudahan mas bisa dengerin saya.


(Saya terkejut, Ya Tuhan benarkah ini??? Semuanya mulai masuk akal sekarang, tapi saya tetap belum percaya pada orang ini)


Jadi bener Mbak??? Terus yang mbak maksud artikel terakhir itu apa?


Artikel terakhir itu tentang Red mist dari serial Spongebob saya nemuin di folder khusus artikelnya dia, kebetulan sekali setelah saya cocokan ternyata sama dengan laporan dari emailnya mas. Dan mas perlu tahu kalo mas Enigma itu selalu mencatat bahan artikelnya di buku saku dan disana saya nemu halaman ini.

(Saya benar-benar terkejut kali ini, karena tak ada seorangpun yang tahu saya melaporkan tentang kasus Red Mist berarti orang ini bukan sekedar membual. Ia adalah harapan dari fans Enigma setelah sang pembongkar misteri itu menghilang. Di email itu ada 2 lampiran yaitu sebuah artikel dalam format Ms. Word 2007 (Anda bisa melihatnya di sini) dan sebuah scan halaman buku saku. Kemudian saya membaca artikelnya, dan Ya Tuhan… ini identik dengan tulisan Bung Enigma, analisa yang dalam dengan sumber referensi asing beserta orientasi awal yang sederhana namun jelas. Di situ saya benar-benar terhenyak, Saya memandangi tulisan di catatan kecil itu, lingkaran merah yang menandai selesainya investigasi bung Enigma ada di tangan saya. Benarkah ini??? Saya terus memikirkannya dengan cukup lama sehingga malam sudah larut. Esok harinya sekitar jam 4 Sore kembali saya kirim email kepadanya)


Maaf mbak sebenarnya saya mulai percaya dari bukti-bukti yang mbak sampaikan tapi masih ada sedikit ragu, sebagai fans enigma saya juga tentu gak bisa buru-buru untuk yakin dan menyampaikan ini ke fans Bung E yang lain, Gimana ya?


(setelah ditunggu email belum juga dibalas, ternyata Poppy sering online malam hari, dan kami baru bisa mengobrol jam 9 malam)


Kok malah nanya? Maksud mas apa?


Tolong yakinkan saya tentang siapa mbak, kalo bener mbak itu adiknya bisa kan cerita tentang Bung Enigma??


Ya bisa, tapi tetap namanya gak akan saya kasi tau, soalnya saya yakin dia gak butuh popularitas dan pasti ia ingin kepergiannya tenang, bayangin aja berapa blogger dan berapa media yang akan menjambangi makam nya, kalo misalnya identitasnya ketauan???


Oh kalo itu saya ngerti, ceritakan tentang mbak dulu lah ya, ini buat data soalnya nanti email ini saya posting agar saya gak jadi bulan-bulanan blogger atau fans bung E


Saya Poppy adiknya bung E, saya baru berusia 20 Tahun sekarang ini tinggal di Jak-tim. Saya kuliah smt.4 Jurusan Akuntansi di salah satu universitas di Jakarta. Gea yg di email itu bukan nama tapi cuma singkatan. Udah cukup lakh yaaa?? Nanti kalo terlalu jelas, identitas kakak saya juga bisa kelacak. Saya gak keberatan chat kita diposting atau kalo perlu mas tampilin juga alamat email saya supaya yg anggap saya bohong bisa langsung konfirmasi.


Ya makasi kalo gitu, jadi saya gak terlalu terbebani. Nah sekarang coba ceritakan tentang abang mu itu?


Ibu kami dari Jambi sedangkan Ayah dari Jogja. Masa kecil hidup di Jambi tapi waktu saya masih SD kami pindah ke Jogja karena bisnis ayah banyak di sana. Kebetulan ayah buka beberapa toko Woodcraft. Ayah juga buka cabang di Jabodetabek. Mas E kuliahnya juga di Jakarta setelah lulus ia malah pengen tinggal di rumah Nenek di Jambi, Tahun 2003 barulah ia ke Jakarta lagi dan bekerja sebagai akuntan di perusahaan yg brgerak di bidang perumahan terus tahun 2009 saya lulus SMA dari Jogja saya nyusul mas E ke Jakarta dan tinggal sama dia, ia gak terlalu sibuk sih kayaknya cuma waktu tertentu aja kadang sampe gak pulang tapi kadang cuma diam di toko sama pegawai, ia juga buka warnet di samping toko. Temannya sedikit mas, kebanyakan bapak-bapak yang suka datang ke rumah, padahal mas E masih kelihatan muda, ia baru berumur 29 Tahun. Mas E itu baik, perhatian, pendiam dan suka music pop klasik. Band Favoritnya Michael Learns To Rock. Setau saya dia punya pacar temen kerjanya juga, namanya mbak V. Cuman 1 yg saya kecewa ama dia, dia itu perokok berat n peminum kopi, katanya sih orang tekun emang begitu supaya tetap gak bete. Tanggal 2 Agustus anemia nya parah mungkin karena sering begadang, sampe ia harus ke rumah sakit. Kata ayah bawa aja pulang ke jogja supaya ibu bisa ngurus. Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah, aku gak tau kenapa ternyata setelah sampai di rumah kakak ku udah meninggal mas. Aku pingsan waktu itu dan sadar setelah ia dimakamkan. Bagitu kisah singkatnya mas, sekarang ini aku tinggal sama ayah di Jakarta, karena setelah Mas E meninggal ayah takut gak ada yg jaga aku di Jakarta.


(ini cukup rasional buat saya, bagaimana menurut anda?)


Seolah terhipnotis oleh kisahnya. Saya menjadi yakin bahwa Poppy adalah benar adik Bung Enigma. Karena saya memang sama sekali tidak tahu tentang identitas asli bung Enigma. Kini yang ada di pikiran saya adalah saya harus bisa membuktikan keberadaan Poppy jangan sampai ia hanya tokoh fiktif. Saya pun meminta Nomor ponselnya tanpa kesulitan saya pun mendapatkannya. Di hari-hari selanjutnya percakapan banyak kami lakukan lewat SMS / Telpon. Saya selalu membujuknya agar mau menjadi penerus Enigma karena mungkin bisa menjadi sedikit penghilang dahaga akan artikel Bung E, tapi menurutnya ia tak setekun dan sepintar sang kakak, ia lebih banyak menggunakan intenet untuk social networking. Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau, jadi saya membuat blog ini untuknya sebagai persembahan terima kasih kepada Bung Enigma, kemungkinan nantinya akan dilanjutkan oleh Poppy jika memang fans Enigma mempercayainya dan ekspektasi terhadap Enigma masih terjaga dan saat ini Poppy sudah mulai belajar menganalisa beberapa masalah misteri, kita tunggu saja apa yang bisa ia perbuat. 


Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini, namun saya tidak berani melakukannya sebelum saya bertemu langsung dengannya untuk membuktikan siapa dia, dan akhirnya Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor. Ternyata sosok Poppy yang saya temui jauh dari apa yang saya bayangkan, Dia hanya Remaja putri Indonesia pada umumnya. Rambut rebonding, celana ketat, kaos oblong dan cukup manis menurut saya, yang menjadi perbedaan ia tampak lebih pendiam daripada teman-temannya. Dan kelak gadis itulah sang pewaris takhta Kingdom of Enigma. Selamat jalan bung E. Damai bersama mu…………


Demikianlah perkenalan saya dengan seseorang yang mengaku adik bung Enigma yang akhirnya saya yakini bahwa ia bukan hanya membual. Dari hasil analisa saya ada 3 kemungkinan mengenai kejadian ini :


1. Poppy adalah benar adik bung Enigma
Pendapat ini masih diragukan karena Poppy pernah mengirim email berisi beberapa foto Bung E yang setelah saya bandingkan dengan Foto mata kanan Bung E yang ia pajang di Blog sepertinya ada perbedaan, tapi bisa saja foto-foto tersebut diambil di waktu yang berbeda jauh.
Coba anda bandingkan foto ini, tapi mohon maaf foto fullfacenya terpaksa saya crop untuk tetap menjaga kerahasiaan identitas Bung Enigma (jika foto ini benar)

3 buah foto dari Poppy (FOTO2 SUDAH TIDAK SAYA TAMPILKAN LAGI MENGINGAT PRIVASI ORANG LAIN: hawkson)

2. Poppy adalah hacker yang meretas email saya
Tapi analisa ini punya 2 kelemahan yaitu pertama apa mungkin Poppy bisa meretas email? Kedua di salah satu email Poppy ada artikel yang mirip tulisan bung Enigma, pertanyaannya adalah Dari mana artikel itu? Setelah saya cari di Google ternyata tidak ada berita yang menggunakan kalimat yang sama, jadi bukan hasil copas. Apa mungkin remaja seperti Poppy mampu membuatnya?


3. Teman saya yang meretas email kemudian mengumpulkan data dan membuat artikel, selanjutnya menyewa seseorang untuk berakting menjadi Poppy
Kelemahannya adalah tidak ada teman saya yang cukup paham programming, bahkan sering kali saya yang membantu mereka, dan untuk apa repot-repot ngerjain saya dengan teori konspirasi yang rumit ini?


Saya mohon bantuan kepada semua pembaca yang mengenal Enigma (atau bahkan bung Enigma sendiri), untuk menganalisis semua yang saya alami ini. Apakah Poppy memang benar adanya??? Ataukah ia hanya seorang remaja yang haus sensasi??? Sesuai keinginannya, bagi yang ingin langsung berinteraksi dengannya kirim email ke gea.poppy@yahoo.com Kelanjutan blog ini ada di tangan anda, kita tunggu saat Poppy terbukti benar dan kemudian menjadi The Enigma Girl, pemilik blog Tinta Merah.


Anda bisa menuju ke blog  Tinta Merah untuk melihat beberapa postingan yang memang hanya membahas tentang Enigma serta postingan terakhir yang diklaim adalah tulisan terakhir enigma yang belum sempat di posting. Yaitu tentang Misteri Episode Terakhir Spongebob Red Mist. 


Saya setuju dengan keganjilan-keganjilan yang disebutkan penulis. Akan tetapi saya juga punya keganjilan lain yang saya temui dalam tulisan tersebut.

Perhatikan maksud kalimat-kalimat ini:

....Saya selalu membujuknya agar mau menjadi penerus Enigma karena mungkin bisa menjadi sedikit penghilang dahaga akan artikel Bung E, tapi menurutnya ia tak setekun dan sepintar sang kakak, ia lebih banyak menggunakan intenet untuk social networking. Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau, jadi saya membuat blog ini untuknya sebagai persembahan terima kasih kepada Bung Enigma, kemungkinan ....


Dan bandingkan dengan ini: 

Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini, namun saya tidak berani melakukannya sebelum saya bertemu langsung dengannya untuk membuktikan siapa dia, dan akhirnya Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor.
Pernyataan di tulisan awal (tulisan biru) dan kedua (tulisan merah) begitu berbeda. Siapa sebenarnya yang ingin mempublikasikan hal mengejutkan ini ? Poppy atau Penulis ? : Tapi setelah sekian lama saya bujuk akhirnya ia pun mau...., dan ....Walaupun Poppy terus mendesak saya untuk segera mempublikasikan hal ini,.... 

Jadi siapa yang membujuk siapa?

Jika Poppy benar adalah adik/ saudara enigma, jika kejadian ini benar terjadi kenapa beliau tidak langsung menghubungi saya atau anggota Indonesia Mistery Forum ? Bukankah menurut tulisan tsb, laptop dan HP enigma dipegang oleh Poppy ? Kenapa yang dihubungi adalah seseorang yang tidak dikenali ? 

Bagaimana jika Enigma memang benar diRETAS Emailnya? Atau Sepulang dari kantor, Enigma di Jambret orang dan tas berisi HP / Laptopnya di bawa kabur ?

Jawabannya adalah TIDAK.


Saya telah melakukan konfirmasi dan diskusi dengan member Indonesia Mistery Forum yang punya kredibelitas untuk dimintai keterangan mengenai kondisi Brother Enigma sebenarnya. Ingin lebih jauh mengenal misteri dan Enigma, anda bisa bergabung dengan group kami.

Untuk Poppy dan Tinta Merah thanks to shocking news. Good Job ..!!


Komentar ini adalah komentar Bro enigma sendiri yang menggunakan Anonymous. Percaya ?









Anonymous Anonymous said...
Black is right. Sosok poppy itu hanya diciptakan oleh pemilik blog tinta merah. Foto mata yang ditampilkan jelas jauh berbeda. Jika Poppy memang punya akses ke komputer enigma, mengapa dia tidak meneruskan saja memposting di blog enigma? atau paling tidak memposting sebuah pengumuman di blog enigma? Mengapa harus lewat blog tinta merah?

Amen to that


UPDATE 05 Feb

Sebetulnya saya tidak ingin terlalu menulis panjang lebar untuk hal ini, akan tetapi seorang anak umur 9 tahun bernama Poppy muncul dengan klaim mengejutkan, disaat saya mencoba mencari jalan tengah agar tidak ada yang tertipu, dan kini dia berbalik menantang saya ?

"Mas Hawkson anda sudah mampu mengatakan ini sebagai hoax, tapi tidak
mampu membuktikan semuanya padahal fans anda sudah banyak, apakah anda
tidak malu?"


Hmm.. Agaknya saya terpancing permainannya. Tapi sudahlah, mari kita coba ikuti permainannya sejenak.

Selang beberapa waktu, saya mencoba email ke Poppy dan terjadi beberapa pembicaraan yang cukup menarik. Ini kutipan pembicaraan kami :

Selamat malam. saya hawkson.


Malam jg mas Hawkson. Makasi uda nyempetin waktunya. Knp baru email saya skarang?? Tdnya saya mu cerita ke mas Hawkson. Cuma uda dipost ama mas Wawan (penghuni 60)

Karena saya ingin mencoba mengikuti jalan cerita Poppy, bahwa Handphone Enigma dipegang olehnya maka saya menanyakan hal ini kepadanya:

kenapa kamu tidak langsung menghubungi saya? ada nomor telepon saya di Hp beliau.


Kontaknya copy dr sim saya mas. Gak tau yg BB d ganti atw gak ama mbak Via. Saya udah komen d postingan mas tlg tampilin ya. 


Saya mencoba bersikap tenang, jika dia memegang Handphone/Laptop Enigma biar bagaimanapun juga biasanya browser masih bisa log in langsung ke account - account pribadi. Seperti saya, saya akan selalu memakai 'remember me' agar tidak berulang-ulang kali memasukkan email & password. Saya coba meminta dia untuk log in account Facebook Enigma.

kamu tahu group ini > http://www.facebook.com/groups/209786006607/ group itu adalah group Indonesia Mistery Forum. Bisakah kamu log in menggunakan acc facebooknya enigma dan masuk ke group itu?

Dengan santai dia menjawab :

Aku yg bikin akunnya tp pas mas E uda serius ama mbak via jd dia yg pake n update. Kecuali mas tanya ke mbak Via soalnya aku dah coba tp gak masuk jg mungkin dgnti pasword. Besok aku tanya alamat emailnya Mbak via n aku kirim k mas. Mudah2an dia masi bisa.

Disini saya punya 2 poin kecurigaan. Pertama Poppy mengaku kalau dia yang membuat account Facebook Enigma. Padahal saya orang yang 'maksa terus ke Enigma untuk buat acc Facebook mengingat waktu itu, ada group facebook yang mengapresiasikan tulisan beliau dan juga saya ke dalam Fan Group facebook, dan akhirnya dia buat juga. (Enigmania & My Hawkson, sekarang Indonesia Mystery Forum). 

Kecurigaan Kedua yaitu kemunculan seorang tokoh ketiga, "Mba Via". Siapa mba via itu? 

Ow... Itu yg aku ceritain di email. Calon istri mas E... Emangnya kenapa mas? Katanya temen mas E, masa gak tau?

Awalnya saya  langsung teringat seseorang (tidak bisa saya sebutkan disini), tapi jika anda member 'lama' IMFO ( Indonesia Mystery Forum).  Kalian pasti tahu siapa si Miss. Mumu . Tapi ternyata hal itu hanyalah tokoh karangan saja.


Setelah beberapa jam kemudian saya menunggu balasan apakah Poppy bisa log in dengan acc Enigma dan menulis sepatah dua patah kata dari acc itu ? Kemudian saya cek email.


Mas ada yg ngancam aku. Aku mending ngejauh aja dari semua ini. Aku bener2 takut sebab dia tau persis identitasku. Tempat tinggal bahkan kampusku. Makasi atas semua bantuan mas yg uda ngerepost berita ini walaupun mas gak percaya mudah2an suatu saat hati mas bisa terbuka lebar



Dari perkataannya, Poppy berusaha keras untuk meyakinkan saya kalau dia benar adiknya enigma dan memegang kunci kerajaan Enigma atas klaim memiliki tulisan terakhir dari enigma.


Nah, apakah saya percaya begitu saja ? Sekali lagi TIDAK



Mencoba membuat kehebohan dengan memanfaatkan situasi seperti ini, saya rasa anda tidak begitu pintar. 

Setidaknya ada poin-poin yang disiapkan pelaku pembuat kehebohan untuk membuat suatu skenario klasik didukung klaim hubungan keluarga, klaim foto , dan klaim tulisan - tulisan terakhir. Yang semuanya itu hanyalah OMONG KOSONG.

Nah anda pasti bertanya-tanya ke saya, hawkson bagaimana kebenarannya ? Mana Bukti-buktinya ? Apakah benar Poppy itu adiknya Enigma? Jadi Enigma sudah .... 


Jangan dulu berpikir yang tidak-tidak karena bukti kuat sudah di tangan saya, bahkan orang-orang yang kenal dekat dengan enigma untuk mencoba mengklarifikasi hal ini kepadanya sudah mendapatkan jawabannya.

Pagi tadi sekitar pukul 10:55 saya mengirimkan email konfirmasi klarifikasi langsung kepada penulis Blog Misteri Enigma via email. Sesuai dengan apa yang penulis enigma publish di contact me blognya :


Jika anda ingin menghubungi saya..

In case...jika anda ingin menghubungi saya :Lakukan dengan satu dari dua cara dibawah ini:

Cara Pertama,

Hubungi saya lewat kotak komentar di post manapun. Soalnya blog ini setting komentarnya adalah moderasi. Jadi semua komentar pasti saya baca.


Apabila anda menggunakan cara ini dan tidak ingin komentarnya dipublish, beri tahu saya di akhir komentar anda.

Atau cara kedua,

email saya di : kingdom.enigma@gmail.com.
Email yang dikirim dengan maksud tulus pasti akan saya balas. hehe


Saya langsung mendapat balasan langsung dari email beliau, ENIGMA sendiri.


Saya screen shoot email untuk membuktikan kepada anda, email yang masuk dari Poppy dan Enigma sendiri. (Enigma dan Kingdom Enigma pada SS email adalah email asli balasan dari Enigma)


Awalnya penuturan Enigma pelaku pembuat keributan ini mengirim email ke Enigma dan juga saya yang merupakan sebuah Tantangan yang saya kutip isinya (dengan pertimbangan, ada nama yang disebut di email tidak bisa saya publish)

Sebelumnya mohon maaf jika email ini mengganggu liburan anda.
Bagaimana perasaan anda saat mendapat email dari alamat ini? Tapi
tunggu jangan dulu berfikir ke sana karena sesungguhnya saya akan
memberikan sedikit clue akan kebingungan yang sedang anda alami.

Email ini saya kirimkan kepada 4 orang khusus yang terlibat di dalam
scenario panjang saya yang telah berhasil sekitar 85 %
1.    Enigma sebagai tokoh utama yang disorot
2.    Bapak               yang menjadi korban pertama saya
3.    Mas wawan Penghuni 60 yang menjadi korban ke 2 saya
4.    Mas Hawkson sebagai Blogger pengungkap misteri yang sepertinya
sulit dijadikan korban ke-3

Saya fikir anda semua perlu memecahkan misteri ini demi reputasi anda,
sekaligus sebagai tantangan untuk anda.

Mas Enigma relakah anda diberitakan meninggal?
Bapak                 yang hebat, Relakah anda jika identitas anda saya
beberkan sejelas-jelasnya sehingga status              yang anda pegang saat
                   
Mas Wawan, apakah anda tidak malu menelan berita seenaknya padahal
anda salah satu Blogger ternama?
Mas Hawkson anda sudah mampu mengatakan ini sebagai hoax, tapi tidak
mampu membuktikan semuanya padahal fans anda sudah banyak, apakah anda
tidak malu?
Dan clue yang saya maksudkan adalah sebagai berikut
1.    Bagaimana cara kerja saya?
Melihat, mengenal, merasakan.

2.    Siapa Poppy?
Satu lembar kertas untuk melihat dan mendengar nyanyian kembang api sudah cukup

3.    Kenapa ia begitu lincah berkelit baik di email maupun di telephone?
Kadang 2=1  tapi kadang 1=2

4.    Kenapa saya menggunakan nama Poppy, padahal nama wanita lainpun banyak?
-    “ ucapkan” tentang  “Tunangan Mas Enigma” di “internet yang
terbalik” Anda bisa bahasa Inggris kan?( Kecuali mungkin mas Hawkson
yang masih salah dalam penggunaan adjective di tagline blognya)
-    atau ingat masa kecil anda yang manis. Anda bisa bahasa Indonesia
kan? (kecuali mungkin mas Wawan yang masih banyak kesalahan dalam
imbuhan)

5.    Kenapa Mas Fent begitu takluk terhadap Poppy?
Sebuah perasaan besar mampu menutup realitas

6.    Apa modus saya menyebar berita ini?
Demi judul film Transformer saya menjadi tokoh film Batman. (mungkin
perlu ditambahkan saya bukan promosi blog karena sayapun memiliki blog
yang jauh lebih baik dari blog menyedihkan itu. Hahahaaaaaa)

7.    Siapa sebenarnya orang yang ada di dalam foto?
Pintu yang tidak terkunci dapat mengeluarkan orang yang serumah

8.    Terakhir, Kenapa saya memberikan clue ini sekarang?
Bukan makhluk kriptid jika manusia bermata banteng.

Demikianlah clue dari saya. Silakan anda ungkap misteri di atas.
Kecuali identitas saya karena ini adalah aksi saya yang pertama namun
masih ada 2 yang saat ini sedang berjalan. Jadi mohon tunggu. Yang ini
saja butuh waktu 4 bulan.

Ow ia........ Jangan mempostingnya jika masih ada keganjilan di
fikiran anda. Karena untuk mengerjakannya sepertinya anda semua harus
berdiskusi. Untuk sementara biarkan publik berspekulasi dan
mengembangkan otaknya. Jika sudah selesai maka terserah gaya anda
untuk menyampaikannya

I Have my own tagline “Jika ada sisi pengungkap misteri, maka saya
adalah kutub di seberangnya” So we are partner right?

Thank You So Much
Just call me Mr. Questio
And I’m the new style in this fuckin’ neverland that you call “Bloggers World”

NO REPLY

Dari isi email tersebut,  pelaku tampaknya telah merencanakan hal ini dengan baik. Apa yang dia inginkan ? Menjatuhkan reputasi ? Atau sesuai pengakuan pelaku dalam email tantangannya : “Jika ada sisi pengungkap misteri, maka saya adalah kutub di seberangnya” So we are partner right?


Terlepas dari pernyataan dan Tantangan Murahan tak berdasar itu, satu bukti nyata bahwa Enigma masih ada adalah balasan emailnya. Dan saya sekali lagi hanya akan menampilkan screenshot sebagian saja, dikarenakan hal ini merupakan permintaan langsung dari beliau(Enigma) untuk mengklarifikasi kasus kacangan seperti ini.




Dan kasus ini pun seakan mewakili jawaban atas pertanyaan seluruh penggemar Blog Misteri Enigma atas keberadaan dan keadaan Enigma saat ini.


To Enigma : "Thanks Brother atas klarifikasinya. Semoga Liburan Anda menyenangkan." : )



Siapa pelaku yang melatar belakangi semua ini ? anggap saja dia hanya penggemar berat Blog Misteri Enigma tapi tidak terlalu mengenal Enigma dan sedang belajar membuat lelucon kecil tapi sayangnya dia berhadapan dengan orang yang salah...  
case closed

(hawkson)


Fakta Dibalik Hilangnya Penulis "Blog Misteri Enigma"-Blogger Misteri Ternama Indonesia


MistrQuestio adalah otak dibalik semua ini.


Anonymous Mistr Questio said...
Anda benar-benar hebat Mr. Hawkson…. Tanpa perlu waktu lama anda menyelesaikan kasus ini. Salut untuk anda.
Perlu saya sampaikan bahwa modus awal saya hanya sekedar mengerjai dan menjatuhkan reputasi orang yang anda rahasiakan tadi. Ternyata ia terlalu mudah ditipu sehingga efeknya jauh lebih besar daripada yang saya bayangkan. Reaksinya tentu akan menyebabkan sedikit kehebohan di dunia maya. Maka sayapun membuat “Plan B” untuk mengacaukan persepsi publik. Dan saat ini anda telah membuktikan kaliber anda Mr. Hawkson.
Buat semuanya saya tidak perlu meminta maaf karena setidaknya akibat kekonyolan saya, suatu kebenaran terungkap bahwa Enigma masih hidup. Jadi masih ada harapan bagi kita untuk terus mengaguminya dan Mr. Hawkson bisa disejajarkan dengannya.
Sekali lagi salut buat anda. Saya berdiri dan mengangkat topi.
(By the way reputasi seseorang itu sebentar lagi jatuh, karena fotonya dipajang dimana-mana, jadi Plan A saya berhasil)

Mr. Questio
Tunggu kejutan lainnya

Untuk Mr. Questio harap pahami kata-kata saya ini :
Blogger hawkson said...
@Mr.Questio

Saya harap blog Tinta Merah di hapus untuk menjaga reputasi Blogger Blog Misteri Enigma. Saya tidak peduli anda memiliki masalah dengan siapa dan tujuan apa, jika anda meniupkan kabut kelam ke dalam kolam kebenaran, lentera keadilan akan hadir membawa seribu cahaya abadi dan menyapu kabut itu hingga tak bersisa.

286 komentar:

«Oldest   ‹Older   201 – 286 of 286   Newer›   Newest»
  1. zexro said...:

    blog enigma adalah satu2nya blog yg saya tunggu postingannya. blog enigma menambah wawasan saya dan sudut pandang saya tentang kejadian yg ganjil. tulisan dari enigma sangat mudah di cerna oleh otak, walaupun blog itu merupakan blog misteri. biasanya blog enigma selalu saya buka pada tengah malam untuk menemani saya yg tidak bisa tidur. setelah 1 tahun berlalu, bro E tidak juga memposting artikel baru. akhirnya saya membuat blog sendiri untuk menemani saya yang susah tidur dan mengisi waktu saya di kala malam hari. kunjungi blog saya di http://begodango.blogspot.com
    (hanya untuk orang yg sudah menikah)


    by: anak baru

  1. Anonymous said...:

    Awal ketemu dgn blog enigma hanya sebuah kebetulan,secara ga sengaja saya menemukan nya. tapi jujur saja tulisan yang ada di blog tersebut mampu menahan saya hampir setengah hari. saya membuka dan membuka tulisan yg ada. artikel nya bagus2 dan susah buat di bantah. saya hanya berharap yang terbaik buat penulis nya semoga misteri hilang nya bung E bisa di selesaikan dengan baik dan cepat. karena saya kesulitan mencari tulisan sebaik bung E.

  1. Unknown said...:

    seru..kayak film detektif.

  1. Anonymous said...:

    jadi gue harus bilang auuooww geto??

    ~warik setress~

  1. Anonymous said...:

    Tadinya sich mau lihat postingan baru enigma taunya nemu ini,,
    sblumnya gw mnta maaf klo ada yg trsinggung,;
    mnrut gw semua ini adalh konspirasi diatas konspirasi yg terlalu dibuat buat entah apa tujuannya.kita semua tentu berharap semuanya akn terungkap dgn jelas,,

    btw thanx bwat mr.H dah nge post ini

    #by. Enigmania

  1. Unknown said...:

    Wow... kya sherlock holmes ama moriarti

  1. nice "case" bro Hawkson,,
    saya kira popularitas itu takkan melampaui kemegahan makna kejujuran.
    itu saja.
    ini memang "case" yg menarik.

  1. Anonymous said...:

    tapi kok blognya enigma udh gak aktif lagi ya?

  1. Anonymous said...:

    hahaha, gak menutup kemungkinan kalo si Mr.Questio muji Mr.H berlebihan untuk bertujuan seperti ini kan ? " Membuat kalian semua berfikir bahwa Mr.H = Mr.Q

  1. Anonymous said...:

    yang pasti , Hawkson bkn Enigma !

  1. Anonymous said...:

    hanya allah lah yang tau smua mna yg bnr n mna yg salah....I love you allah

  1. Anonymous said...:

    I.C.A

    hawkson is not enigma
    hawkson hanya ingin megalahkan ketenaran enigma dengan membuat konspirasi seperti ini
    trust me

  1. Bimo4411 said...:

    Well,saya fans enigma sejak 2thn lalu,tapi baru dapet faktanya sekarang.

    One think bro Hawkson : jika anda akrab dengan bro E,mungkin anda tau alasan beliau "cuti"?
    Paling tidak kami diberitahu apakah ada keperluan project lain,urusan keluarga (mengurus anak yg baru lahir misalnya),atau alasan tertentu.
    Cukup sekedar clue,tidak perlu alasan mendetail :)

  1. Anonymous said...:

    menarik

    saya baru bbrp hari ini menikmati blog enigma dan hawkson
    dan topik ini membuat saya have fun sekali

    namun syg nya sudah basi sehingga saya tidak sempat ambil bagian dalam topik ini

    namun, gpp lah yah klo saya buat sedikit kesimpulan?hehe

    intinya
    bung E masih hidup
    krn tgl 04 Oktober 2011 poppy menyatakan hp bung E yg dipegangnya ter restart shingga dia tdk bs nerima komen lg

    namun jika kita membuka blog enigma, komen2 terbaru hingga tahun 2012 pun masih bermunculan

  1. Anonymous said...:

    asumsi paling sederhana, penulis Enigma kehilangan password akun blognya,karena itulah tidak ada kabar dan info terbaru dari Enigma...
    tapi baik Enigma maupun Hawkson, sama2 punya intuisi yang luar biasa. Apapun tujuannya, tulisan seperti ini selalu bisa dinikmati dan sangat berkelas terlepas dari pencarian sensasi atau apapun namanya.

  1. Unknown said...:

    Sesuatu Telah terjadi Tetapi Masih banyak Kejanggalan
    Mr Hawkson..
    Akku Yakin Hanya Kakak Yg Bisa Bukatikan Kebenaran
    Fakta Ato Bukan .. Aku yakin ini Fakta
    Mambangkitkan Semangat Kita akan Yakin Bahwa Mr E Masih Hidup Dan Berdiri Di Antara Kita
    Siapa Mr.Questio Just Human Nothing Special
    Selagi Mr E Tertidur ,.., BIarkan Sang Raja Beristirahat
    Saatnya Sang Jendral Untuk Menghancurkan Sang Kegelapan (Mr. Questio) ...
    kak Hawkson Di saat Di butuhkan Kami akan Membantumu MEngalahkan Questio
    Semangat Kak Berjuang Kami Bersamamu Berjuang Mencari Bukti ... Untuk Mengalahkan Questio ...

    ~AlvinArthas~

  1. Anonymous said...:

    Buat Bang Hawkson kok ditanya klarifikasi umur Poppy ga di jawab? Padahal saya udah baca semua komen2 yang menanyakan umur Poppy ini sendiri, tapi anda malah tidak menjawab dan memberikan pernyataan yang mengubah topik..

    Thanks,

  1. Unknown said...:

    Bang hawkson@
    Gue cuma remaja belia SMP tpi gue pnya pmikiran yang lbih..
    Gue mau tanya sama abang hawkson dan mungkin kalau abang bisaa jawab berarti anda telah buktiin kualitas anda..
    Saya kurang mengerti ending darii skenario ini.. Yang sepertinya menutup kasus seperti ini tanpa ada penjelasan pasti tentang sosok mr.questio dan secara tiba-tiba mr.questio memuji anda..apa yang bisaa mr.questio puji darii anda padahal anda yang menggagalkan rencananya..kemudian bagaimana cara poppy mengetahui artikel tentang red mist jika hanya anda yang tau tentang email tersebut..apa mungkin poppy benar adik darii enigma atau jangan-jangan anda lah yang menjadi sebagai poppy..kemudian kenapa tidak anda tampilkan screenshot saat anda melakukan email dengan poppy tapi hanya menampilkan tulisan percakapan tanpa ada bukti yang otentik..apalagi saat anda bertemu dengan poppy kenapa anda tidak mengambil foto poppy,,jika anda menjawab tidak membawa kamera..pasti akan saya tolak karena tidak mungkin menonton konser penyanyi sekelas katy pery tanpa membawa kamera..??
    Dan mengapa setelah mendapat berbagai kecaman ini anda malah jarang update betulkah sibuk atau mencoba menghindar karena benar apa yang mereka tuduhkan..??
    Tolong anda jawab agar tidak mencoreng blog misteri indonesia dan tentunya indonesia mysteri forum..ini hanya beberapa pertanyaan..setelah anda menjawab ini silahkaan tunggu pertanyaan lainnya..salam penggemar misteri

  1. Anonymous said...:

    @ Gan Al Whisnu
    saya cuma Mau Meluruskan dikit aja
    Mr.Q Memuji Karna Memecahkan Teka Teki Silang nya
    Poppy bukanya adiknya Mr.e ya ... Jadi Kemungkinan Masih Berjalan
    Mungkin Kalo Tentang SS Email Dgn Poppy saya tak bisa Jawab
    Jika dia Memofo Poppy Kan dgn Mudah Mr.E Ketauan Identitanya ..
    Jarang Update Bukan Berarti Bersembunyi ...
    Tapi Jika SEANDAINYA .. Saja .. Maaf Mr.H sblmnya
    SEANDAInya saja Mr.H benar" Mengarang nya .....
    Hal pertama yg Ku yakini Mr.H Brarti Ingin Menyingkirkan Saingan Terberatnya bukan .. (Mr.E) .... Maaf Ya Gan Kalo ada Salah Kata
    ~Arthas Killerz~

  1. Anonymous said...:

    Analisis saya: Hawkson = Poppy = Mr.Questio
    Alasannya:
    1. Ceritanya terasa sekali direkayasa, terutama soal umur dan
    alasannya makin bikin ketauan HOAX.
    2. Pujian dari Mr.Questio kepada terasa berlebihan
    sehingga tanpa disadari malah menimbulkan kesan narsis dan
    janggal.

    Tujuan kecilnya mungkin ingin menimbulkan kehebohan untuk meningkatkan rating sekaligus ingin lebih diakui, tapi saya yakin karena rasa rindu yang sangat besar terhadap Enigma lah yang membuatnya memunculkan Hoax ini karena saya yakin tujuan utamanya adalah untuk memancing Enigma agar muncul kembali.

    Menurut saya Enigma adalah pecinta misteri yang ingin berakhir juga dengan penuh misteri, sehingga akan lebih diingat oleh para penggemarnya,sedangkan buat Hawkson anda terlalu menyepelekan para pecinta misteri ini dengan memberi cerita kacangan seperti itu.

  1. Anonymous said...:

    setiap kata yang anda ketik di keyboard menunjukan siapa anda ;)

  1. Anonymous said...:

    Iya kan ada no hpnya bung H d hp Mbah E... Kok gak Dtlpon aja,, oh ya.. Kok ikut mandeg posting lagi..
    Kalo Mbah E saya kira Bulan madu,Sibuk , kalo gitu jwab yaa..

    Dhila The Enigmaina Grils

    to anonymous @

    Mbah enigma anda itu kyaknya..
    Lelaki..Kristiani.. Jakarta.. Tinggi..
    Dan anda itu..putih.. ,, itu sedikit terawang saya.. Kalo salah maklumin ya....

    Mrs questino@ .. Kutub..? Saya lebih suka sebrang dari kutub karena dingin... Well lebih baik Ciptakn misteri mahkluk daripada ini.. Terawang saya anda sedang..pusing dan lidah terjulur saat mmbuat ini

    Thanks Dhila The Enigmania Grils..

    Salamm Cipok..buat Bung Hwakson...

  1. Mistr Questio said...:

    Sebelumnya, saya cukup terkejut dengan pertentangan yang terjadi disini.Mungkin sudah saatnya saya memulai fase kedua.

    1.Jika memang benar saya = Hawkson = Poppy, apakah anda memiliki parameter analogi yang logis dan deskriptif?

    2.Umur Poppy memang tidak disebutkan dalam cerita sebelumnya, dan apakah anda percaya Hawkson bertemu dengan Poppy?

    3.Jika benar anda sudah memiliki nomor telfon Poppy, mengapa anda tidak berminat melacak pemilik nomor itu sebenarnya ke operator? Saya pikir itu hal yang sangat mudah untuk dilakukan

    4.Konser Katty Perry, ya, bukankah hal yang aneh untuk mengajak seseorang untuk bertemu di kerumunan sebuah konser? Apakah dari ratusan fans mistery tidak pernah mendatangi konser?

    5.Tiket konser, apakah anda rela untuk membuang uang hanya untuk datang ke konser seorang penyanyi ternama dan hanya berbicara kepada Poppy yang anda katakan sebagai fiktif tanpa mendengarkan suara sang penyanyi?

    nowadays,you can't always trust the light, sometimes you have to surf the darkness to reach a new light.

    epwinon.

  1. masarkandas said...:

    Kalo memang benar cerita dan artikel diatas, saya juga turut sedih.. Karena saya termasuk blogger aktif yang selalu mengikuti blog enigma.. selamat jalan Bung Enigma

  1. Anonymous said...:

    Kenapa email? kenapa gak telpon atau ketemuan? santei aja bro mystery gak segitunya kalik :)

  1. Anonymous said...:

    Boleh ngasih kemungkinan lain?
    Poppy adalah karakter ciptaan Bung E.
    Kenapa Bung E melakukannya "pembunuhan" terhadap dirinya?
    Mungkin karena Bung E sudah merasa identitasnya mulai terkuak atau title sebagai "master of mistery" membuatnya merasa tertekan dan merasa takut?
    Cerita Misteri & Misteri Identitasnya menunjukkan beliau adalah orang yang penyendiri dan tidak suka menjadi perhatian publik, oleh karena itu ketika didaulat menjadi "master of mistery" titel tersebut menjadi tekanan dan "membunuh" karakter Bung E membuatnya lepas dari tekanan.

  1. Yanza said...:

    sangat menarik,,, mendengar kata sherlock holmes,,, sebuah kata yang hilang, begitu muncul menggemparkan semuanya dan tak terkecuali,,,,,,

  1. juragan sipil said...:

    Udah 2013... Bung Enigma emang udah wafat... :)

  1. Unknown said...:

    hawkson dan enigma = satu rencana

  1. Anonymous said...:

    @Mr. Questio

    you're so fun!

  1. Anonymous said...:

    semua menikmati film-nya.
    2 lebih baik daripada 1.

    radaboir.

  1. Anonymous said...:

    I could not refrain from commenting. Perfectly written!
    Also visit my site romankostirenko.com.ua

  1. Anonymous said...:

    @enigma

    Menurut saya,

    Poppy = puppet

    Percakapan antara tinta merah dan poppy pun dilakukan oleh satu orang.

    Anda sengaja memasang komen terakhir yang menyatakan anda sudah meninggal dan berharap ada yang meneruskan anda (lihat komen posting terakhir blog enigma)

    Terlihat dari sini, sebenarnya anda ingin menyatakan secara halus kepada pembaca bahwa anda ingin berhenti menulis blog, dan anda berharap bahwa ada yang meneruskan anda.

    Saya ada sedikit teori disini.
    1. tinta merah dah questio tau akan hal ini dan menggunakan cara ini untuk menjadi the next enigma. Dan menurut saya, dia adalah kerabat dekat anda.
    2 anda adalah poppy, sekaligus tinta merah, dan questio, tujuan anda adalah untuk menjadi misteri terakhir anda, dan mencari bibit baru untuk meneruskan blog misteri indonesia. Mengapa saya berkata demikian, karena questio sepertinya tahu hal detail mengenai anda, dan dari blog tinta merah, anda melakukan desain yang mirip dengan blog enigma, hal itu dikarenakan faktor alam bawah sadar, secara tak langsung anda ingin menjadikan blog tinta merah mirip dengan blog enigma, dan soal poppy, just like I said before poppy = puppet, boneka untuk membuka masalah ini.

    Call me Burung Gagak.
    You people can mail me on billykampret@rocketmail.com

  1. Anonymous said...:

    kebohongan dan fakta sama menariknya bagi spectator, so just enjoy it

  1. Anonymous said...:

    kebohongan dan fakta sama menariknya bagi spectator, so just enjoy it

  1. Anonymous said...:

    Laler Ijo said...

    Selamat Saudara Hawkson,,dari awal Mr.E sudah menaruh respect yg besar terhadap karya2 & dedikasi anda dlm genre mystery,dan sepertinya andalah kandidat yg "secara halus" dimotivasi untuk meneruskan perjuangan beliau bahkan mungkin melampaui beliau suatu saat nanti.
    Teruslah berkarya,,Ini hanyalah serangkaian test kecil2an untuk memotivasi hasrat anda untuk tetap memajukan dan menghidupkan genre mystery ini.
    Selain pada anda khususnya pesan itu jg ditujukan untuk teman2 sesama blogger mystery pada umumnya agar terus memajukan blog mystery Indonesia... :)

    be Wise of his Legacy_

    #Mari kita hormati apapun keputusan beliau,,jgn kita rusak reputasi yg dy bangun sampai sejauh ini..

    to Mr E : Good job bro,,anda telah membuat arti dlm dunia Blog mystery indonesia,,,semoga sukses dgn apapun kesibukan anda sekarang..
    ^_^v

  1. Anonymous said...:

    maaf semuanya. saya cuma tau salah satu clue yg ada diatas:

    6. Apa modus saya menyebar berita ini?
    Demi judul film Transformer saya menjadi tokoh film Batman. (mungkin
    perlu ditambahkan saya bukan promosi blog karena sayapun memiliki blog
    yang jauh lebih baik dari blog menyedihkan itu. Hahahaaaaaa)

    1. Judul film transformers, saya sempet ingat film terbarunya yaitu "Revenge of the Fallen" jadi saya rasa modusnya adalah Revene (Balas dendam)

    2. Tokoh film Batman. kalo yg ini saya kurang tau. mungkin anda bisa membantu saya memecahkan kasus ini :D

  1. Angga said...:

    sampai sekarang om enigma tdk posting ,,,apa kah dy sudah bosen ya????

  1. Anonymous said...:

    Bang Hawkson...saya penggemar berat Blog Enigma, 2 tahun terakhir ini. Saya sepakat dengan semua orang, analisanya sangat dalam, sehingga tulisannya menjadi asyik untuk dibaca. Dan syukurlah...jantungnya masih berdetak. Tapi sayang, ia menghentikan kegiatannya menulis. Emangnya ia liburan kemana sih? Ke bulan? Berada di sisi gelap bulan, bersama para alien...?? Dan untuk memenuhi dahaga saya akan misteri, saya akan menjadikan anda, Blok Misteri Hawkson, sebagai favorit saya. Selama ini saya selalu memilih2 dan mencoba membandingkan gaya penulisan dan daya analisa berbagai blog misteri...dan Blog Misteri Enigma lah yang menjadi pilihan saya, untuk dijadikan referensi. Terus terang, ada beberapa artikel yg saya baca di blok anda, Hawkson... dan yang terakhir adalah artikel diatas. Saya sangat suka dengan gaya penulisan anda. Anda menuliskan runut kejadiannya dengan teliti, tahap demi tahap, sampai di kesimpulan akhir... alhamdulilah, Bung E belum meninggal..anda mempermainkan perasaan saya. SALUT for Hawkson. :)

  1. Anonymous said...:

    Mungkin bung enigma sudah kehabisan ide ya....atau mungkin jenuh...

  1. Anonymous said...:

    D.

    Gw pikir Enigma sengaja vakum dan membiarkan spekulasi mengenai dirinya trus berkembang. Bisa aja crita ttg poppy,dll cuma rekayasa.

    Tujuannya : someday kl Enigma kembali posting, akan semakin di serbu pembaca baik yang suka misteri maupun yg penasaran sm kembalinya Enigma.

    Walau bgtu, gw tetep nunggu postingan Enigma,coz gw emang seneng crita misteri dunia,tp utk crita detektif ala conan ? Well guyz,mending gw baca novel si agatha,atau conan doyle.

    Gw suka Enigma krn analisa nya,tp dibilang ngfans ya biasa aja,kl ada yg bs buat analisa sama baik atau bahkan lebih baik dari Enigma,ya ga susah kok untuk ninggalin Enigma.

  1. Anonymous said...:

    yg gw curiga, jangan jangan:

    hawkson=poppy="enigma"

  1. Anonymous said...:

    tadi bro enigma komen begini
    Enigma Saturday, February 04, 2012 8:38:00 AM menarik, saya sampai bingung mau berkata apa.

    Reply


    klo gak percaya silahkan di cek smua komentar.

  1. Anonymous said...:

    tadi bro enigma komen begini
    Enigma Saturday, February 04, 2012 8:38:00 AM menarik, saya sampai bingung mau berkata apa.

    Reply


    klo gak percaya silahkan di cek smua komentar.

  1. Serem MaBro!!! Soalnya Saya Ada yg Kopas dari dia! killen4cash.blogspot.com

  1. Anonymous said...:

    apa ini saya tidak mengerti ???

  1. dpc-faster said...:

    Bung Enigma Telah kembali gan... nie kalimat pembuka posting terbarunya: Dear Readers.. It's good to be back (walaupun dalam situasi yang berbeda).

    atau cek disini:
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2013/04/its-good-to-be-back.html

    Visit me back: http://dpc-faster.blogspot.com

  1. Anonymous said...:

    butuh berjam-jam banget nih buat baca seluruh isi halaman ini...
    gua saluuuuutt banget sama orang-orang indonesia pembangun blog misteri (bhinneka tunggal ika!!!) dan semua orang yang sudah berpartisipasi.. ternyata indonesia punya sisi yang sangat membanggakan... semoga mereka bisa mendapat hidup yang tenang namun penuh tantangan.. huwahaaha..
    dan semoga semua orang yang berpartisipasi mampu menemukan hidup yang sejahtera dalam realita indonesia yang masih keras ini...
    ee... rasanya semua orang yang terlibat dalam kasus ini pusing banget ya? atau pusing aja? whew... pokoknya semua orang sudah dilanda sebuah perasaan besar... wah.. benar-benar kasus yang menguji otak!!! seru banget!!!
    gue juga big admirenya mas enigma... semua keputusan yang akan dia tentukan gue hormati....
    gue pengen komen dari berbagai sudut pandang nih.. melihat komen-komen di atas... (sebagian sih..)
    1. sebagai penggemar kasus.. gue seneeenngg banget ada kasus semacam gini dalam dunia blog misteri indonesia.. salut!!!
    2. Dari sisi Mas Enigma yang sedang berhibernasi.. pasti ada perasaan haru campur bahagia kalau namanya jadi pusat perhatian... (haha.. maaf yaa...) gua pengen ucapin hbd buat dia...
    3. mengenai umur mbak poppy, lagipula kesalahan pandangan dalam menilai umurnya itu juga disebabkan oleh postingan comment... mungkin kita harus lebih teliti...
    4. btw.. kalau mas enigma bener meninggal karena anemia.. nggak mungkin banget kali yaa.... memangnya kalau begitu, kok mbak via atau mbak mumu itu (mungkin..) kurang 'akrab' ya.. sama poppy? wah, kalau sudah jadi tunangan gitu kan mesti lebih parah moodnya... :D
    5. siapapun pengarang kasus ini.. baik dendam atau tidak.... dia sudah bisa berbahagia.. namanya sudah melambung di seluruh pemirsa jagad misteri... hehe... selamat ya mas 'questio'...
    6. mungkin masalah dendam-dendam begitu kita sebagai manusia juga harus lebih empati kali ya? apalagi dendamnya keren banget dipadukan dengan misteri.... siapapun pemilik dendam.. selesaikanlah urusan dendam itu dengan jalan yang lurus dan adil.... di kehidupan yang nyata..
    7. sangat mungkin dalam kasus ini kalau si pembuat kasus sengaja merangkapkan tokoh fiksi yang ia ciptakan.. tapi waktu selama 4 bulan benar-benar membuktikan keseriusan si pembuat kasus untuk mencipta kasus ini.... wah.. apalagi juga korban-korban yang ia sebutkan...
    8. komentar dari beberapa pihak mungkin juga rekaan.. mungkin saja mereka mengarang hal itu sembari menunggu sesuatu....
    9. gua masih bingung sama komentar mbak/mas yang beranggapan pembuat kasus ini adalah satu orang.. masih belum bisa menyimpulkan...
    10. hibernasi juga dibutuhkan oleh semua orang kan... mereka juga manusia yang mengalami permasalahan hidup yang sama... jadi kita juga harus memberi kesempatan bagi mereka... lagipula masih banyak kasus dan misteri dunia yang masih menunggu untuk disimpulkan tali kebenarannya...
    well.. ya... semoga kita dapat mengambil pelajaran.. hehehe.. lagipula pernah tinggal di jogja.. kagum juga nih sama mas enigma!! wehehehe.... (latar jogja sih menurut si poppy...) :)

  1. Anonymous said...:

    jujur mas, saya benar2 benar tertarik dengan tulisan anda yg ini, ini benar2 seperti masuk ke dalam dunia CSI dan menjadi detektif (walalupun sebenarnya anda bisa di panggil detektif, salut) saya juga termasuk penggemar berat Bung E dan setelah membaca tulisan ini seperti menonton episode red mist itu sendiri, saya bingung, pada pertengahan page saya mulai melihat titik terangnya dan saya bisa ambil kesimpulan dari premis yang sulit di mengerti ini, merasa nyaris kehilangan saya coba membaca sampai akhir, namun saya juga seperti anda, bagaimanapun walaupun kasus di tutup ini tetap sulit utk di mengerti, sungguh, siapapun Poppy, dimana Bung E sekarang, saya tetap percaa positifnya, Bung E sehat sehat saja dan Poppy tak lebih dr sekedar RED MIST itu sendiri, (lucunya mas, jika anda telaah lagi, kejadian Bung E yg bertepatan dengan pembahasan Red mist ni, seakan akan red mist ini benar benar merasuk ke pikiran kita, mungkin coba anda lihat di pintu rumah siapa tau ada sales berpakaian ala skotlan dengan mata merah sedang menunggu anda membukakan pntu untuknya)

    Salam, @bunkjepret Twitter

  1. pd saat poppy menceritakan ttg kakak ny ( bung E ) sudah terlihat keganjalan saya rasa.
    dia mencoba merahasiakan identitas kakakny alias pintu yg terkunci rapat dan ga bisa d buka sama sekali,,sampai2 nama pacar kakaknya juga d beri inisiaL V.
    pada update 05 Feb terbongkarlah identitas org ketiga dengan menyebutkan langsung nama ny "VIA" <<<terlihat memaksa saya rasa
    ( mungkin dah terdesak kali yaa )

    Dan Bla...bla...bla...


    akhirnya,,, ENIGMA pun muncul dengan sendirinya dengan sebuah buku yg d rilis..
    :D

    good job mr.H (y)

  1. Anonymous said...:

    Great delivery. Outstanding arguments. Keep up the good spirit.


    Here is my blog post :: cellulite treatment

  1. Anonymous said...:

    hebat ya om satu bisa jadi dua malah mungkin tiga.
    kaya dongeng jadinya, klasik abis :D

  1. Anonymous said...:

    kehadiran mr.Q harusnya jadi suatu yang menyenangkan buat para mistery bloger,karena merupakan tantangan untuk menguji kemampuan mereka,,kalo saya punya kapasitas seperti bung E atau mr.hawkson saya pasti akan sangat bersemangat dengan kemunculan mr Q...so buat para blogger face your nightmare...heheheh
    just kidding

  1. Anonymous said...:

    Hello, Neat post. There's a problem together with your web site in internet explorer, would test this? IE still is the market chief and a large part of other folks will pass over your excellent writing because of this problem.

    Also visit my blog ... weightloss :: bluefeed.info ::

  1. Anonymous said...:

    A motiνating dіscussion is worth сomment. I do thіnk thаt you ought
    to ρublіѕh mогe οn
    this subject, іt mіght nοt bе a
    taboo subϳect but usually pеople don't talk about such issues. To the next! Many thanks!!

    Here is my webpage :: how to stop snoring - www.youtube.com

  1. Anonymous said...:

    Local Electronic Dance Music DJ's from DC, Maryland and Virginia were given a chance to enter to win an opportunity to perform at Glow. Vince Neil, Paul Stanley's last jiffy lube live maroon 5 appearance in 2010, was not particularly memorable or necessary, though it didn't seem to send the crowd out for a mass restroom break. C this summer, and 94.

  1. Anonymous said...:

    Join your local DC Music Events Examiner on Thursday at jiffy lube live miranda lambert to stop at 11pm sharp,
    or pay a steep fine. About 25, 000 people can
    fit in jiffy lube live
    miranda lambert for a concert, and they'll have to deal with the name until 2017, because this is a seven-year deal. These photos are from the Irvine, CA show, printed in the Orange County Register.

  1. Anonymous said...:

    "kenapa kamu tidak langsung
    menghubungi saya? ada nomor
    telepon saya di Hp beliau." Kata" yg d'katakn mr.H k mss.P via email....

    Kalimat it membuat saya berpikir keras...
    Jika bang E pny nmr mr.H tentu'y sebalik'y...
    Trus knp ad hal sprti ni mr.H tdk lgsung menghubungi bang E scra langsung dr pd brtnya k'mss.P lwat email???

  1. Anonymous said...:

    nice^_^, Is someone hurt?

  1. Anonymous said...:

    sedikit analisa saja, jika penulis sehebat E masih hidup dan tiba-tiba tidak menulis lagi di blog ENIGMA itu hal tidak mungkin,seorang penulis tidak akan mau meninggalkan tulisanya begitu saja hanya karena cari sensasi seperti buat mistery atas dirinya sendiri.itu menyakiti hati para penggemar termasuk saya.dia bukan tokoh sejati.jadi menurutku 1. E sudah almarhum, 2.E berubah menjadi orang lain( menciptakan tokoh baru di blok lain )jika E masih ada kenapa E tidak mengirimkan konfirmasi ke pada penggemarnya agar tidak menjadi kontroversi..dan sepertinya akan ada beberapa orang yang memanfaatkan situasi ini..regards

  1. Anonymous said...:

    Menarik...I feel like E are going to be a band that gets a huge amount of appreciation after their time like Van Gogh or Franz Kafka

  1. Anonymous said...:

    ????????????????

  1. asli gue baca nya jadi rada plonga-plongo ,... sampe begini ternayata jalan ceritanya,,.. oh bradddddd enigma ,s ekarang blog nya mulai update lagiiiiiii

  1. Anonymous said...:

    seorang petarung akan sangat bersemangat jika bertemu lawan tangguh,,,sama halnya dengan anda sya yakin,,harusnya kemunculan mr question ini menjadi hal yang sudah anda nantikan,akan sangat menarik jika melihat anda & para bloger "bertarung melawan mr question,just to have fun...karena memang begitu seharusnya,,anda tdak saling membenci atau bermusuhan,,tapi anda hanya harus saling serang...

  1. Anonymous said...:

    Mr.Q is the Enigma himself

  1. Anonymous said...:

    your mouth is your sword, can be place in right place,

  1. Arwen said...:

    verry well done , waw ... sy sudah kenal Blog Enigma dan Hawkson sudah lama sekali , seiring berjalan nya waktu dan kesibukan , dari tahun 2011-2013 baru saja bisa buka Blog dari kedua nya dan kaget juga ada Hawkson posting dengan judul nya yang ( UPDATE : Titik Terang Menghilangnya Enigma, Kemunculan Poppy dan Tulisan Terakhir Yang Belum Sempat DiPosting - Case Closed ) .. dan baru finish baca hari dan di jam yang sama , mungkin saya memang tidak bisa dibilang sebaai penggemar Blog Enigma dan Hawkson, tapi setidak nya saya sudah mengakui kehebatan mereka ber-2 ... untuk Hawkson saya tidak terlalu terkesima karna saya bisa dengan jelas melihat wajah dan semua tentang kehidupan pribadi nya di Social Network , melainkan Enigma sendiri yang sampai sekarang masih sebagai Tanda tanya , menurut saya Enigma ini lebih pantas dipanggil sebagai Mr . Questio .... karna telah menjadi sosok yang selalu dipertanyakan ... adapun pertanyaan yang selalu sy tanya terhadap diri saya sendiri tanpa bisa mendapat jawaban yang pasti ... siapa who ? where ? what ? when ? why ? and how ? tentang pendiri Enigma ... sorry sebelum nya , cuma mau mengeluarkan pendapat aja

  1. Arwen said...:

    p.s yang masih jadi pertanyaan ada lah , motiv yang menguatkan mr , Que untuk menjatuhkan orang yang punya masalah pribadi sama mr . Que ini .. kenapa harus di blo ? bukan nya masalah yang dibuat oleh mr . Que ini akan malah membuat orang yang dituju itu lebih popular dan bukan malah menjatuhkan atau sebalik nya , jadi motiv nya ini sebener nya masih aneh , biarpun sudah membaca comment semua nya , tetap masih jadi pertanyaan ...

  1. Anonymous said...:

    Jika benar udah meninggal,saya turut berduka cita,tapi kalo Mas E masih hidup semoga dia dapat meneruskan kerjanya,saya adalah pembaca setianya.Jadi,ini masih menjadi misteri,bukan?

  1. Anonymous said...:

    Hai I am Andembo kalian akan familiar dengan nama ini tahun depan makasih XOXO G A W L

  1. Unknown said...:

    jujur msh aga sedikit bingung sih...
    cman keren dah penjelasan nya :D

  1. Unknown said...:

    Maaf bang hawkson, sudah lama berlalu kyknya dan clue dr mr questio itu udah pernah dijawab sama bang hawkson blm ya? Maklum saya baru baca tentang ini.

  1. Anonymous said...:

    ada rahasia dibalik rahasia............................!

  1. Liuliet said...:

    Wow keren..
    Saya yakin klo bung hawkson udah tw jawabannya dri awal.. :D

  1. Anonymous said...:

    amda semua salah saya percatya bung e sudah mati tapi eits yang mati adalah enigma bukan sang pmilik id enigma mungkin bangb enigma yang asli lagi baca smua sambil ketawa yaaaaa dopple gangger bang enigma punya diri yangb lain di internet bernama enigma

  1. Kejadian Aneh said...:

    Tapi sekarang itu ada postingan terbaru emang hebat admin enigma blog misteri terbaik bikin penasaran orang aja, aneh banget hehe

  1. artikel ni benar2 sangat menarik dan sangat bermanaafaat sekali gan..
    makasih banyak atas informasinya gan..

  1. Anonymous said...:

    Hanya tuhan yg tau....(?)

  1. Tanpa Nama said...:

    Itu udh ada postingan terbaru enigma...coba lihat

  1. BELAJAR BAHASA said...:

    blog enigma memang penuh misteri yang bikin rasa ingin tahu

«Oldest ‹Older   201 – 286 of 286   Newer› Newest»

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda..
Akan tetapi jangan lupa, bijaksanalah dalam berkomentar...
Komentar-komentar yang bernada menjatuhkan dan melecehkan orang lain tidak akan saya tampilkan..

Perhatian !!

" Copy Paste saya ijinkan, Mohon agar disertakan sumber beserta linkback ke blog ini.. "

Friends